Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bacaan Doa Setelah Sholat Tahajud Lengkap Dengan Tulisan Latin Dan Artinya

Doa Setelah Sholat Tahajud - Assalamu 'alaikum Wr,wb. Pada kesempatan kali ini akan berbagi bacaan doa setelah mengerjakan shalat sunah tahajud lengkap beserta artinya. Namun sebelum itu alangkah baiknya kita sedikit mengetahui apa yang dimaksud dengan sholat Tahajud.

Shalat Tahajud adalah shalat sunnah yang dikerjakan pada waktu malam hari, yaitu setelah sholat isya sampai terbitnya fajar. Shalat tahajud dilakukan setelah kita tidur pada malam hari, walaupun hanya tidur sebentar. jumlah rakaat pada shalat tahajud paling sedikit adalah dua rakaat dan paling banyak tidak terbatas. pada rakaat kedua di barengi dengan salam. Jadi apabila melaksanakan shalat tahajud tanpa tidur terlebih dahulu maka shalat tersebut bukan sholat tahajud, melainkan shalat sunnah saja, seperti shalat witir dan shalat sunnah lainnya.

Baca juga: Bacaan Doa Untuk Kedua Orang Tua (Ibu dan Bapak)

Bacaan Doa Setelah Sholat Tahajud Lengkap Dengan Tulisan Latin Dan Artinnya

Berikut ini adalah firman Allah mengenai anjuran untuk menjalankan shalat tahajud yang terdapat pada Al-Qur'an surat Al-Isra ayat 79.
وَمِنَ اللَّيْلِ فَتَهَجَّدْ بِهِ نَافِلَةً لَكَ عَسَىٰ أَنْ يَبْعَثَكَ رَبُّكَ مَقَامًا مَحْمُودًا

Artinya: "Dan pada sebagian malam hari sholat tahajudlah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu: mudah-mudahan Tuhan-mu mengangkat kamu ke tempat yang terpuji." (Q.S Al-Isra 79)

Baca juga : Doa Setelah Sholat Hajat Lengkap Beserta Latin dan Artinya

Shalat tahajud juga mempunyai banyak manfaat atau keutamaan salah satunya adalah terkabulnya doa-doa yang kita panjatkan. Setelah selesai mengerjakan sholat tahajud alangkah baiknya membaca dzikir atau wirid kemudian dilanjutkan dengan membaca doa setelah sholat tahajud.

Bacaan Doa Setelah Sholat Tahajud Lengkap Dengan Artinya

Dibawah ini merupakan doa yang dibaca setelah mengerjakan sholat tahajud lengkap dengan tulisan latin dan artinya.

Doa Setelah Sholat Tahajud arab

Doa Setelah Sholat Tahajud

اَللّٰهُمَّ لَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ قَيِّمُ السَّمَوَاتِ وَاْلاَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ، وَلَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ مَالِكُ السَّمَوَاتِ وَاْلاَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ، وَلَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ نُوْرُ السَّمَوَاتِ وَاْلاَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ، وَلَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ الْحَقُّ وَوَعْدُكَ الْحَقُّ وَلِقَاءُكَ حَقٌّ وَقَوْلُكَ حَقٌّ وَالْجَنَّةُ حَقٌّ وَالنَّارُ حَقٌّ وَالنَّبِيُّوْنَ حَقٌّ مُحَمَّدٌ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ حَقٌّ وَالسَّاعَةُ حَقٌّ

 اَللّٰهُمَّ لَكَ اَسْلَمْتُ وَبِكَ اَمَنْتُ وَعَلَيْكَ تَوَكَّلْتُ وَاِلَيْكَ اَنَبْتُ وَبِكَ خَاصَمْتُ وَاِلَيْكَ حَاكَمْتُ فَاغْفِرْلِيْ مَاقَدَّمْتُ وَمَا اَخَّرْتُ وَمَا اَسْرَرْتُ وَمَا اَعْلَنْتُ وَمَا اَنْتَ اَعْلَمُ بِهِ مِنِّيْ، اَنْتَ الْمُقَدِّمُ وَاَنْتَ الْمُؤَخِّرُ لاَاِلَهَ اِلاَّ اَنْتَ، وَلاَ حَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ اِلاَّ بِاللهِ

Allaahumma lakal hamdu anta qayyumus samaa waati wal ardhi wa man fiihinna. wa lakal hamdu anta malikus samaa waati wal ardhi wa man fiihinna, wa lakal hamdu anta nuurus samaawaati wal ardhi wa man fiihinna, wa lakal antal haqqu, wa wa'dukal haqqu, wa liqaa'uka haqqu, wa qaulukal haqqun, wal jannatu haqquw wannaaru haqquw wan-nabiyyuuna haqquw wa Muhammadun shallallahu 'alaihi wa sallama haqquw wassaa'atu haqq.

Allaahumma laka aslamtu wa bika aamantu wa 'alaika tawakkaltu wa ilaika anabtu, wa bika khaashamtu wa ilaika haakamtu faghfirlii maa qoddamtu wa maa akhkhartu wa maa asrartu wa maa a'lantu wa maa anta a'lamu bihiminnii. antal muqoddimu wa antal mu'akhkhiru laa ilaaha anta. wa laa haula wa laa quwwata illaa billaah.

Artinya : "Ya Allah bagi-Mu-lah segala puji, Engkaulah yang mengurus langit dan bumi serta semua makhluk yang ada pada keduanya. Dan bagi-Mu segala puji, Engkau Raja langit dan bumi beserta semua makhluk yang ada pada keduanya. Dan bagi-Mu segala puji, Engkau cahaya langit dan bumi beserta semua makhluk yang ada pada keduanya. Dan bagi-Mu segala puji, Engkau Maha benar, janji-Mu adalah benar, pertemuan dengan-Mu adalah benar, ucapan-Mu adalah benar, surga adalah benar, neraka adalah benar, para nabi adalah benar dan Nabi Muhammad Saw adalah benar serta hari kiamat adalah benar."

"Ya Allah hanya kepada-Mu aku berserah diri, kepada-Mu-lah aku beriman, kepada-Mu-lah aku bertawakal, hanya kepada-Mu-lah aku kembali (bertaubat), kepada-Mu-lah aku mengadu, dan kepada-Mu-lah aku meminta keputusan, maka ampunilah dosa-dosaku yang telah lalu dan yang kemudian serta apa yang kusembunyikan dan yang kulakukan dengan terang-terangan dan apa yang lebih Engkau ketahui dariku, Engkau yang mendahulukan dan yang mengakhirkan, tiada Tuhan selain Engkau, dan tiada daya (untuk menghindar dari kemaksiatan) dan tiada kekuatan (untuk melakukan ibadah) kecuali dengan pertolongan Allah."

Setelah membaca doa diatas bisa juga menambahkan doa-doa lainya. Seperti doa selamat dunia akhirat, doa husnul khotimah, doa memohon ampunan maupun doa-doa lainnya.

Baca juga : Doa Setelah Shalat Witir Lengkap Dengan Terjemahnya

Demikianlah mengenai bacaan doa setelah mengerjakan sholat tahajud beserta latin dan artinya. Mudah-mudahan doa diatas bisa bermanfaat dan kita lebih semangat lagi untuk bangun malam dan mengerjakan shalat tahajud, tapi jangan lupa untuk mengerjakan sholat fardhu 5 waktu yang merupakan tiang agama.