Bacaan Niat Puasa Nazar Lengkap Dengan Latin dan Artinya

Doaharianislami.com - Nazar pada dasarnya tidak terbatas pada puasa saja, akan tetapi bisa juga dalam segala hal dalam kehidupan manusia. Nazar tentunya hanya untuk hal-hal yang baik saja, apabila nazar melakukan hal-hal buruk, tercela dan yang melanggar perintah Allah SWT sangat tidak boleh dilakukan.

Nazar merupakan janji seseorang untuk melakukan sesuatu hal apabila tujuan tercapai. Sedangkan menurut istilah nazar merupakan suatu penetapan yang mewajibkan untuk melakukan sesuatu. Karena hal tersebut berkaitan dengan janji atau ikrar, baik yang lakukan untuk dirinya sendiri atau untuk orang lain, maka hal tersebut menjadi wajib hukumnya untuk melaksanakan janji tersebut.

Apa itu puasa nazar?

Puasa Nazar adalah puasa yang wajib dilakukan oleh seseorang karena nazar atau janji yang dilakukan. Jadi jika nazar atau janjinya terpenuhi ia wajib berpuasa, tetapi jika janji atau nazarnya tidak terpenuhi maka tidak wajib berpuasa. Misalnya seseorang yang sedang sakit parah bernazar apabila sembuh dari sakitnya ia akan puasa selama tiga hari. Dan tak lama kemudian ia sembuh dari sakitnya dan sehat kembali, maka ia wajib melaksanakannya nazarnya itu. Atau contoh lainnya seorang siswa bernazar apabila lulus ujian dengan nilai yang bagus ia akan berpuasa 2 hari. Setelah menerima hasil ujian ternyata ia mendapat nilai yang bagus. Maka ia wajib juga melaksanakan nazarnya.

Baca juga : Bacaan Niat Qadha Puasa Ramadhan Lengkap Beserta Latin Dan Terjemahnya

Hal tersebut sesuai dengan hadist berikut ini:

وَعَنْ عُمَرَرَضِيَ اللهُ عَنْهُ قَالَ: قُلْتُ يَارَسُوْلَ اللهِ اِنِّى نَذَرْتُ فِى الْجَاهِلِيَّةِ اَنْ اِعْتَكَفَ لَيْلَةً فِى الْمَسْجِدِ الْحَرَامِ، قَالَ: فَاَوْفِ بِنَذَرْكَ

Artinya: Dari Umar ra, ia berkata, "Ya Rasulullah, sesungguhnya saya bernazar pada masa jahiliyah akan beriktikaf semalam di Masjidil haram." Beliau bersabda, "Penuhilah nazarmu". (H.R Muttafaq 'Alaih)

Niat Puasa Nazar

Mengerjakan puasa nazar sama dengan melaksanakan puasa-puasa lainnya, baik itu puasa wajib maupun puasa sunah.Yang membedakan hanya niatnya yaitu untuk melakukan puasa nazar. Puasa nazar dapat dikerjakan dengan cara berniat untuk menjalankan puasa sebagai pelaksanaan dari sesuatu yang dijanjikan atau di nazarkan sebelumnya. Berikut ini lafadz niat puasa nazar lengkap dengan latin dan artinya:

Bacaan Niat Puasa Nazar

نَوَيْتُ صَوْمَ النَّذَرِ لِلّٰهِ تَعَالىَ

Nawaitu shauman nadzari lillaahi ta'aalaa

Artinya : "Aku niat puasa nazar alasannya yaitu Tuhan Ta'ala"

Baca juga : Bacaan Niat Puasa Sunah Senin Kamis Lengkap Beserta Latin Dan Artinya

Demikianlah mengenai niat puasa nazar dan sedikit penjelasan mengenai apa itu nazar dan puasa nazar. Puasa nazar biasanya dilakukan ketika seseorang telah berhasil dan sampai pada sesuatu yang menjadi keinginan, cita-cita, atau sebab yang telah diwujudkan. Selanjutnya Puasa nazar juga dilakukan sebagai rasa syukur atas nikmat yang telah Allah SWT berikan kepada kita.

0 Response to "Bacaan Niat Puasa Nazar Lengkap Dengan Latin dan Artinya"

Post a Comment