Sunah-Sunah Wudhu Lengkap (Sebagai Penyempurna Wudhu)

Doaharianislami.com - Selain syarat dan fardhunya wudhu yang merupakan kewajiban dan apabila salah satu dari fardhunya wudhu tersebut itu ditinggalkan maka wudhunya tidak syah begitu pula dengan sholatnya karena sebelum mengerjakan sholat kita harus berwudhu terlebih dahulu. tidak terlepas dari wudhu dan yang tak kalah penting ialah mengerjakan sunah-sunah ketika berwudhu, pengertian sunah itu sendiri merupakan segala sesuatu yang apabila di kerjakan mendapat pahala dan jika tidak dikerjakan atau di tinggalkan tidak mendapat dosa.

Sunah-Sunah Wudhu Lengkap

Ada beberapa sunah-sunah yang bisa kita kerjakan ketika berwudhu untuk menyempurnakan wudhu kita, selain itu dengan mengerjakan sunah wudhu kita juga mendapatkan tambahan pahala. namun sebagian banyak dari kita belum mengetahui apa saja perkara yang disunahkan ketika berwudhu. bagi yang belum tahu apa saja sunah-sunah wudhu, dibawah ini merupakan hal-hal yang di sunnahkan dalam berwudhu.

Baca juga: Doa-doa ketika membasuh anggota wudhu lengkap dengan artinya

Sunah-Sunah Wudhu

1. Membaca "Bismillah"pada saat mulai wudhu
تَوَضَىُٔوْا بِإِسْمِ اللهِ
Artinya :" Berwudhulah kamu dengan membaca nama Allah." (H.R Abu Daud)

2. Membasuh kedua telapak tangan  sampai dengan kedua buku pergelangan tangan  pada saat mulai wudhu.

3. Berkumur-kumur

4. Menghisap air ke hidung

5. Menyapu seluruh kepala

6. Menyapu kedua telinga luar dan dalam. Untuk perbuatan yang disunahkan nomer 2-6 di jelaskan dalam sebuah hadist berikut ini.

عَنِ المِقْدَامِ قَالَ اُوْتِىَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ بِوُضُوْءِ فَتَوَ ضَأَ فَغَسَلَ كَفَيْهِ ثَلاَ ثاً وَغَسَلَ وَجْهَهُ ثَلاَ ثاً ثُمَّ غَسَلَ ذِرَاعَيْهِ ثَلاَ ثاً ثُمَّ مَضْمَضَ وَاسْتَنْشَقَ ثَلاَ ثاً ثُمَّ مَسَحَ بِرَأ سِهِ وَاُدُنَيْهِ ظَاهِرِهِمَا وَابَطِمِمَا

Artinya: "Dari Al Miqdam ia berkata: Rasulullah saw  telah di beri air untuk berwudhu, lalu beliau berwudhu , maka beliau membasuh kedua tapak tangannya tiga kali dan mukanya tiga kali, kemudian membasuh lengannya tiga kali, kemudian memasukan air kedalam hidung tiga kali, kemudian menyapu kepalanya dan dua telinganya sebelah luar dan sebelah dalam ." (H.R Abu Daud Dan Ahmad)

7. Menyela-nyela jari ke dua tangan dan jari-jari kaki
اَذَاتَوَضَأْتَ فَخَلِّلْ بَيْنَ اَصَابِعِ يَدَيْكَ وَرِجْلَيْكَ

Artinya:"Apabila kamu berwudhu hendaklah kamu sela-sela anak jari kedua tanganmu dan anak-anak jari kedua kakimu." (H.R Tirmidzi)

8. Mendahulukan anggota yang kanan dari pada anggota yang kiri

عَنْ عَاىِٔشَةَ رَضِى اللهُ عَنْهَا قَالَتْ كَانَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يُحِبُّ التَّيَا مُنَ فِى تَنَعُّلِهِ وَتَرَجُّلِهِ وَطَهُوْرِهِ وَفِى شَأْ نِهِ كُلِّهِ

Artinya: "Dari Aisyah r.a berkata: Rasulullah saw suka mendahulukan anggota kanan dalam memakai sandal, bersisir, bersuci dan dalam segala hal." (H.R Bukhari dan Muslim)

9. Membasuh tiap-tiap anggota tiga kali

10. Berurutan antara anggota-anggota yang di basuh

11. Tanpa pertolongan orang lain kecuali dalam keadaaan terpaksa seperti sedang sakit

12. Tidak di seka atau di keringkan  kecuali ada keperluan atau sangat dingin

13. Menggosok anggota wudhu agar lebih bersih

14. Menjaga agar percikan air tidak kembali kebadan

15. Tidak berbicara saat berwudhu

16. Bersiwak  atau menggosok-gosok gigi  selain orang  yang berpuasa  setelah tergelincirnya matahari

17. Membaca dua kalimat syahadat dan menghadap kiblat ketika berwudhu

18. Berdoa setelah selesai wudhu

اَشْهَدُ اَنْ لَااِلٰهَ اِلَّااللهُ وَحْدَهُ لَاشَرِيْكَ لَهٗ وَاَشْهَدُاَنَّ مُحَمَّدًاعَبْدُهٗ وَرَسُوْلُهٗ.اَللّٰهُمَّ اجْعَلْنِيْ مِنَ التَّوَّابِيْنَ وَاجْعَلْنِيْ مِنَ الْمُتَطَهِّرِيْنَ

Asyhadu allaa ilaaha illalloohu wahdahuu laa syariika lahu wa asyhadu anna muhammadan ‘abduhuuwa rosuuluhuu, alloohummaj’alnii minat tawwaabiina waj’alnii minal mutathohhiriina.

Artinya:"Aku bersaksi, tidak ada Tuhan selain Allah Yang Maha Esa, tidak ada sekutu bagi-Nya, dan aku mengaku bahwa Nabi Muhammad itu adalah hamba dan Utusan Allah. Ya Allah, jadikanlah aku dari golongan orang-orang yang bertaubat dan jadikanlah aku dari golongan orang-orang yang bersuci"

Baca juga : Niat wudhu dan doa setelah wudhu 

Demikianlah mengenai beberapa sunah-sunah wudhu yang semoga bisa bermanfaat dan dapat menyempurnakan wudhu yang kita kerjakan hal tersebut juga diajarkan oleh Rasulullah saw bahwa beliau selalu menyempurnakan wudhunya. Tapi jangan lupa kita harus memperhatikan dan tahu fardhunnya wudhu terlebih dahulu sebelum mengerjakan sunahnya wudhu.

0 Response to "Sunah-Sunah Wudhu Lengkap (Sebagai Penyempurna Wudhu)"

Post a Comment