Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bacaan Doa Setelah Sholat Witir Lengkap Beserta Latin dan Terjemahnya

Doa Setelah Sholat Witir - Sholat sunah witir merupakan sholat sunah muakad yang berarti sunah yang sangat di anjurkan, sholat sunah witir dilakukan pada waktu malam hari setelah sholat Isya sampai terbit fajar tepatnya sebelum masuk sholat Shubuh.

Sholat Witir baiknya dikerjakan pada akhir malam sebagai penutup sholat sunah malam lainnya, seperti sholat tahajud, sholat hajat dan juga sholat sunah lainnya yang dilakukan pada malam hari, sholat witir juga bisa dilakukan pada awal malam sehabis sholat Isya seperti setelah sholat Tarawih pada bulan ramadhan.


Untuk jumlah rakaat sholat witir bisa dikerjakan satu rakaat, tiga rakaat, lima rakaat, tujuh rakaat, sembilan rakaat dan sebelas rakaat. Karena sholat witir harus dikerjakan dengan jumlah rakaat yang ganjil.

Baca Juga : Niat sholat sunnah witir berdasarkan jumlah rakaat

Sebagai contoh jika ingin mengerjakan sholat witir tiga rakaat boleh dikerjakan dengan dua kali salam yaitu sholat pertama dua rakaat kemudian salam dan sholat yang kedua satu rakaat kemudian salam. bisa juga mengerjakan sholat witir tiga rakaat dengan satu kali salam. Sedangkan jika ingin mengerjakan sholat witir lima rakaat, tujuh rakaat, sembilan rakaat atau sebelas rakaat, boleh dikerjakan setiap dua rakaat salam, dan untuk yang terakhir satu rakaat salam atau tiga rakaat salam tanpa tasyahud awal. untuk bacaan dan gerakan pada sholat witir sama seperti sholat fardhu yang membedakan hanya niatnya.

Setelah mengerjakan sholat sunah witir kemudian membaca wirid dan doa setelah sholat witir, berikut ini adalah bacaan doa sholat witir beserta latin dan terjemahannya.

Wirid Sholat Witir

سُبْحَانَ الْمَلِكِ الْقُدُّوْسُ

Subhaanal malikil qudduus

Artinya: "Maha Suci Allah. Maha Raja"
سُبُّوْحٌ قُدُّوْسٌ رَبُّنَا وَرَبُّ الْمَلآئِكَةِ وَالرُّوْحِ
Subbuuhun qudduusur robbunaa wa robbul-malaa-'ikati warruuh

Artinya: "Maha Suci lagi Maha qudus Tuhan kami, Tuhan seluruh Malaikat dan Ruh"

سُبْحَانَ اللهْ وَالْحَمْدُ لِلهْ وَلآ اِلَهَ اِلَّا اللهْ وَاللهُ اَكْبَرُ
 Subhaanallaahi wal-hamdu lillaahi wa laa ilaaha illallaahu wallaahu Akbar

Artinya: "Maha suci Allah, dan segala puji bagi Allah, dan tiada Tuhan yang berhak disembah selain Allah, dan allah Mahabesar"
وَلَا حَوْلَ وَلَا قُوَّةَ اِلَّا بِاللهِ الْعَلِيِّ الْعَظِيْمِ
Wa laa haula wa laa quwwata illaa billaahil-'aliyyil-'aziim.

Artinya: "Dan tiada daya (untuk menghindar dari kemkasiatan), dan tiada kekuatan (untuk mengejakan ibadah) kecualai dengan pertolongan Allah Yang Maha tinggi lagi Maha besar."

Setelah membaca wirid kemudian dilanjutkan membaca doa setelah shalat Witir berikut ini.

doa setelah shalat witir

Doa Setelah Sholat Witir

اَللّٰهُمَّ إِنَّا نَسْـأَلُكَ اِيْمَانًا دَائِمًا، وَنَسْأَلُكَ قَلْبًا خَاشِعًا، وَنَسْأَلُكَ عِلْمًا نَافِعًا، وَنَسْأَلُكَ يَقِيْنًا صَادِقًا، وَنَسْأَلُكَ عَمَلاً صَالِحًا، وَنَسْأَلُكَ دِيْنًاقَيِّمًا، وَنَسْأَلُكَ خَيْرًا كَثِيْرًا، وَنَسْأَلُكَ الْعَفْوَ وَالْعَافِيَةَ، وَنَسْأَلُكَ تَمَامَ الْعَافِيَةِ، وَنَسْأَلُكَ الشُّكْرَ عَلَى الْعَافِيَةِ، وَنَسْأَلُكَ الْغِنَاءَ عَنِ النَّاسِ
اَللّٰهُمَّ رَبَّنَا تَقَبَّلْ مِنَّا صَلاَتَنَا وَصِيَامَنَا وَقِيَامَنَا وَتَخُشُّعَنَا وَتَضَرُّعَنَا وَتَعَبُّدَنَا وَتَمِّمْ تَقْصِيْرَنَا يَا اَللهُ يَااَللهُ يَااَللهُ يَااَرْحَمَ الرَّحِمِيْنَ. وَصَلَّى اللهُ عَلَى خَيْرِ خَلْقِهِ مُحَمَّدٍ وَعَلٰى اٰلِهِ وَصَحْبِهِ اَجْمَعِيْنَ، وَالْحَمْدُ لِلّٰهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ

Allahumma innaa nas'aluka iimaanan daaimaan, wan'asaluka qalban khaasyi'an, wanas'aluka 'ilman naafi'an, wanas'aluka yaqiinan shaadiqon, wanas'aluka 'amalan shaalihan, wanas'aluka diinan qayyiman, wanas'aluka khairan katsiran, wanas'alukal 'afwa wal'aafiyata, wanas'aluka tamaamal 'aafiyati, wanas'alukasyukra 'alal 'aafiyati, anas'alukal ghinaa'a 'aninnaasi.

Allahumma rabbanaa taqabbal minnaa shalaatanaa washiyaamanaa waqiyaamanaa watakhusy-syu'anaa watadhorru'anaa wata'abbudanaa watammim taqshiiranaa yaa allaahu yaa allaahu yaa allaahu yaa arhamar raahimiin. washallallaahu 'alaa khairi khalqihi muhammadin wa'alaa aalihi washahbihi ajma'iina, walhamdu lillaahi rabbil 'aalamiina.

Artinya: "Wahai Allah. Sesungguhnya kami memohon kepada-Mu iman yang tetap, kami memohon kepada-Mu hati yang khusyu', kami memohon kepada-Mu ilmu yang bermanfaat, kami memohon kepada-Mu keyakinan yang benar, kami memohon kepada-Mu amal yang shaleh, kami memohon kepada-Mu agama yang lurus, kami memohon kepada-Mu kebaikan yang banyak, kami memohon kepada-Mu ampunan dan afiat, kami memohon kepada-Mu kesehatan yang sempurna, kami memohon kepada-Mu syukur atas kesehatan, dan kami memohon kepada-Mu terkaya dari semua manusia."

"Wahai Allah, Tuhan kami. Terimalah dari kami shalat kami, puasa kami, shalat malam kami, kekhusyu'an kami, kerendahan hati kami, ibadah kami. Sempurnakanlah kelalaian atau kekurangan kami, Wahai Allah Wahai Allah Wahai Allah Wahai Dzat yang Paling Penyayang diantara para penyayang. Semoga rahmat Allah tercurahkan kepada sebaik-baiknya makhluk-Nya, Muhammad, keluarga dan sahabatnya semua, dan segala puji milik Allah, Tuhan semesta alam."

Baca juga: Niat dan doa sholat tahajud beserta artinya

Itulah bacaan Doa sholat witir beserta latin dan terjemahnya. Dengan mengerjakan sholat witir dapat menambah keimanan kita kepada Allah Swt, mendekatkan diri kita kepada Allah Swt, menambah amal ibadah, dan juga sebagai perwujudan rasa cinta kepada Rasulullah Saw. Semoga apa yang sudah diuraikan diatas bisa bermanfaat.