Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Niat Shalat Istisqa (Memohon Turunnya Hujan) Dan Tata Cara Melaksanakannya

Doaharianislami.com - Shalat Istisqa' adalah shalat sunnah untuk memohon turunnya hujan kepada Allah SWT. Shalat ini disunahkan bagi orang yang bermukim atau musafir jika sangat membutuhkan air karena tidak ada hujan atau tidak ada air dari sumbernya. Seperti dilakukan pada musim kemarau yang berkepanjangan.

Niat Shalat Istisqa (Memohon Turunnya Hujan) Dan Tata Cara Melaksanakannya

Untuk cara melaksanakan shalat Istisqa' ada beberapa cara yaitu dengan berdoa dimana saja dan kapan saja, dengan suara nyaring atau lemah. Bisa juga dengan menambah doa Istisqa' (memohon turunnya hujan) pada khutbah Jum'at. Atau dengan melakukan shalat dua rakaat yang disertai dengan dua khutbah.

Niat Shalat Istisqa (Memohon Turunnya Hujan) Dan Tata Cara Melaksanakannya

Tata Cara Melaksanakan Shalat Istisqa

1. Dianjurkan Sebelum melaksanakankan shalat Istisqa Imam dan para ulama memirintahkan jamaah untuk berpuasa tiga hari. dan dianjurkan pula untuk beramal baik seperti bersedekah, bertaubat dari segala macam dosa, berdamai dengan sesama muslim yang di musuhi dan melepaskan diri dari perbuatan dzalim.

2. Pada hari yang ke-empat, Imam dan masyarakat keluar rumah ke tanah lapang untuk melaksanakan shalat Istisqa'. Sebaiknya menggunakan pakaian yang sederhana dan tidak memakai wewangian serta tidak berhias. Selama itu masyarakat dianjurkan untuk memperbanyak membaca istighfar memohon ampun kepada Allah Swt.

3. Setelah salam, khatib membacakan dua khutbah. Pada khutbah yang pertama dimulai dengan membaca istighfar 9 kali dan pada khutbah yang kedua dimulai dengan membaca Istigfar 7 kali.

Pelaksanaan Hutbah Shalat Istisqa'

Khutbah dalam shalat Istisqa sedikit berbeda dengan khutbah Jum'at atau yang lainnya, yaitu:

1. Khatib di sunnahkan memakai selendang

2. Isi khutbah berupa anjuran agar beristighfar dan merendahkan diri kepada Allah Swt, serta berkeyakinan bahwa Allah akan mengabulkannnya. Yaitu menurunkan hujan.

3. Saat berdoa, hendaknya mengangkat tangan lebih tinggi sehingga terbuka antara lengan dan badannya.

Baca juga: Niat Shalat Sunah Awwabin dan Tata Cara Mengerjakannya

4. Di khutbah yang kedua, saat berdoa hendaknya khatib berpaling ke arah kiblat (membelakangi makmum) dan bersama-sama berdoa.

5. Saat berpaling ke kiblat, khatib hendaknya, mengubah selendangnya, yang kanan ke kiri dan yang diatas ke bawah.

Bacaan Niat Salat Istisqa'

Untuk niat shalatnya dapat disampaikan dalam hati atau dilafalkan. Berikut lafal niat shalat Istisqa' lengkap dengan latin dan artinya:

أُصَلِّى سُنَّةَ الْاِسْتِسْقَاءِ رَكْعَتَيْنِ اِمَامًا / مَأْمُوْمًا لِلّٰهِ تَعَالٰى

 Ushallii Sunnatal Istisqaa'i Rak'ataini (imaaman/ma'muuman) Lillaahi Ta'aalaa.

Artinya: "Aku menyengaja salat sunnah minta hujan dua rakaat (sebagai imam/makmum) karena Allah Ta'ala"

Baca juga: Niat Shalat Witir Beserta Latin Dan Terjemahannya

Demikianlah mengenai bacaan niat shalat Istisqa atau shalat untuk memohon turunnya hujan dan tata cara melaksanakannya. Semoga apa yang sudah di sampaikan diatas bisa bermanfaat.