Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Doa Untuk Pengantin Baru Dalam Pernikahan Islam

Doa Untuk Pengantin Baru - Pernikahan merupakan ikatan lahir batin seorang laki-laki dan perempuan sebagai suami istri dengan tujuan membentuk keluarga yang sakinah, mawadah dan warohmah. Nikah juga merupakan fitrah seorang laki-laki dengan seorang perempuan sebagai makhluk ciptaan Allah Swt. Untuk menjalani kehidupan berumah tangga berdasarkan tuntunan agama.

Dengan melakukan pernikahan akan menghalalkan hubungan badaniyah sebagaimana suami istri yang sah dan mengandung syarat-syarat serta rukun yang ditentukan dalam syariat agama Islam. Nikah juga merupakan hal yang sangat penting dalam kehidupan manusia dan bermanfaat bagi kemaslahatan umum.

Karena dengan menikah laki-laki dan perempuan dapat mengatur rumah tangga dengan baik dan nasib anak-anaknya pun mendapat perhatian penuh, maka dari itulah nikah diperintahkan dalam agama Islam.

Doa Untuk Pengantin Baru

Tujuan pernikahan tentunya untuk membina keluarga dan mendapatkan keturunan yang sah sesuai norma agama dan masyarakat, mendapatkan kebahagiaan di dunia dan di akhirat. Menikah juga dapat membentengi diri dari perbuatan maksiat, mendapatkan rasa kasih sayang antar sesama dan mengikuti sunnah Rasul.

Dengan menikah maka akan memperluas tali persaudaraan karena mempersatukan keluarga dari pihak laki-laki dengan keluarga dari pihak perempuan. Selain itu juga, orang yang sudah berkeluarga akan dilipat gandakan pahala amalnya jika dibandingkan dengan yang belum menikah.

Agar tujuan tersebut tercapai oleh orang yang baru menikah atau pengantin baru. Selain mengucapkan selamat kepada kedua mempelai, Alangkah baiknya kita sebagai keluarga, kerabat, saudara dan teman saat menghadiri sebuah pernikahan mendoakannya. Berikut ini merupakan doa untuk orang yang baru menikah atau pengantin baru lengkap dengan artinya.

Doa Untuk Pengantin Baru

بَارَكَ اللهُ لَكَ وَبَارَكَ عَلَيْكَ وَجَمَعَ بَيْنَكُمَا فِيْ خَيْرٍ

Barakallahu laka, wa baraka 'alaika wa jama'a bainakuma fii khair.

Artinya: "Mudah-mudahan Allah memberkahimu, baik ketika senang maupun susah dan selalu mengumpulkan kamu berdua pada kebaikan." (HR. Abu Dawud)

Doa diatas merupakan doa yang diajarkan Rasulullah Saw kepada kita selaku umat Islam. Maksud doa tersebut agar kedua mempelai saat menjalani kehidupan berumah tangga mendapatkan berkah saat dalam keadaan susah maupun senang dan selalu dijalan kebaikan.

Baca juga: Doa Untuk Kedua Orang Tua Lengkap Beserta Latin Dan Terjemahnya

Doa-Doa Untuk Pengantin Yang Lainnya

Selain mengucapkan doa diatas ada doa lainnya yang dianjurkan saat menyantap hidangan di acara pernikahan. Berikut adalah bacaan doanya.

اَللّٰهُمَّ اغْفِرْ لَهُمْ، وَارْحَمْهُمْ، وَبَاِرِكْ لَهُمْ فِيْمَا رَزَقْتَهُمْ

Artinya : "Ya Allah, ampunilah mereka, sayangilah mereka dan berkahilah mereka pada apa-apa yang Engkau karuniakan kepada mereka." (HR. Ahmad)

Dalam hadits lain yang diriwayatkan Imam Muslim. Meriwayatkan dengan lafadz

اَللّٰهُمَّ بَارِكْ لَهُمْ فِيْمَا رَزَقْتَهُمْ، وَاغْفِرْ لَهُمْ، وَارْحَمْهُمْ

Artinya : "Ya Allah, berkahilah apa-apa yang Engkau karuniakan kepada mereka, Ampunilah mereka dan sayangilah mereka." (HR. Muslim).

Bisa Juga dengan Lafadz Berikut ini.

اَللّٰهُمَّ أَطْعِمْ مَنْ أَطْعَمَنِيْ، وَاسْقِ مَنْ سَقَانِيْ

Artinya: "Ya Allah, berikanlah makan kepada orang yang memberi makan kepadaku, dan berikanlah minum kepada orang yang memberi minum kepadaku."

Bisa juga dengan lafadz doa berikut ini

أَفْطَرَ عِنْدَكُمُ الصَّائِمُوْنَ، وَأَكَلَ طَعَامَكُمُ اْلأَبْرَارُ، وَصَلَّتْ عَلَيْكُمُ الْمَلاَئِكَةُ

Artinya: "Telah berbuka di sisi kalian orang-orang yang berpuasa, dan telah menyantap makanan kalian orang-orang yang baik, dan para Malaikat telah mendoakan kalian."

Baca Juga : Kumpulan Doa Sehari-hari Lengkap Dalam Bahasa Arab Latin dan Artinya

Demikianlah mengenai Bacaan doa untuk pengantin baru dalam Islam beserta doa-doa lainnya dalam pernikahan. Semoga doa-doa diatas bisa bermanfaat dan membawa kebaikan bagi kita semua.