Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Doa Setelah Shalat Istikharah Lengkap Dengan Latin Dan Artinya

Bacaan Doa Shalat Istikharah - Shalat Istikharah ialah shalat yang dikerjakan untuk meminta petunjuk kepada Allah Swt, dikarenakan sedang bingung diantara beberapa pilihan dan merasa ragu untuk memilih atau bingung untuk memutuskan sesuatu hal tersebut. Hukum mengerjakan shalat Istikharah adalah sunah dan di kerjakan paling sedikit dua rakaat.

اَللّٰهُمَّ إنِّي أَسْتَخِيرُكَ بِعِلْمِكَ , وَأَسْتَقْدِرُكَ بِقُدْرَتِكَ , وَأَسْأَلُكَ مِنْ فَضْلِكَ الْعَظِيمِ

Artinya: "Ya Allah, aku beristikharah (meminta pilihan) dengan ilmu-Mu, aku memohon kekuatan dengan kekuasaan-Mu, dan aku memohon keutamaan-Mu. (HR Bukhari)

Mengenai ukuran atau masalah yang dimaksud diatas tidak dibatasi ukurannya, bisa masalah memilih pekerjaan, jodoh maupun masalah yang lainya. Pada intinya shalat istikharah dilakukan pada saat seseorang sedang merasa bingung atau ragu  dalam suatu hal atau memilih sesuatu hal.

Doa Setelah Sholat Istikharah

Tujuan mengerjakan shalat Istikarah ialah kita memohon kepada Allah Swt, agar urusan kita diridhai dan di mudahkan jalan untuk urusan tersebut. Jika urusan tersebut tidak baik, maka Allah Swt akan datangkan penghalang dan mencegah urusan tersebut sehingga kita tidak bisa mengerjakan urusan tersebut.

Nabi Muhammad Saw bersabda yang artinya" Jika salah seorang diantara kalian berniat dalam suatu urusan maka lakukanlah Shalat sunah dua raka'at yang bukan shalat wajib, kemudian berdoalah meminta kepada Allah" (H.R Bukhari)

Sedangkan untuk waktu mengerjakan shalat Istikharah bisa dilakukan kapan saja, baik siang atau pun malam, akan tetapi waktu yang paling utama yaitu saat sepertiga malam setelah shalat Isya. Karena dimalam hari kita bisa mengerjakan shalat Istikharah dengan Khusyu.

Cara mengerjakan shalat Istikharah sama seperti shalat pada umumnya. Membaca niat shalat Istikharah, membaca surat Al-Fatihah, setelah itu diutamakan membaca surat Al-Kafirun dan di rakaat yang kedua membaca surat Al-Fatihah dilanjutkan dengan membaca surat Al-Ikhlas.

Kemudian setelah selesai mengerjakan shalat istikarah dilanjutkan dengan membaca dzikir dan wirid, lalu dilanjutkan dengan membaca doa setelah shalat Istikharah.

Doa Setelah Shalat Istikharah Lengkap dengan Artinya

Berikut ini adalah doa setelah shalat Istikharah lengkap dengan latin dan terjemahannya.

Doa setelah shalat istikharah dan artinya

Doa Setelah Shalat Istikharah

اَللّٰهُمَّ اِنِّى اَسْتَخِيْرُكَ بِعِلْمِكَ وَاَسْتَقْدِرُكَ بِقُدْرَتِكَ وَاَسْئَلُكَ مِنْ فَضْلِكَ الْعَظِيْمِ فَاِنَّكَ تَقْدِرُ وَلَآاَقْدِرُ وَلَآاَعْلَمُ وَاَنْتَ عَلاَّمُ الْغُيُوْبِ. اَللّٰهُمَّ اِنْ كُنْتَ تَعْلَمُ اَنَّ هَذَااْلاَمْرَ(...)خَيْرٌلِّىْ فِىْ دِيْنِىْ وَمَعَاشِىْ فَاقْدُرْهُ لِىْ وَيَسِّرْهُ لِىْ ثُمَّ بَارِكْ لِىْ فِيْهِ وَاِنْ كُنْتَ تَعْلَمُ اَنَّ هذَااْلاَمْرَشَرٌّلِّىْ فِىْ دِيْنِىْ وَمَعَاشِىْ وَعَاقِبَةِ اَمْرِىْ وَعَاجِلِهِ وَآجِلِهِ فَاصْرِفْهُ عَنِّىْ وَاصْرِفْنِيْ عَنْهُ وَاقْدُرْهُ لِيَ الْخَيْرَحَيْثُ كَانَ ثُمَّ رَضِّنِىْ بِهِ

Allaahumma inni astakhiiruka bi'ilmika wa astaqdiruka biqudratika wa as aluka min fadlikal 'aziimi fa innaka taqdiru wa laa aqdiru wa laa a'lamu wa anta 'allaamul guyuub.

Allaahumma in kunta ta'lamu anna haadzal amro (.....) khairul lii fii diinii wa ma'aasyi faqdurhu lii wa yassirhu lii tsumma baarik lii fii hi wa in kunta ta'lamu anna haadzal amro syarrun lii fii diinii wa ma'aasyii wa 'aaqibati amrii wa 'aajlihii fashrifhu 'annii wasrifnii 'anhu waqdurhu liyal-khaira haitsu kaana tsumma rodh-dhinii bihi.

Artinya: "Ya Allah sesungguhnya aku memohon petunjuk dari ilmu-Mu, memohon kekuatan dari kekuasaan-Mu, dan memohon karunia-Mu yang besar, karena sesungguhnya aku tidak kuasa sedang Engkau kuasa, dan aku tidak mengetahui sedang Engkau Maha Mengetahui semua yang gaib.

Ya Allah jika Engkau mengetahui bahwa urusan ini (sebut keperluanya) baik bagiku, agama dan kehidupanku, maka tetapkan dan mudahkanlah ia bagiku kemudian berkatilah aku, dan jika Engkau mengetahui bahwa urusan ini buruk bagiku, bagi agama dan kehidupanku serta akibat dari urusanku, baik untuk masa sekarang maupun untuk masa mendatang, maka hindarkanlah ia dariku dan hindarkanlah pula diriku darinya, dan tetapkanlah hal yang terbaik bagiku menurut semestinya, kemudian ridhailah aku."

Baca juga : Doa setelah sholat wajib beserta latin dan artinya

Demikianlah mengenai bacaaan doa setelah shalat istikarah beserta latin dan artinya dan sedikit penjelasan mengenai shalat Istikharah. Semoga dengan mengerjakan shalat Istikarah Allah memberikan kita yang terbaik dan menjauhkan kita dari hal-hal yang buruk baik itu dimasa sekarang dan dimasa yang akan datang. Aamiin