Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Doa Sebelum Belajar Dan Sesudah Belajar Beserta Artinya

Doa sebelum dan sesudah belajar - Pada kesempatan kali ini kami akan berbagi bacaan doa sebelum belajar dan sesudah belajar lengkap dengan artinya. Belajar atau menuntut ilmu adalah kewajiban bagi setiap muslim baik laki-laki maupun perempuan dari usia anak-anak, remaja, dewasa sampai orang tua sekalipun. Menuntut ilmu merupakan perintah Allah SWT, kepada kita selaku hamba-Nya.

Doa Sebelum Belajar Dan Sesudah Belajar Beserta Artinya

Belajar atau menuntut ilmu sangatlah penting bagi kita, baik ilmu yang bersifat dunia maupun ilmu agama, berikut ini adalah hadist yang menganjurkan kita untuk mencari ilmu.

طَلَبُ الْعِلْمِ فَرِيْضَةٌ عَلَى كُلِّ مُسْلِمٍ وَمُسْلِمَةٍ

Artinya: "Mencari ilmu itu wajib bagi setiap muslim laki-laki maupun perempuan." (HR Al-Baihaqi)

Dari hadist diatas dijelaskan bahwa belajar atau mencari ilmu adalah kewajiban bagi setiap muslim baik itu laki-laki maupun perempuan. Namun sebelum belajar atau mencari ilmu kita dianjurkan untuk berdoa, supaya dimudahkan dalam belajar, agar ilmu yang kita pelajari bisa masuk kedalam pikiran, dan bisa bermanfaat bagi kehidupan kita maupun orang disekitar.

Baca juga : Doa Niat Tayamum Dan Cara Bertayamum

Berikut ini adalah bacaan doa ketika akan belajar dan sesudah belajar beserta latin dan artinya.

Text Doa Sebelum Belajar

Doa Sebelum Belajar

رَضِتُ بِااللهِ رَبَا وَبِالْاِسْلاَمِ دِيْنَا وَبِمُحَمَّدٍ نَبِيَا وَرَسُوْلاَ رَبِّ زِدْ نِيْ عِلْمًـاوَرْزُقْنِـيْ فَهْمًـا

Rodlittu billahirobba, wabi islamidina, wabimuhammadin nabiyyaw warasulla ,robbi zidnii ilmaa warzuqnii fahmaa.

Artinya: "Kami ridho Allah SWT sebagai Tuhanku, Islam sebagai agamaku, dan Nabi Muhammad sebagai Nabi dan Rasul, Ya Allah, tambahkanlah kepadaku ilmu dan berikanlah aku pengertian yang baik"
رَبِّ زِدْنِي عِلْمًا وَارْزُقْنِيْ فَهْمًا وَاجْعَلْنِيْ مِنَ الصَّالِحِيْنَ

Robbi zidnii 'ilman warzuqnii fahmaa, waj'alnii minash-shoolihiin

Artinya : "Ya Allah, tambahkanlah aku ilmu dan berikanlah aku rizqi akan kepahaman, Dan jadikanlah aku termasuk golongan orang-orang yang shaleh"

Doa Sebelum Belajar Mengaji

اَللّٰهُمَّ اخْرِجْنَا مِنْ ظُلُمَاتِ الْوَهْمِ وَاَكْرِمْنَا بِنُوْرِالْفَهْمِ وَافْتَحْ عَلَيْنَا بِمَعْرِفَتِكَوَسَهِّلْ لَنَآ اَبْوَابَ فَضْلِكَ يَآ اَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ

Alloohumma akhrijnaa min dzulumaatilwahmi wa akrimnaa binuuril fahmi waftah'alainaa bima'rifatika wasahhil lanaa abwaaba fadl-lika ya arhamar roohimiin

Artinya: "Ya Allah, keluarkanlah kami dari kegelapan prasangka muliakanlah kami dengan cahaya kepahaman, bukakanlah pengertian ilmu pada kami dan bukakanlah untuk kami pintu-pintu anugerah-Mu, wahai Dzat yang paling penyayang."

Dan apabila kita sudah selesai belajar bisa membaca doa setelah belajar dibawah. berikut adalah doa setelah selesai belajar beserta latin dan terjemahnya.

doa setelah belajar

Doa Sesudah Belajar

اَللّٰهُمَّ اِنِّى اِسْتَوْدِعُكَ مَاعَلَّمْتَنِيْهِ فَارْدُدْهُ اِلَىَّ عِنْدَ حَاجَتِىْ وَلاَ تَنْسَنِيْهِ يَارَبَّ الْعَالَمِيْنَ

Allaahumma innii istaudi'uka maa 'allamtaniihi fardud-hu ilayya 'inda haajatii wa laa tansaniihi yaa robbal 'alamiin

Artinya : "Ya Allah, sesungguhnya ku titipkan kepada-Mu apa yang telah Engkau ajarkan kepadaku, maka kembalikanlah dia kepadaku disaat aku membutuhkannya. Janganlah Engkau buat aku lupa kepadanya. wahai Tuhan pemelihara alam."

اَللّٰهُمَّ أَرِنَا الْحَقَّ حَقًّا وَارْزُقْنَا اتِّـبَاعَهُ وَأَرِنَا الْبَاطِلَ بَاطِلاً وَارْزُقْنَا اجْتِنَابَهُ

Allahumma Arinal Haqqa Haqqan Warzuqnat tibaa'ahu. Wa Arinal baathila Baa-Thilan Warzuqnaj tinaabahu

Artinya: "Ya Allah, tunjukkanlah kepada kami kebenaran, sehingga kami dapat mengikutinya. Dan tunjukkanlah kepada kami kejelekan sehingga kami dapat menjauhinya"

رَبَّنَا انْفَعْنَا بِمَاعَلَمْتَنَا الَّذِيْ يَنْفَعُنَا وَزِدْنَا عِلْمًا وَالْحَمْدُلِلّٰهِ عَلَى كُلِّ حَالٍ

Rabbanan fa'naa bima 'alamtanaldzi yanfa'una wa zidna 'ilman walhamdulillahi 'ala kulihal

Artinya: "Ya Tuhan kami, jadikanlah ilmu kami ilmu yang bermanfaat, ajarkan kami apa-apa yang bermanfaat bagi kami serta tambahkan ilmu bagi kami, segala puji hanya bagi Allah dalam setiap keadaan."

Belajar dan Menuntut Ilmu Menurut Hukum Islam

Membaca doa sebelum belajar dan sesudah

Jika kita perhatikan isi Al-Qur'an dan Hadist, terdapat beberapa perintah yang mewajibkan bagi setiap Muslim baik laki-laki maupun perempuan untuk menuntut ilmu agar menjadi umat yang cerdas.

Menuntut ilmu artinya berusaha menghasilkan segala ilmu dengan jalan bertanya, melihat atau mendengar. Perintah Menuntut ilmu terdapat dalam hadist yang artinya: "Menuntut ilmu adalah fardhu bagi tiap-tiap muslim, baik laki-laki maupun perempuan."

Baca juga: Kumpulan Doa Sehari-hari Lengkap Dalam Bahasa Arab Latin dan Artinya

Menuntut Ilmu dari Segi Ibadah

Dari segi ibadah menuntut ilmu itu sangat tinggi nilai dan pahalanya, sebagaimana sabda rasulullah Saw. "Sungguh kiranya engkau melangkahkan kakinya di waktu pagi (maupun petang), kemudian mempelajari satu ayat dari kitab Allah (Al-Qur'an), maka pahalanya lebih baik daripada ibadah satu tahun."

Dalam hadist lain dinyatakan:
مَنْ خَرَجَ فِى طَلَبُ الْعِلْمِ فَهُوَ فِى سَبِلِ اللهِ حَتَّى يَرْجِعَ

Artinya: "Barang siapa yang pergi untuk menuntut ilmu, maka dia telah termasuk golongan sabilillah (orang yang menegakkan agama Allah) hingga sampai ia pulang kembali." (HR Turmudzi)

Mengapa menuntut ilmu itu sangat tinggi nilainya dilihat dari segi ibadah?. Sebab Amal ibadah yang tidak dilandasi dengan ilmu, akan sia-sia amalnya. Syaikh Ibnu Ruslan menyatakan: "Siapa saja yang beramal (melaksanakan amal ibadah) tanpa ilmu, maka segala amalnya akan ditolak, yakni tidak diterima.

Derajat orang yang berilmu jika ditinjau dari segi orang yang memiliki ilmu dengan yang tidak, maka perbedaannya sangat jauh sekali, nilainya maupun derajatnya. Allah SWT berfirman:

Artinya: " Allah meninggikan segala orang yang beriman dan segala orang yang diberikan ilmu dengan beberapa derajat." (QS Al Mujadalah :11)

Baca juga : Doa Niat Wudhu Dan Doa Setelah Wudhu Lengkap Dengan Artinya

Doa sebelum belajar dan sesudah belajar di atas alangkah baiknya jika dipanjatkan pada saat sebelum belajar dan sesudah belajar. Agar ilmu yang kita cari atau pelajari bisa bermanfaat bagi diri sendiri dan orang lain. selain itu dengan membaca doa diatas kita juga bisa mendapatkan pahala dari Allah SWT.