Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Doa Ketika Turun Hujan Dan Doa Setelah Hujan Selesai (Reda)

Doaharianislami.com - Sudah tak dapat dipungkiri lagi Hujan merupakan salah satu anugerah yang di berikan oleh Allah SWT, kepada semua makhluk ciptaan-Nya yang ada di muka bumi, dari mulai tumbuh-tumbuhan, hewan-hewan, maupun kita sebagai manusia. Karena tetesan air yang jatuh dari langit ke muka bumi menjadi sumber kehidupan bagi semua makhluk.

Doa Ketika Turun Hujan Dan Doa Setelah Hujan Selesai
Gambar orang sedang kehujanan

Berkat kekuasaan Allah SWT, setiap saat miliaran liter air menguap ke udara lalu kembali lagi kedaratan. Namun kita sebagai manusia sering mengeluh akan datang nya hujan karena hujan identik dengan banjir, tapi hal tersebut semata-mata ulah manusia itu sendiri karena kurang menjaga lingkungan sekitar. Seharusnya kita bersyukur pada saat hujan datang yang telah memberi sumber kehidupan bagi semua makhluk hidup.

Maka dari itu, sungguh suatu nikmat yang luar biasa saat hujan turun, Salah satu bentuk rasa syukur kita pada saat turun hujan yaitu dengan berdoa, dengan mengucapkan doa ketika turun hujan, agar hujan yang turun bermanfaat bagi makhluk hidup.

Berikut ini adalah lafadz doa pada saat turun hujan beserta tulisan latin dan terjemahannya.

Doa Ketika Turun Hujan

اَللّٰهُمَّ صَيِّبًا نَافِعًا
Allaahumma shoyyiban naafi 'an

Artinya: "Ya Allah, semoga hujan yang Engkau turunkan ini lebat dan membawa manfaat"

Doa ketika turun hujan diatas di baca supaya hujan yang Allah SWT, turunkan ke bumi bisa bermanfaat bagi semua makhluk hidup dan tidak menimbulkan bencana seperti banjir dan menyebabkan tanah longsor. Ketika hujan reda kita juga di anjurkan untuk memanjatkan doa.

Baca juga: Kumpulan Doa Sehari-hari Lengkap Dalam Bahasa Arab Latin dan Artinya

Berikut ini adalah bacaan ketika hujan reda atau selesai beserta latin dan terjemahannya.

Doa Ketika Hujan Reda

مُطِرْنَا بِفَضْلِ اللهِ وَرَحْمَتِهِ
Muthirnaa bifadllillaahi wa rohmatihi

Artinya:  "Kita diberi hujan karena keutamaan dan rahmat-Nya."

Itulah bacaan doa ketika turun hujan dan doa setelah hujan reda beserta latin dan terjemahannya, kita sebagai manusia sudah sepatutnya bersyukur apa yang telah Allah SWT berikan, begitu pula saat Allah menurunkan hujan. Kedua diatas alangkah baiknya di hafalkan supaya ketika saat hujan kita bisa langsung mengamalkannya selain itu kita juga bisa mendapatkan pahala.