Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bacaan Niat Mandi Hari Raya Idul Fitri Dan Idul Adha Beserta Artinya

Doa Niat Mandi Hari Raya - Semua umat Islam di seluruh Dunia pasti bersuka cita menyambut datangnya hari raya Idul Fitri dan Idul Adha. Dan pada pagi harinya kita sebagai umat islam menjalankan sholat Idul Fitri maupun Idul Adha.
Niat Mandi Hari Raya Idul Adha

Sebelum melaksanakan sholat tersebut kita di anjurkan untuk mandi. yaitu mandi sunah sebelum melaksanakan sholat idul fitri dan idul adha. Berikut ini merupakan hadist tentang anjuran mandi sebelum melaksanakan sholat hari raya.

عَنْ الفَا كِهِ بْنِ سَعْدٍ أَنَّ النَّبِّىَ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ يَغْتَسِلُ يَوْمَ الْجُمُعَةِ وَيَوْمَ عَرَفَةَ وَيَوْمَ الْفِطْرِ وَيَوْمَ النَّحْرِ
Artinya: "Dari Fakih bin Sa'ad, Bahwa sanya Nabi Saw, mandi pada hari Jum'at, hari Arafah, hari raya Fitri dan pada hari raya Haji." ( H.R Abdullah bin Ahmad )

Dari hadist diatas diterangkan bahwa Rasulullah saw, Mandi pada hari Jum'at, hari Arafah, hari raya Idul Fitri dan Pada hari raya Idul Adha. dan berikut ini merupakan hadist lain yang artinya: Dari Ali bin Abi Thalib, "Seseorang pernah bertanya pada Ali radhiyallahu 'anhu mengenai mandi. Ali menjawab, "Mandilah setiap hari jika kamu mau." Orang tadi berkata, "Bukan. Maksudku, manakah mandi yang dianjurkan?" Ali menjawab, "Mandi pada hari Jum'at, hari Arafah, hari Idul Adha dan Idul Fitri."

(HR. Al Baihaqi 3/278. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa sanad hadits ini shahih. Lihat Al Irwa: 1/177)

Baca juga: Kumpulan doa sehari-hari islami lengkap

Dari kedua hadist diatas sudah dijelaskan. bahwa sebelum melaksanakan sholat dua hari raya adalah sunah dan dianjurkan oleh rasulullah Saw, baik itu hari raya idul Fitri maupun hari raya idul Adha. dan untuk bacaan niat atau doanya adalah sebagai berikut.

Niat Mandi Hari Raya Idul Fitri

نَوَيْتُ الْغُسْلَ لِيَوْمِ عِيْدِ الْفِطْرِ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى

Nawaitul ghusla liyaumi 'iiedil fithri sunnatan lillaahi ta'alaa

Artinya : "Sengaja saya mandi pada hari Raya Idul Fitri Sunnah karena Allah Ta'ala"

Lafadz niat diatas, dibaca ketika hendak mandi sebelum melaksanakan sholat idul Fitri untuk Niat mandi sebelum melaksanakan sholat Idul Adha adalah sebagai berikut

Niat Mandi Hari Raya Idul Adha

نَوَيْتُ الْغُسْلَ لِيَوْمِ عِيْدِ اْلاَضْحَى سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى

Nawaitul ghusla liyaumi 'iiedil adhaa sunnatan lillaahi ta'alaa

Artinya: "Sengaja saya mandi pada hari Raya Idul Adha Sunnah karena Allah Ta'ala"

Baca juga : Doa niat mandi hari jum'at lengkap dengan artinya

Demikianlah mengenai niat mandi sebelum melaksanakan sholat idul Fitri dan idul Adha beserta latin dan terjemahnya. Jangan lupa sebelum kita melaksanakan sholat idul fitri dan idul adha disunnahkan untuk mandi dan membaca niat mandi pada hari raya diatas. tinggal disesuaikan dengan hari raya idul fitri atau hari raya idul adha.