-->
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Niat Dan Doa Setelah Shalat Istikharah Lengkap dengan Artinya

Doaharianislami.com - Sebelum mengerjakan shalat istikharah ketahui terlebih dahulu penjelasan mengenai shalat istikharah seperti niat shalat, tata cara mengerjakan, waktu mengerjakan dan doa Istikhrah. Berikut ulasan lengkapnya.

Niat Dan Doa Setelah Shalat Istikharah Lengkap Beserta Terjemahnya

Sholat istikharah adalah sholat sunah dua rakaat yang dikerjakan untuk memohon petunjuk kepada Allah SWT ketentuan pilihan yang baik di antara beberapa hal yang belum bisa ditentukan baik buruknya. Yakni apabila seseorang berhajat dan bercita-cita akan mengerjakan suatu hal sedang dirinya ragu-ragu dalam pekerjaan atau maksud itu, apakah dilanjutkan atau tidak.

Maka untuk memilih salah satu dari beberapa hal perlu diteruskan atau tidak, disunahkan untuk mengerjakan shalat istikharah. Baik dalam hal jodoh, pekerjaan, rencana maupun perkara-perkara lainnya.

Nabi Muhammad Saw bersabda yang Artinya: "Jika salah seorang diantara kalian berniat dalam suatu urusan maka lakukanlah Shalat sunah dua raka'at yang bukan sholat wajib, kemudian berdoalah meminta kepada Allah" (H.R Bukhari)

Niat Sholat Istikharah

Niat Sholat Istikharah lengkap dengan artinya

Seperti halnya sholat pada umumnya, sebelum mengerjakan sholat berniat terlebih dahulu, yaitu niat mengerjakan sholat istikharah. Berikut adalah lafadz niat sholat sunah Istikharah beserta latin dan terjemahnya.

اُصَلِّى سُنَّةَ الْاِسْتِخَارَةِ رَكْعَتَيْنِ لِلّٰهِ تَعَالَى

Ushollii sunnatal istikhaarati rak'ataini lillaahi ta'aala

Artinya: "Saya niat shalat sunnat istikharah dua rakaat karena Allah ta'ala."

Setelah membaca niat membaca surat Al-Fatihah, setelah membaca Al-Fatihah diutamakan membaca surat Al-Kafirun dan diraka'at yang kedua membaca surat Al-Fatihah lalu membaca surat Al-Ikhlas. kemudian setelah selesai mengerjakan sholat istikarah diiringi dengan membaca dzikir dan wirid, dilanjutkan dengan membaca doa setelah sholat Istikharah.

Waktu Mengerjakan Sholat Istikharah

Untuk waktu mengerjakan sholat sunah istikharah bisa dilakukan kapan saja baik siang maupun malam hari, sedangkan waktu yang paling utama yaitu sepertiga malam setelah isya. Karena pada malam hari kita dapat mengerjakan sholat Istikharah dengan khusyu.

Tata Cara mengerjakan Shalat Istikharah

Cara mengerjakan sholat Istikharah sama seperti sholat pada umumnya, yang membedakan hanya pada niatnya. Fiqih Sunnah karya Sayyid Sabiq menjelaskan, sholat istikharah boleh berupa sholat sunah apa saja. Baik sholat sunah rawatib, sholat sunah tahiyatul masjid, maupun sholat sunah lainnya.

Menurut Syaikh Wahbah disunnahkan membaca surat Al-Kafirun setelah membaca surat Al Fatihah pada rakaat pertama. Setelah itu membaca surat Al-Ikhlas setelah membaca surat Al Fatihah pada rakaat kedua.

Berikut tata cara  mengerjakan sholat istikharah:

1. Niat

2. Takbiratul ihram, diikuti dengan doa iftitah

3. Membaca surat Al Fatihah

4. Membaca surat dari Alquran, diutamakan Surat Al Kafirun

5. Ruku’ dengan tuma’ninah

6. I’tidal dengan tuma’ninah

7. Sujud dengan tuma’ninah

8. Duduk di antara dua sujud dengan tuma’ninah

9. Sujud kedua dengan tuma’ninah

10. Berdiri lagi untuk menunaikan rakaat kedua

11. Membaca surat Al Fatihah

12. Membaca surat dari Alquran, diutamakan Surat Al Ikhlas

13. Ruku' dengan tuma'ninah

14. I'tidal dengan tuma'ninah

15. Sujud dengan tuma'ninah

16. Duduk di antara dua sujud dengan tuma'ninah

17. Sujud kedua dengan tuma'ninah

18. Tahiyat akhir dengan tuma'ninah

19. Salam


Apabila sudah selesai mengerjakan shalat istikharah kemudian berdoa dengan doa istikharah dan setelah berdoa hendaklah memilih mana kecenderungan hati diantara dua hal itu. Berikut doa Istikharah lengkap dengan artinya.

Doa Setelah Sholat Itikharah

اَللّٰهُمَّ اِنِّى اَسْتَخِيْرُكَ بِعِلْمِكَ وَاَسْتَقْدِرُكَ بِقُدْرَتِكَ وَاَسْئَلُكَ مِنْ فَضْلِكَ الْعَظِيْمِ. فَاِنَّكَ تَقْدِرُ وَلَآاَقْدِرُ وَلَآاَعْلَمُ وَاَنْتَ عَلاَّمُ الْغُيُوْبِ. اَللّٰهُمَّ اِنْ كُنْتَ تَعْلَمُ اَنَّ هَذَااْلاَمْرَ(...)خَيْرٌلِّىْ فِىْ دِيْنِىْ وَمَعَاشِىْ فَاقْدُرْهُ لِىْ وَيَسِّرْهُ لِىْ ثُمَّ بَارِكْ لِىْ فِيْهِ وَاِنْ كُنْتَ تَعْلَمُ اَنَّ هذَااْلاَمْرَشَرٌّلِّىْ فِىْ دِيْنِىْ وَمَعَاشِىْ وَعَاقِبَةِ اَمْرِىْ وَعَاجِلِهِ وَآجِلِهِ فَاصْرِفْهُ عَنِّىْ وَاصْرِفْنِيْ عَنْهُ وَاقْدُرْهُ لِيَ الْخَيْرَحَيْثُ كَانَ ثُمَّ رَضِّنِىْ بِهِ

Allaahumma inni astakhiiruka bi'ilmika wa astaqdiruka biqudratika wa as aluka min fadlikal 'aziimi fa innaka taqdiru wa laa aqdiru wa laa a'lamu wa anta 'allaamul guyuub.

Allaahumma in kunta ta'lamu anna haadzal amro (.....) khairul lii fii diinii wa ma'aasyi faqdurhu lii wa yassirhu lii tsumma baarik lii fii hi wa in kunta ta'lamu anna haadzal amro syarrun lii fii diinii wa ma'aasyii wa 'aaqibati amrii wa 'aajlihii fashrifhu 'annii wasrifnii 'anhu waqdurhu liyal-khaira haitsu kaana tsumma rodh-dhinii bihi.

Artinya: "Ya Allah sesungguhnya aku memohon petunjuk dari ilmu-Mu, memohon kekuatan dari kekuasaan-Mu, dan memohon karunia-Mu yang besar, karena sesungguhnya aku tidak kuasa sedang Engkau kuasa, dan aku tidak mengetahui sedang Engkau Maha Mengetahui semua yang gaib.

Ya Allah jika Engkau mengetahui bahwa urusan ini ( sebut keperluanya ) baik bagiku, agama dan kehidupanku, maka tetapkan dan mudahkanlah ia bagiku kemudian berkatilah aku, dan jika Engkau mengetahui bahwa urusan ini buruk bagiku, bagi agama dan kehidupanku serta akibat dari urusanku, baik untuk masa sekarang maupun untuk masa mendatang, maka hindarkanlah ia dariku dan hindarkanlah pula diriku darinya, dan tetapkanlah hal yang terbaik bagiku menurut semestinya, kemudian ridhailah aku."


Demikianlah mengenai lafadz niat sholat sunah Istikharah lengkap dengan artinya. Dengan mengerjakan sholat istikharah semoga Allah SWT memberikan petunjuk dan memberikan pilihan yang terbaik untuk  kita. Dan semoga apa yang sudah disampaikan diatas bisa bermanfaat