Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bacaan Doa Untuk Menyambut Bayi Yang Baru Lahir

Doaharianislami.com - Kelahiran sang buah hati merupakan anugerah sekaligus amanah yang diberikan oleh Allah Swt kepada setiap orang tua. kehadirannya dimuka bumi sangat dinantikan oleh kedua orang tuanya, terutama ibunya yang merawat dia saat masih dalam kandungan sampai ia lahir dunia. dengan lahirnya sang buah hati juga merupakan salah satu penguat ikatan berumah tangga.

Doa Untuk Bayi Yang Baru Lahir

Saat bayi baru lahir kedunia di dalam ajaran islam kewajiban pertama kali orang tuanya yaitu mengumandangkan adzan dan melafalkan iqomat, dan sebaiknya dilakukan langsung oleh sang ayah atau wali laki-lakinya. mengumandangkan adzan di telinga kanan kemudian melafalkan iqamat ditelinga kirinya.

Hal tersebut bertujuan agar dengan kalimat yang ia dengar adalah kalimat Toyyibah, yaitu kalimat yang mengagungkan nama Allah Swt, bahwa Allah Swt adalah Maha Besar. si anak diingatkan terhadap kesaksian pertamanya saat ia masih didalam ruh ketika pertama kali diciptakan serta anak dituntun untuk bersyahadat.

Baca juga: Bacaan Doa Untuk Kedua Orang Tua Lengkap dengan Artinya

Doa Untuk Bayi Yang Baru Lahir

Setelah mengumandangankan adzan dan melafalkan iqomat pada sang bayi dilanjutkan dengan membaca doa berikut ini.

اَللّٰهُمَّ اجْعَلْهُ بَارًّا تَقِيًّا رَشِيْدًا وَأَنْبِتْهُ فِي الْإِسْلَامِ نَبَاتًا حَسَنًا

Allaahummaj 'alhu baarran taqiyyan rasyiidan wa-anbit-hu fil islaami nabaatan hasanan

Artinya : "Ya Allah, jadikanlah ia (bayi) orang yang baik, bertakwa, dan cerdas. Tumbuhkanlah ia dalam islam dengan pertumbuhan yang baik."

Setelah membaca doa diatas dilanjutkan dengan membaca surat Al-Ikhlas ditelinga bayi sebelah kanan,dilanjutkan dengan membaca surat Al-Qadr pada telinga bayi sebelah kanan. setelah itu membaca Q.S Ali-Imran ayat 36 ditelinga bayi sebelah kanan.

وَإِنّي أُعِيذُهَا بِكَ وَذُرِّيَّتَهَا مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيمِ

Wa innii u'iidzu bika wadzurriyyatahaa minasysyaithaanir rajiim

Artinya : "Aku memohon perlindungan untuknya serta anak-anak keturunannya kepada (pemeliharaan) Engkau dari pada setan yang terkutuk." (QS Ali Imran :36)

Seletah membaca ayat diatas dilanjutkan dengan membaca doa dibawah ini pada telinga bayi sebelah kanan.

أَعُوذُ بِكَلِمَاتِ اللهِ التَّآمَّةِ مِنْ كُلِّ شَيْطَانٍ وَهَآمَّةٍ وَمِنْ كُلِّ عَيْنٍ لَآمَّةٍ

A'uudzu bikalimatillaahi at-taammati min kulli syaithaanin wa haammatin wamin kulli 'ainin lâmmatin

Artinya : "Aku berlindung dengan kalimat-kalimat Allah dari segala setan, kesusahan, dan pandangan yang jahat."

Baca juga: Kumpulan bacaan doa sehari-hari lengkap dengan artinya

Demikianlah mengenai bacaan doa untuk bayi yang baru lahir. dengan membaca doa tersebut semoga Allah menjadikan bayi tersebut tumbuh menjadi anak yang shaleh, bertakwa, cerdas serta di berikan kesehatan baik jasmani maupun rohaninya.