Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Doa atau Salam Ketika Melewati Dan Memasuki Kuburan (Makam)

Doaharianislami.com - Pada saat melewati maupun memasuki area pemakaman seringkali kita lupa untuk membaca doa atau mengucapkan salam sebagai penghormatan dan mendoakan mereka para penghuni kubur yang telah mendahului kita. Kita juga harus sadar bahwa kita akan menyusul mereka.

Rasulullah Saw mengajarkan kepada kita selaku umat Islam ketika memasuki area pemakaman atau hanya melewatinya untuk mengucapkan salam atau membaca doa. Nah bagi yang belum hafal atau yang belum mengetahui doanya. Berikut ini adalah doa atau salam ketika melewati maupun memasuki tempat pemakaman atau kuburan beserta latin dan terjemahnya.

Doa Atau Salam Ketika Melewati Dan Memasuki Kuburan (Makam)

Doa Ketika Melewati Kuburan (Tempat Pemakaman)

اَلسَّلَامُ عَلَيْكُمْ أَهْلَ الدِّيَارِ مِنْ الْمُؤْمِنِينَ وَالْمُسْلِمِينَ وَإِنَّا إِنْ شَاءَ اَللهُ بِكُمْ لَاحِقُونَ نَسْأَلُ اَللهُ لَنَا وَلَكُمْ الْعَافِيَةَ

Assalaamu 'alaikum ahladdiyaari minal mu'miniina wal muslimiina wa-innaa insyaa Allaahu bikum laahiquuna nas'alullaaha lanaa walakumul 'aafiyah.

Artinya: "Semoga keselamatan terlimpahkan kepada kalian wahai penduduk alam barzah, dari kaum mukminin dan muslimin. Sesungguhnya kami akan menyusul kalian insya Allah. Dan kami meminta Allah untuk kami dan kalian agar diberi keselamatan." (HR. Ibnu Majah)

Baca juga : Bacaan doa ketika bepergian beserta latin dan terjemahnya

Selain membaca salam atau doa di atas ketika melewati makam bisa juga membaca doa dibawah ini.

اَلسَّلَامُ عَلَيْكُمْ دَارَ قَوْمٍ مُؤْمِنِينَ أَنْتُمْ لَنَا فَرَطٌ وَإِنَّا بِكُمْ لَاحِقُونَ اَللّٰهُمَّ لَا تَحْرِمْنَا أَجْرَهُمْ وَلَا تَفْتِنَّا بَعْدَهُمْ

Assalaamu 'alaikum daara qaumin muk'miniina antum lanaa farathun wainnaa bikum laa hiquunallaahumma laa tahrimnaa ijrohum walaa taftinnaa ba'dahum.

Artinya: "Semoga kesejahteraan untuk kalian semua, kampung kaum mukminin. Kalian telah mendahului kami. Dan kami akan menyusul kalian insya Allah. Ya Allah, janganlah engkau haramkan kami dari pahala mereka dan jangan timpakan fitnah kepada kami setelah mereka." (HR. Ibnu Majah)

Demikianlah mengenai doa atau ucapan salam ketika melewati atau memasuki tempat pemakaman atau kuburan beserta latin dan terjemahnya. Yang bisa dibaca ketika melewati atau memasuki tempat tersebut seperti saat Ziarah kubur. Semoga doa diatas bisa bermanfaat.