Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bacaan Shalawat Munjiyat Lengkap Beserta Latin dan Artinya

Doaharianislami.com - Shalawat merupakan doa untuk Nabi Muhammad SAW dan sekaligus doa untuk diri sendiri bagi pembacanya. Dan tentunya kita sudah tahu bahwa shalawat memiliki berbagai macam fadhilah (keutamaan). Ada banyak macam shalawat salah satunya yaitu shalawat Munjiyat (penyelamat). Allah Swt berfirman mengenai anjuran untuk membaca shalawat untuk Nabi :

"Sesungguhnya Allah dan Malaikat-malaikat-Nya bershalawat untuk Nabi. Hai orang-orang yang beriman, bershalawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya dengan sungguh-sungguh." (QS Al-Ahzab ayat 56).

Shalawat munjiyat berarti shalawat penyelamat yang berarti dengan membaca sholawat munjiyat ini, maka yang membaca shalawat munjiyat berharap agar dapat selamat dari segala musibah yang sedang atau akan menimpanya dan dikeluarkan dari kesulitan yang sedang dihadapinya. Baik kesulitan dalam hal materi maupun ekonomi dan kesulitan mental ataupun fisik.

Singkatnya shalawat munjiyat mempunyai fadilah atau keutamaan untuk mendatangkan hajat dan keselamatan serta meninggikan derajat bagi pembacanya.

Baca juga: Kumpulan doa sehari hari lengkap dengan artinya

Bacaan Shalawat Munjiyat Lengkap Beserta Latin dan Artinya

Berikut ini merupakan bacaan shalawat munjiyat lengkap dengan artinya:

Bacaan Shalawat Munjiyat

اَللّٰهُمَّ صَلِّ عَلٰى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ صَلاَةٌ تُنْجِيْنَا بِهَا مِنْ جَمِيْعِ الْاَهْوَالِ وَالْاٰفَاتِ وَتَقْضِيْ لَنَابِهَاجَمِيعَ الْحَاجَاتِ وَتُطَهِّرُنَابِهَا مِنْ جَمِيْعِ السَيِّئَاتِ وَتَرْفَعُنَابِهَا عِنْدَكَ اَعْلَى الدَّرَجَاتِ وَتُبَلِّغُنَابِهَا اَقْصَى الْغَايَاتِ مِنْ جَمِيْعِ الْخَيْرَاتِ فِى الْحَيَاةِ وَبَعْدَ الْمَمَاتِ

Allahumma sholli 'alaa sayyidinaa Muhammadin sholaatan tunjiinaa bihaa min jamii'il-ahwaali wal-aafaati wa taqdhii lanaa bihaa jamii'al-haajaati wa tuthahirunaa bihaa min jamii'is-sayyi'aati wa tarfa'unaa bihaa 'indaka a'lad-darajaati wa tuballigunaa bihaa aqshal-gaayaati min jamii'il-khairaati fil-hayaati wa ba'dal-mamaati

Artinya : Ya Allah, limpahkanlah rahmat kepada junjungan kami Nabi Muhammad Saw yang melaluinya Engkau akan menyelamatkan kami dari semua keadaan yang menakutkan dan membahayakan, dengan rahmat itu Engkau akan mendatangkan semua hajat kami dan membersihkan semua keburukan kami, mengangkat kami pada derajat tertinggi , menyampaikan kami pada puncak tujuan, dari semua kebaikan di waktu hidup dan sesudah mati.


Itulah mengenai bacaan shalawat munjiyat lengkap beserta terjemahannya. Semoga dengan membacanya hajat yang kita inginkan dapat terlaksana dan selalu diberi keselamatan oleh Allah Swt.