Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bacaan Doa Menjenguk Orang Yang Sakit Lengkap Dengan Latin Dan Artinya

Doa Menjenguk Orang Sakit - Sakit, hampir setiap orang pasti pernah mengalaminya baik itu sakit yang ringan maupun sakit yang serius, sakit bisa di sebabkan karena tertimpa bencana maupun penurunan kondisi tubuh, dan juga berbagai faktor lainnya, karena hal itu lah yang membuat orang menjadi sakit.

Doa Menengok Orang Yang Sakit

Namun di balik sakit yang kita alami mempunyai hikmah tersendiri pagi penderita maupun orang lain. Seperti yang sudah kita ketahui Alloh Swt memberikan cobaan kepada setiap hamba-Nya mempunyai hikmah dan makna tersendiri baik itu cobaan lahiriah maupun batiniah. sebagai manusia kita harus ikhlas dan sabar untuk menjalaninya dan berdoa.

Baca Juga : Doa sebelum tidur dan bangun tidur lengkap dengan artinya

Tak jarang kita mendengar teman, kerabat, sanak saudara, keluarga, tetangga mengalami sakit. Pada saat kita menjenguk orang yang sedang sakit biasanya kita membawa makanan dan buah-buahan namun tidak hanya itu sebaiknya kita juga mendoakannya supaya sakit yang sedang diderita segera dia angkat oleh Alloh Swt, supaya lekas sembuh dan dapat sehat kembali.

Apa doa Menjenguk orang sakit..?

Berikut adalah bacaan doa ketika menjenguk atau menengok orang yang sedang sakit beserta latin dan terjemahnya.

Doa Menjenguk Orang Sakit

اَللَّهُمَّ رَبَّ النَّاسِ مُذْهِبَ الْبَاسِ اشْفِ أَنْتَ الشَّافِى لاَ شَافِىَ إِلاَّ أَنْتَ ، شِفَاءً لاَ يُغَادِرُ سَقَمًا
Allahumma rabban naas mudzhibal ba'si isyfi antasy-syaafii laa syafiya illaa anta syifaa'an laa yughaadiru saqoman

Artinya: "Ya Allah Wahai Tuhan segala manusia, hilangkanlah penyakitnya, sembuhkanlah ia. (hanya) Engkaulah yang dapat menyembuhkannya, tidak ada kesembuhan melainkan kesembuhan dariMu, kesembuhan yang tidak kambuh lagi." ( HR. Bukhari, No. 5742; Muslim, No. 2191).


Menjenguk atau menengok orang yang sedang sakit juga merupakan anjuran Rasululloh Saw, berikut ini adalah sabda beliau.

إِذَا عَادَ الرَّجُلُ أَخَاهُ الْمُسْلِمَ مَشَى فِيْ خِرَافَةِ الْجَنَّةِ حَتَّى يَجْلِسَ فَإِذَا جَلَسَ غَمَرَتْهُ الرَّحْمَةُ، فَإِنْ كَانَ غُدْوَةً صَلَّى عَلَيْهِ سَبْعُوْنَ أَلْفَ مَلَكٍ حَتَّى يُمْسِيَ، وَإِنْ كَانَ مَسَاءً صَلَّى عَلَيْهِ سَبْعُوْنَ أَلْفَ مَلَكٍ حَتَّى يُصْبِحَ.

Atinya: "Apabila seseorang menjenguk saudaranya yang muslim ( yang sedang sakit ), maka ( seakan-akan ) dia berjalan sambil memetik buah-buahan Surga sehingga dia duduk, apabila sudah duduk maka diturunkan kepadanya rahmat dengan deras. Apabila menjenguknya di pagi hari maka tujuh puluh ribu malaikat mendo’akannya agar mendapat rahmat hingga waktu sore tiba. Apabila menjenguknya di sore hari, maka tujuh puluh ribu malaikat mendo’akannya agar diberi rahmat hingga waktu pagi tiba." ( HR. at-Tirmidzi, Ibnu Majah dan Imam Ahmad dengan sanad shahih )

Itulah Hadist tentang menjenguk orang sakit, selain itu dalam menjenguk orang sakit juga mempunyai adab-adab tersendiri. berikut ini adalah adab menjenguk orang sakit.

Adab-adab menjenguk orang sakit

  1. Hendaknya dalam mengunjungi orang yang sakit diiringi dengan niat yang ikhlas dan tujuan yang baik.
  2. Hendaknya memperhatikan situasi dan kondisi yang sesuai ketika hendak menjenguk.
  3. Hendaknya orang yang menjenguk mendo'akan orang yang sakit dengan kesembuhan dan kesehatan.
  4. Mengusap bagian yang sakit dengan tangan kanan dan mengucapkan doa menjenguk orang sakit seperti doa diatas.
  5. Hendaknya menundukkan pandangan (tidak menatap dengan tajam), sedikit bertanya, menunjukkan belas kasih kepada yang sakit, dan menasihatinya.
  6. Apabila melihat orang yang tertimpa cobaan musibah dan penyakit hendaklah berdo'a dengan suara yang pelan untuk keselamatan dirinya.
Baca juga: Doa selamat dunia akhirat beserta artinya

Itulah doa menjenguk atau menengok orang sakit semoga bermanfaat, dan Allah Swt, selalu memberikan kesehatan jasmani dan rohani bagi kita semua, Amin.