Bacaan Sujud Syukur Dan Tata Cara Melakukan Sujud Syukur

Doaharianislami.com- Sudah kewajiban kita sebagai manusia bersyukur atas nikmat dan karunia yang telah Allah Swt berikan kepada kita. Bersyukur tidak hanya semata-mata saat mendapat kesenangan maupun nikmat saja melainkan saat kita terhindar dari marabahaya kita juga harus bersyukur karena Allah Swt telah memberikan keselamatan pada kita. Salah satu cara untuk mengucapkan terimakasih kita atas semua yang telah Allah Swt berikan kepada kita selaku hambanya ialah dengan sujud Syukur.

Bacaan Sujud Syukur Dan Tata Cara Mengerjakan Sujud Syukur

Sujud Syukur adalah sujud yang dilakukan karena mendapatan sesuatu nikmat dan terhindar dari marabahaya, bencana maupun kesusahan yang menimpa. Hukum Sujud Syukur adalah sunnah yang boleh dilakukan maupun tidak, namun jika melakukannya mendapat pahala sebagai mana yang sabda Rasulullah saw.

عَنْ اَبِى بَكْرَةَ اَنَّ النَّبِي صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ إِذَاأَتَاهُ أَمُرٌ يَسُرُّهُ أَوْبُشْرَى جَرَّ سَاجِدَا شُكُرَاللهِ

Artinya: "Dari Abu Bakrah sesungguhnya Rasulullah saw bersabda, apabila datang kepada nabi sesuatu menggembirakan atas kabar suka, beliau langsung sujud syukur kepada Allah. (H.R Abu Daud dan Turmudzi).

Baca juga: Doa-doa Membasuh Anggota Wudhu

Berdasarkan hadist diatas bahwa pada saat rasulullah saw mendapatkan kegembiraan beliau langsung mengerjakan sujud syukur.

Tata Cara Sujud Syukur
Berikut adalah tata cara melakukan sujud syukur:

1. Berdiri Menghadap Kiblat
2. Berniat Melakukan Sujud Syukur
3. Kemudian Takbiratul Ihram, dengan Membaca (Allahu Akbar)
4. Lalu sujud dua kali, sambil membaca doa sebagai berikut:

سُبْحَانَ اللهِ وَالْحَمْدُ ِللهِ وَلَاإِلٰهَ إِلَّااللهُ وَاللهُ اَكْبَرْ وَلَاحَوْلَ وَلَا قُوَةَإِلَابِااللهِ الْعَلِيِّ الْعَظِيْمِ

Subhaanallohi walhamdulillaahi walaa ilaaha-illalloohu wallohu akbar, wa laa haula wa laa quwwata illa billaahil 'aliyyil 'adziim.

Artinya: "Maha suci Allah dan segala puji bagi Allah, tiada tuhan selain Allah. Allah maha besar dan tiada kekuatan serta daya upaya kecuali  atas izin Allah yang Maha Tinggi dan Maha Agung"

5. Duduk Sejenak.
6. Mengucap salam dengan menoleh ke kanan dan ke kiri.

اَلسَّلَا مُعَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَ كَاتُهُ
Dengan melakukan sujud syukur sebagai rasa terimakasih kepada Allah Swt atas nikmat karena mendapatkan sesuatu yang diinginkan maupun terhindar dari marabahaya, semoga Allah selalu memberikan nikmat dan dilindungi dari segala bahaya yang mengintai, demikianlah mengenai bacaan sujud syukur beserta tata cara melakukan sujud syukur, semoga bisa bermanfaat. 

0 Response to "Bacaan Sujud Syukur Dan Tata Cara Melakukan Sujud Syukur"

Post a Comment