Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Doa Menyambut Bulan Ramadhan Lengkap Dengan Artinya

Doa Menyambut Bulan Ramadhan - Bulan Ramadhan adalah bulan yang mulia,bulan yang suci, bulan yang penuh dengan keberkahan, bulan yang sangat dirindukan dan dinantikan kedatangannya oleh seluruh umat islam di dunia. karena bulan Ramadhan mempunyai banyak hikmah dan keutamaan yang telah Allah Swt janjikan kepada hamba-Nya.

Dengan datangnya bulan Ramadhan tentunya kita sebagai umat Islam menyambut bulan ini dengan penuh suka cita dan yang paling penting adalah mempersiapkan diri sebaik mungkin untuk menjalankan ibadah puasa Ramadhan dan meningkatkan amal ibadah lebih dari hari-hari biasanya disertai dengan kegiatan keagamaan lainnya, mengingat bulan ramadhan mempunyai banyak hikmah dan keutamaan didalamnya.

Menyambut Bulan Ramadhan

Oleh karena itu kita sebagai seorang muslim alangkah baiknya menyambut bulan suci Ramadhan dengan penuh rasa syukur dan berdoa kepada Allah Swt karena kita masih diberi umur panjang sehingga kita masih bisa bertemu dengan bulan ramadhan untuk menjalankan ibadah puasa dan memperbanyak amal ibadah. Untuk doa menyambut bulan suci ramadhan beserta tulisan latin dan artinya adalah sebagai berikut.

Baca juga: Kumpulan Doa Sehari-hari Lengkap dengan Artinya

Doa Menyambut Bulan Ramadhan

 اَللّٰهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِي رَجَبٍ وَشَعْبَانَ وَبَارِكْ لَنَا فِى رَمَضَانَ

Allaahumma baarik lanaa fii Rajabi wa Sya'baana, wa baarik lanaa fii Romadhoona

Artinya: "Ya Allah, berkahilah kami di bulan Rajab dan Sya'ban. serta berkahilah kami dalam bulan Ramadhan."

Doa menyambut bulan suci ramadhan diatas dibaca sejak bulan Rajab, diambil dari hadist riwayat Ahmad Nomor 2346 dan 2387, Selain membaca doa diatas kita juga bisa membaca doa dibawah ini.


اَللّٰهُمَّ سَلِّمْنـِي إِلَى رَمَضَانَ وَسَلِّمْ لِـي رَمَضَانَ وَتَسَلَّمْهُ مِنِي مُتَقَبَّلاً

Allaahumma sallimnii ilaa romadhoona wa sallim lii romadhoona wa tasallamhu miniii mutaqobbalaa

Artinya: "Ya Allah, antarkanlah aku hingga sampai Ramadhan, dan antarkanlah Ramadhan kepadaku, dan terimalah amal-amalku di bulan Ramadhan." (Latha-if al-Ma'arif, 148)

Baca juga: Niat puasa Ramadhan lengkap dengan doa berbukanya

Perlu diketahui sebenarnya tidak ada doa khusus untuk menyambut bulan Ramadhan yang diajarkan oleh Rasulullah Saw maupun para sahabat, akan tetapi para sahabat dan para ulama setelahnya menyambut bulan Ramadhan dengan penuh suka cita dan kegembiraan.

Mereka mengungkapkannya dengan kalimat-kalimat yang mengandung doa kebaikan dan harapan. Semoga bacaan doa menyambut bulan Ramadhan lengkap beserta terjemahnya diatas bisa bermanfaat bagi kita semua.