Tata Cara Berdoa Agar Cepat Di Kabulkan Allah Swt

Doaharianislami.com - Berdoa merupakan cara kita memohon atau meminta kepada Allah Swt dalam hal kebaikan, seperti halnya meminta kesehatan, keselamatan, meminta rezeki yang halal, meminta petunjuk, dan meminta agar diberi ketabahan dalam menghadapi ujian kehidupan.

Tujuan kita berdoa tentu saja untuk memohon agar hidup kita selalu dalam bimbingan Allah Swt, meminta perlindungan dari godaan setan, memohon agar kita diberi keselamatan dunia akhirat, serta untuk mengungkapkan rasa syukur kita atas semua berkah dan rahmat yang semua Allah Swt berikan kepada kita. serta harapan dan keinginan kita lainnya.

Tata Cara Berdoa Agar Cepat Di Kabulkan Allah Swt

Namun seringkali kita berdoa hanya saat tertimpa musibah saja, seharusnya kita berdoa dalam kondisi apapun, baik ketika susah maupun senang, ketika dalam keadaan sehat maupun sakit, selama kita masih diberi kehidupan di dunia ini. Kita harus sadar bahwa kita sebagai manusia adalah makhluk ciptaan-Nya.

Ketika kita berdoa ada beberapa tata cara atau adabnya, supaya doa yang kita panjatkan di ijabah oleh Allah Swt. Untuk tata cara atau adab ketika berdoa sangatlah banyak, diantaranya adalah:

1. Memilih waktu dan keadaan yang tepat untuk berdo'a.
Untuk waktu dan keadaan yang mustajab untuk berdoa diantaranya adalah:
  1. Antara azan dan iqomat. 
  2. Menjelang waktu sholat dan setelah sholat
  3. Waktu sepertiga malam yang terakhir 
  4. Sepanjang hari Jum'at 
  5. Antara Dzuhur dan Ashar, serta Ashar dan Maghrib
  6. Ketika khatam membaca Al-Qur'an 
  7. Ketika turun hujan 
  8. Ketika melakukan Tawaf 
  9. Ketika menghadapi musuh dimedan perang.
  10. Dalam berdo’a sebaiknya di ulang 3 (tiga) kali.

2. Berdoalah dengan menghadap kiblat.
Tidak hanya ketika sedang sholat saja ketika sedang berdoa kita juga anjurkan untuk menghadap kiblat. Hal ini berdasarkan sebuah hadist."Rasulullah datang ketempat wuquf di Arafah dan ia menghadap kiblat lalu terus menerus berdo'a sehingga tenggelam matahari"

3. Sebelum berdoa membaca basmalah, istighfar dan hamdalah. Kemudian disusul dengan shalawat Nabi Muhammad Saw, keluarga dan sahabat-sahabatnya.
Salah seorang sahabat Nabi berkata : "Ketika Nabi Muhammad saw duduk dimasjid, tiba-tiba datang seorang laki-laki masuk, lalu ia shalat. Setelah selesai ia membaca doa,'Allahummaghfirlii warhamnii'. Maka waktu itu Rasulullah pun berkata, wahai kawan, engkau terburu-buru. Jika Engkau shalat, duduklah dahulu kemudian bacalah pujipujian kepada Allah. Karena dia yang memiliki pujian itu, lalu Engkau baca shalawat kepadaku kemudian baru berdo'a .Kemudian datang seorang yang lain setelah  shalat ia memuji Allah dan membaca shalawat untuk Nabi Muhammad saw. dan setelah itu Nabi bersabda, Berdo'alah akan dipenuhi."

4. Berdo'alah dengan bersunguh-sungguh, Ikhlas, dengan suara lembut dan rasa takut.
Firman Allah Swt:"Berserulah (Berdo'a) kepada Tuhanmu dengan merendahkan diri dan suara yang lembut. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orangorang yang melampaui batas. Dan janganlah engkau berbuat kerusakan dibumi sesudah (Allah SWT ) memperbaikinya, dan berdoalah kepada-Nya dengan rasa takut (tidak diterima) dan harap (akan dikabulkan). Sesungguhnya rahmat Allah amat dekat kepada orang-orang yang berbuat baik." (Q.S. Al A'raf : 55-56)

5. Harus yakin doa kita akan dipenuhi.
Ketika berdoa kita harus yakin dan berperasangka baik kepada Allah, seperti dalam sebuah hadist berikut ini : "Sesungguhnya Allah 'Azza wa Jalla berfirman : Aku akan mengikuti prasangka hamba-Ku kepada-Ku. Dan Aku selalu menyertainya apa bila ia berdoa kepadaKu".

Demikianlah mengenai bebera adab atau tata cara berdoa agar di kabulkan oleh Allah Swt, yang bisa di terapkan ketika sedang berdoa. berdoa bisa dilakukan kapanpun karena doa yang kita panjatkan pasti akan didengar-Nya. Allah Swt Berfirman "Berdo'alah kepadaKu, niscaya aku akan mengabulkan do'a kalian.". dan semoga bisa bermanfaat bagi pembaca. Aamiin

0 Response to "Tata Cara Berdoa Agar Cepat Di Kabulkan Allah Swt"

Post a Comment