Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Doa Sakit Gigi Yang Diajarkan Rasulullah Agar Cepat Sembuh

Doaharianislami - Ketika kita sedang sakit gigi yang dirasakan adalah nyeri dan ngilu terus menerus sepanjang hari terkadang sakitnya hilang lalu muncul lagi. terkadang kita juga merasakan gigi kita berdenyut-denyut yang membuat rasa sakitnya bertambah.

Bila sedang makan pun timbul rasa nyeri sehingga selera makan menjadi menurun. Tidak hanya itu, ketika tidur dan beraktivitas sehari-hari pun terganggu oleh rasa nyeri sakit gigi.

Yang harus kita lakukan saat sakit gigi tentu saja berusaha mengobatinya sesegera mungkin, jika perlu berobat ke dokter. seperti yang sudah kita ketahui segala penyakit pasti ada obatnya. Selain berusaha kita juga harus berdoa memohon kepada Allah Swt agar sakit gigi yang sedang diderita cepat diangkat dari tubuh kita.

Bacaan Doa Sakit Gigi Yang Diajarkan Rasulullah SAW

Ketika sedang sakit gigi dan gusi Rasullullah SAW menganjurkan untuk membaca doa, berikut hadist nya.

 ضَعْ يَدَكَ عَلَى الَّذِى تَأَلَّمَ مِنْ جَسَدِكَ وَقُلْ بِسْمِ اللهِ ,ثَلاَ ثًا .وَقُلْ سَبْعَ مَرَّاتٍ أَعُوذُ بِاللهِ وَقُدْرَ تِهِ مِنْ شَرِّ مَا أَجِدُ وَأُحَاذِرُ

Artinya: Letakkan tanganmu pada tempat yang sakit dan bacalah Bismillah tiga kali, lalu bacalah "Aku berlindung kepada Allah dan kekuasaanNya dari keburukan yang sedang aku rasakan dan yang aku khawatirkan." (HR. Muslim)

Baca juga: Kumpulan Doa Sehari-hari Lengkap dengan Artinya

Dalam Syarah Hisnul Muslim disebutkan Asbabul Wurud (penyebab atau peristiwa yang melatarbelakangi diungkapkannya hadist) hadist ini. Suatu hari ada seseorang sahabat Rasulullah saw yang datang mengeluhkan sakit pada anggota tubuhnya. Ia bernama Utsman bin Al Ash ra yang merasakan sakit sejak ia masuk islam.

Berdasarkan hadist diatas maka tata cara mengamalkannya adalah:
  • Menempelkan tangan di bagian gigi yang sakit
  • Membaca Basmallah (Bismillah) 3x
  • Kemudian membaca doa dibawah ini.

Berikut adalah bacaan doa ketika sakit gigi lengkap dengan latin dan artinya:

Doa sakit gigi lengkap dengan artinya

Doa Sakit Gigi

أَعُوذُ بِاللهِ وَقُدْرَتِهِ مِنْ شَرِّ مَا أَجِدُ وَأُحَاذِرُ
A'uudzu billaahi waqudrotihi min syarrimaa 'ajidu wa'uhaadziru

Artinya: "Aku berlindung kepada Allah dan kekuasaan-Nya dari keburukan yang sedang aku rasakan dan yang aku khawatirkan".

Baca juga : Doa memohon ampunan dosa untuk kedua orang tua

Itulah doa ketika sedang sakit gigi yang di ajarkan Rasulullah SAW, dengan membaca doa diatas semoga Allah SWT disembuhkan dari sakit gigi. Yang harus kita lakukan agar tidak terkena sakit gigi tentu saja harus merawat gigi kita salah satunya dengan rajin menggosok gigi, karena mencegah lebih baik dari pada mengobati.