Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Doa-Doa Seputar Pelaksanaan Aqiqah Lengkap dengan Artinya

Doaharianislami.com - Doa seputar pelaksanaan Aqiqah (walimatul aqiqah) penting diketahui bagi para orang tua ketika akan melaksanakan aqiqah untuk anaknya. Dalam pelaksanaan aqiqah terdapat beberapa doa yang hendaknya dibaca seperti doa ketika menyembelih hewan Aqiqah, doa ketika mencukur bayi, doa ketika meniup ubun-ubun bayi setelah dicukur dan doa Walimatul Aqiqah.

Aqiqah merupakan sunah Rasul sebagai penebusan seorang anak dengan cara menyembelih hewan. Aqiqah adalah menyembelih hewan tertentu berhubungan dengan kelahiran anak, sesuai dengan ketentuan syariat. Sedangkan menurut bahasa Aqiqah artinya bulu atau rambut anak yang baru lahir.

Doa-Doa Seputar Pelaksanaan Aqiqah Lengkap Dengan Artinya

Bacaan Doa Seputar Pelaksanaan Aqiqah

Waktu Pelaksanaan Aqiqah

Aqiqah dilaksanakan pada hari ke 7 kelahiran anak, baik itu anak laki-laki atau perempuan. Pada saat itu pula si anak dipotong rambutnya, diberi nama dan disembelihkan hewan Aqiqah yaitu berupa kambing atau domba. Jumlah hewan Aqiqah yang disembelih untuk anak laki-laki yaitu dua ekor kambing atau domba sedangkan untuk anak perempuan satu ekor kambing atau domba.

Apabila pada hari itu belum bisa atau mampu melaksanakan aqiqah, boleh dilakukan kapan saja dikemudian hari asalkan belum baligh (dewasa). Jika anak itu telah baligh dan aqiqahnya belum dilakukan maka sunnah anak itu sendiri yang melaksanakannya.


Syarat-syarat hewan yang dipotong untuk Aqiqah sama seperti hewan yang dipotong untuk berkurban. Yang membedakannya hanya saat menyedekahkannya. Apabila pada daging kurban disunnahkan untuk disedekahkan sebelum dimasak, sedangkan pada aqiqah disunnahkan untuk menyedekahkan sesudah daging itu dimasak.

Hadits Mengenai Hukum Aqiqah

Seperti yang sudah disebutkan diatas hukum Aqiqah adalah sunnah. Rasulullah Saw bersabda :

الْغُلاَمُ مُرْتَهَنٌ بِعَقِيْقَتِهِ تُذْبَحُ عَنْهُ يَوْمَ اْلسَّابِعِ وَيُحْلَقُ رَأْسَهُ وَيُسَمَّى

Artinya : "Anak itu tergadai dengan aqiqahnya yang disembelih untuk dia ketika hari ketujuh dan dicukur rambutnya lalu diberi nama." (HR Ahmad dan Tirmidzi)

Hadist Mengenai Hewan Aqiqah

Berikut ini hadits yang menjelaskan jumlah hewan yang disembelih untuk anak laki-laki 2 ekor kambing dan anak perempuan 1 ekor kambing. Dari 'Aisyah ra. Rasulullah Saw bersabda:

اَنَّ رَسُوْلَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ اَمَرَهُمْ عَنِ اْلغُلاَمِ شَاتَانِ مُكَافِئَتَانِ وَ عَنِ اْلجَارِيَةِ شَاةٌ

Artinya : "Bahwasanya Rasulullah Saw, memerintahkan orang-orang agar menyembelih aqiqah untuk anak laki-laki dua ekor kambing yang umurnya sama, dan untuk anak perempuan satu ekor kambing." (HR Tirmidzi)

Kedua hadits diatas menjelaskan mengenai waktu pelaksanaan Aqiqah yaitu pada hari ketujuh semenjak bayi itu lahir, dibarengi dengan mencukur rambut si bayi dan pada saat itu pula bayi diberi nama. Serta jumlah hewan Aqiqah antara bayi laki-laki dan perempuan.

Doa Saat Pelaksanaan Aqiqah

Berikut ini merupakan doa-doa seputar pelaksanaan aqiqah lengkap dengan artinya.

1. Doa Memotong Hewan Aqiqah

Doa memotong hewan aqiqah dan artinya

بِسْمِ اللهِ وَاللهُ أَكْبَرُ اَللّٰهُمَّ مِنْكَ وَلَكَ اَللّٰهُمَّ تَقَبَّلْ مِنِّي هَذِهِ عَقِيْقَةُ

Bismillaahiwallaahu Akbar. Allahumma minka wa laka. Allahumma taqabbal minni. Hadzihi 'aqiqatu… (Sebutkan Nama Bayi)

Artinya : "Dengan menyebut asma Allah. Allah Maha Besar. Ya Allah, dari dan untuk-Mu. Ya Allah, terimalah dari kami. Inilah aqiqahnya … (Sebutkan Nama Bayi)."

 Bisa juga membaca doa memotong hewan Aqiqah berikut ini:

اَللّٰهُمَّ اَنْ هٰذِهِ عَقِيْقَةُ فُلَانِ ابْنِ فُلَانٍ اَللّٰهُمَّ اجْعَلْهَا فِدَاءً لِفُلَانِ ابْنِ فُلَانٍ مِنَ النَّارِ

Artinya : "Dengan nama Allah yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Ya Allah ini aqiqah fulan bin fulan . Ya Allah semoga aqiqah ini Engkau jadikan sebagai tebusan bagi fulan (agar terhindar) dari siksaan api neraka."

2. Doa Ketika Mencukur Rambut Bayi Saat Aqiqah

Doa mencukur rambut bayi saat aqiqah dan artinya

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ أَلْحَمْدُ لِلّٰهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ أَللّٰهُمَّ نُوْرُ السَّمَاوَاتِ وَنُوْرُالشَّمْسِ وَالْقَمَرِ، اَللّٰهُمَّ سِرُّ اللهِ نُوْرُ النُّبُوَّةِ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهِ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَالْحَمْدُ لِلّٰهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ

Bismillaahirrahmaanirrahiim. Alhamdulillaahi rabbil 'alamiin. Allaahumma nuurus samaawaati wa nuurusy syamsyi wal qamari, Allaahumma sirrullaahi nuurun nubuwwati rasulullaahi shallallaahu 'alaihi wasallam walhamdulillaahi Rabbil 'alamin.

Artinya : "Dengan menyebut asma Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam, Ya Allah, cahaya langit, matahari dan rembulan. Ya Allah, rahasia Allah, cahaya kenabian, Rasulullah Saw, dan segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam."

3. Doa Saat Meniup Ubun-ubun Bayi

Doa Meniup Ubun-ubun Bayi Saat Aqiqah dan artinya

اَللّٰهُمَّ إِنِّي أُعِيْذُهَا بِكَ وَذُرِّ يَّتَهَا مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيْمِ

Allahumma innii u'iidzuhaa bika wa dzurriyyatahaa minasy syaithaanir rajiim

Artinya : "Ya Allah, sesungguhnya aku memohon perlindungan untuk dia dan keluarganya dari setan yang terkutuk."

4. Doa Walimatul Aqiqah

Doa walimatul aqiqah lengkap dengan latin dan artinya

اَللّٰهُمَّ احْفَظْهُ مِنْ شَرِّالْجِنِّ وَالْإِنْسِ وَأُمِّ الصِّبْيَانِ وَمِنْ جَمِيْعِ السَّيِّئَاتِ وَالْعِصْيَانِ وَاحْرِسْهُ بِحَضَانَتِكَ وَكَفَالَتِكَ الْمَحْمُوْدَةِ وَبِدَوَامِ عِنَايَتِكَ وَرِعَايَتِكَ أَلنَّافِذَةِ نُقَدِّمُ بِهَاعَلَى الْقِيَامِ بِمَا كَلَّفْتَنَا مِنْ حُقُوْقِ رُبُوْبِيَّتِكَ الْكَرِيْمَةِ نَدَبْتَنَا إِلَيْهِ فِيْمَا بَيْنَنَا وَبَيْنَ خَلْقِكَ مِنْ مَكَارِمِ الْأَخْلَاقِ وَأَطْيَبُ مَا فَضَّلْتَنَا مِنَ الْأَرْزَاقِ اَللّٰهُمَّ اجْعَلْنَا وَ إِيَّاهُمْ مِنْ أَهْلِ الْعِلْمِ وَأَهْلِ الْخَيْرِ وَأَهْلِ الْقُرْآنِ وَلَاتَجْعَلْنَا وَ إِيَّاهُمْ مِنْ أَهْلِ الشَّرِ وَالضَّيْرِ وَالظُّلْمِ وَالطُّغْيَانِ

Allaahummahfadzhu min syarril jinni wal insi wa ummish shibyaani wa min jamiiais sayyiaati wal 'ishyaani wahrishu bihadlaanatika wa kafaalatika al-mahmuudati wa bidawaami 'inaayatika wa ri'aayatika an-nafiidzati nuqaddimu bihaa 'alal qiyaami bimaa kalaftanaa min huquuqi rububiyyaatika al-kariimati nadabtanaa ilaihi fîmaa bainanaa wa baina khalqika min makaarimil akhlaaqi wa athyabu maa fadldlaltanaa minal arzaaqi. Allaahummaj'alnaa wa iyyaahum min ahlil 'ilmi wa ahlil khairi wa ahlil qur'aani wa laa taj'alnaa wa iyyaahum min ahlisy syarri wadl dloiri wadz dzolami waththughyaani.

Artinya : "Ya Allah, jagalah dia (bayi) dari kejelekan jin, manusia ummi shibyan, serta segala kejelekan dan maksiat. Jagalah dia dengan penjagaan dan tanggungan-Mu yang terpuji, dengan perawatan dan perlindunganmu yang lestari. Dengan hal tersebut aku mampu melaksanakan apa yang Kau bebankan padaku, dari hak-hak ketuhanan yang mulia. Hiasi dia dengan apa yang ada diantara kami dan makhluk-Mu, yakni akhlak mulia dan anugerah yang paling indah. Ya Allah, jadikan kami dan mereka sebagai ahli ilmu, ahli kebaikan, dan ahli Al-Qur'an. Jangan kau jadikan kami dan mereka sebagai ahli kejelekan, keburukan, aniaya, dan tercela."

Referensi doa : http://www.nu.or.id/post/read/83091/doa-doa-seputar-aqiqah

Baca juga : Doa Dan Tata Cara Menyembelih Hewan Menurut Syariat Islam

Itulah mengenai kumpulan doa-doa seputar pelaksanaan Aqiqah beserta terjemahannya yang bisa diamalkan saat melaksanakan aqiqah. Aqiqah mempunyai manfaat dan fungsi yang cukup besar dalam kehidupan.
Seperti sebagai ungkapan rasa tanggung jawab atas amanah yang diberikan Allah SWT, berupa anak agar dapat mendidik dan memeliharanya dengan penuh tanggung jawab, Tanda Syukur kepada Allah SWT karena telah dikaruniai anak, Meningkatkan nilai-nilai sosial seperti silaturahmi, Di sedekahkannya daging aqiqah kepada tetangga dan masyarakat berarti ikut membantu mereka.