Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Niat Puasa Sunah Rajab dan Keutamaan Puasa Rajab

Niat Puasa Sunah Rajab dan Keutamaan Puasa Rajab - Bulan Rajab adalah bulan ketujuh dalam hitungan kalender Hijriyah dan termasuk salah satu bulan suci (haram), bulan yang dimuliakan beserta ketiga bulan lainnya yaitu Dzulqa'idah, Dzulhijah, dan Muharram.

Pada bulan ini nabi Muhammad Saw, melakukan perjalanan dari Masjidil Haram (Makkah) ke Masjidil Aqsha (Palestina) dan dari Masjidil Aqsho ke Sidratul Muntaha menghadap Allah Swt dengan mengendarai Buraq pada tanggal 27 di bulan Rajab. Peristiwa ini diberi nama dengan Isra Mi'raj yang merupakan perintah mengerjakan sholat wajib lima waktu yang diterima Rasulullah Saw ketika beliau Isra' dan Mi'raj.


Oleh karena itu bulan rajab dikenal oleh umat Islam sebagai bulan yang dimuliakan selain bulan Ramadhan. dengan begitu kita sebagai umat Islam alangkah baiknya memperbanyak amalan pada bulan Rajab, salah satunya adalah dengan menjalankan puasa sunah di bulan Rajab, mengingat begitu banyak keutamaan dan hikmah dibulan ini.

Puasa di bulan Rajab juga dianjurkan Pasalnya, kita sebagai umat muslim dianjurkan untuk berpuasa sunah pada bulan-bulan agung menurut agama. Berikut ini adalah lafadz niat puasa sunah Rajab beserta Artinya.

Baca juga: Kumpulan Doa Sehari-hari Lengkap dengan Artinya

Niat Puasa Sunnah Rajab

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ فِى شَهْرِ رَجَبِ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى

Nawaitu Sauma ghodin fii syahri rajabi sunnatan lillahi ta'aalaa

Artinya : "Saya niat puasa esok hari di bulan rajab sunah karena Allah Ta'ala"

Jika kita ingin menjalankan puasa Rajab di siang hari tetapi lupa atau tidak sempat membaca niat pada malam harinya, boleh menyusul mengucapkan niat puasa Rajab pada saat itu juga selama pada siang harinya kita belum makan, minum dan hal-hal lain yang membatalkan puasa sejak subuh. untuk lafadz niat puasa sunah Rajab di siang hari adalah sebagai berikut.

نَوَيْتُ صَوْمَ هَذَا اليَوْمِ عَنْ أَدَاءِ سُنَّةِ رَجَبَ ِللهِ تَعَالَى

Nawaitu shauma hadzaal yaumi 'an ada'i sunnati Rajaba lillahi ta'aalaa

Artinya: "Aku berniat puasa sunah Rajab hari ini karena Allah Ta'ala."

Dan tentunya puasa di  bulan Rajab mempunyai banyak keutamaan yang bisa menjadi kekuatan kita untuk menjalankannya. Berikut beberapa hadis yang menerangkan keutamaan puasa bulan Rajab.

Baca Juga : Bacaan Niat Qadha Puasa Ramadhan

Keutamaan Puasa Di Bulan Rajab

  • "Barang siapa berpuasa pada bulan Rajab sehari, maka laksana ia puasa selama sebulan, bila puasa 7 hari maka ditutuplah untuknya 7 pintu neraka Jahim, bila puasa 8 hari maka dibukakan untuknya 8 pintu surga, dan bila puasa 10 hari maka di gantilah dosa-dosanya dengan kebaikan."
  • Diriwayatkan bahwa apabila Rasulullah Saw memasuki bulan Rajab beliau berdo'a:"Ya, Allah berkahilah kami di bulan Rajab (ini) dan (juga) Sya'ban, dan sampaikanlah kami kepada bulan Ramadhan." (HR. Imam Ahmad, dari Anas bin Malik).
  • Riwayat Al-Thabarani dari Sa'id bin Rasyid: "Barangsiapa berpuasa sehari di bulan Rajab, maka ia laksana  berpuasa setahun, bila puasa 7 hari maka ditutuplah untuknya pintu-pintu neraka jahanam, bila puasa 8 hari dibukakan untuknya 8 pintu surga, bila puasa 10 hari, Allah akan mengabulkan semua permintaannya."
  • Riwayat (secara mursal) Abul Fath dari al-Hasan, Nabi Muhammad Saw bersabda: "Rajab itu bulannya Allah, Sya'ban bulanku, dan Ramadan bulannya umatku." 
  • "Sesungguhnya di surga terdapat sungai yang dinamakan Rajab, Airnya lebih putih dari pada susu dan rasanya lebih manis dari madu. Barangsiapa puasa sehari pada bulan Rajab, maka ia akan dikaruniai minum dari sungai tersebut".
  • Sabda Rasulullah Saw : "Pada malam mi'raj, saya melihat sebuah sungai yang airnya lebih manis dari madu, lebih sejuk dari air batu dan lebih harum dari minyak wangi, lalu saya bertanya pada Jibril as : "Wahai Jibril untuk siapakan sungai ini? "Maka berkata Jibril as: "Ya Muhammad sungai ini adalah untuk orang yang membaca solawat untuk engkau di bulan Rajab ini".

Demikianlah mengenai niat puasa sunah Rajab dan beberapa keutamaan berpuasa dibulan Rajab. dengan mengetahui keutamaan berpuasa di bulan rajab tentunya akan memantapkan hati kita dan menambah semangat untuk mengerjakan puasa sunah di bulan rajab dan memperbanyak ibadah dibulan tersebut.