Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bacaan Doa Menghindari Sifat Dengki atau Hasad (Iri Hati) dan Artinya

Doa Menghindari Sifat Dengki - Dengki merupakan sifat tercela, dengki atau hasad adalah merasa iri kepada orang lain atas nikmat atau kebahagiaan yang di berikan oleh Allah SWT, kepada orang lain. bisa juga orang yang mempunyai sifat dengki ingin mendapatkan kebahagiaan tersebut atau ingin menghilangkan kenikmatan atau kebahagian itu hilang dari orang lain.

Dengki bisa disebut juga perasaan marah atau benci terhadap segala sesuatu yang baik yang dilihatnya pada diri orang lain.

Bacaan Doa Menghindari Sifat Dengki dan Artinya

Berikut ini adalah bacaan doa agar kita terhindar dari sifat dengki lengkap latin dan terjemahannya.
Doa ini terdapat pada Al-Qur'an Surat Al Hasyr Ayat : 10.

Bacaan Doa Menghindari Sifat Dengki atau Hasad (Iri Hati) dan Artinya

Doa Menghindari Sifat Dengki

رَبَّنَا اغْفِرْ لَنَا وَلِاِخْوَانِنَا الَّذِينَ سَبَقُونَا بِالْاِيْمَانِ وَلَا تَجْعَلْ فِي قُلُوبِنَا غِلًا لِلَّذِينَ آمَنُوا رَبَّنَا إِنَّكَ رَءُوْفٌ رَّحِيْمٌ


Robbanagh firlanaa wa li ikhwaninaladziinaa sabaquuna bil iimaan wa laa taj’al fii qulubiinaa ghillan lil ladzinaa aamanu robbanaa rouufur roohiim 

Artinya : "Ya Allah, ampunilah dosa‐dosa kami dan dosa‐dosa saudara kami yang telah mendahului kami dengan membawa iman, dan janganlah Engkau membiarkan kedengkian dalam hati kami terhadap orang‐orang yang beriman. Ya Allah, sungguh Engkau Maha Penyantun lagi Maha Penyayang." (QS. Al‐Hasyr: 10)

Dikisahkan Dalam Al‐Quran, bahwa doa di atas dibaca oleh orang‐orang beriman yang mengikuti perjuangan kalangan Muhajirin dan Anshar. Mereka memohon agar tetap melanjutkan serta meneladani kesolehan, semangat jihad dan kesucian hati mereka.

Bahaya hasad. Seseorang yang bersifat dengki akan kesuksesan orang lain akan selalu merasa tidak tenang seumur hidupnya. Iman orang yang masih bersikap dengki akan dinilai kurang sempurna karena hatinya tidak bisa bersikap ikhlas. Bersikap dengki juga berarti tidak menyukai takdir yang ditetapkan Allah. Bahaya hasad tercantum dalam hadist berikut ini:

"Menurut Abu Hurairah r.a bahwa Rasulullah Saw, bersabda: Jauhilah sifat hasad karena sifat itu memakan pahala kebaikan sebagaimana api yang memakan kayu bakar." (H.R. Abu Daud)

Sifat Dengki atau Hasad juga bisa kita hindari, berikut adalah cara menghindari sifat hasad.

Cara Menghindari Sifat Dengki

Berikut ini merupakan beberapa cara untuk menghindari sifat dengki atau hasad, diantaranya yaitu:

1. Selalu mengingat kebesaran Allah SWT.

2. Banyak Beribadah

3. Banyak Bersyukur

4. Menyadari Kesia-siaan Hasad

5. Memelihara Sifat Rendah Hati

6. Rajin Membantu Orang Lain

7. Menumbuhkan Rasa Saling Menghormati

8. Tumbuhkan Perasangka Baik

9. Rajin Bersilaturrahmi

10. Dahulukan Kepentingan Umum

Baca juga: Bacaan doa selamat dunia akhirat beserta artinya

Itulah bacaan doa menghindari sifat dengki (hasad), lengkap dengan artinya. Semoga Allah SWT, selalu menjauhkan kita dari sifat dengki dan selalu memberi nikmat nikmat dan kebahagiaan. Semoga apa yang sudah disampaikan mengenai doa diatas bisa bermanfaat.