-->
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Doa Minum Air Zam Zam dan Tata Cara Meminumnya Lengkap

Doaharianislami.com - Sebagai seorang muslim tentunya kita tidak asing lagi dengan yang namanya air zam zam. Air yang digunakan sebagai pelepas dahaga saat seseorang menunaikan ibadah haji dan umrah. Tidak hanya sebagai pelepas dahaga saja air ini juga dinilai memiliki banyak sekali khasiat serta manfaat bagi orang yang meminumnya dan sudah dibuktikan melalui banyak penelitian. Oleh karena itu air zam zam tidak pernah ketinggalan dari daftar oleh-oleh jemaah haji dan umrah.

Dari Ibnu Abbas RA, bahwasannya Nabi Rasulullah SAW, bersabda mengenai air zam zam yang artinya "Sebaik-baiknya air dipermukaan bumi ialah air zam zam, padanya terdapat makanan yang menyegarkan dan padanya terdapat penawar bagi penyakit".

Tata Cara Meminumnya Lengkap

Menurut riwayat air zam zam ditemukan pertama kali oleh Siti Hajar setelah berlari-lari bolak balik 7 kali antara bukit Shafa dan bukit Marwah atas petunjuk malaikat Jibril, pada saat Nabi Ismail As putranya mengalami kehausan tidak ada persediaan air di tengah padang pasir. Sejak pertama kemunculannya, air zam zam dianggap sebagai mukjizat dari Allah SWT, dan sejak ribuan tahun lalu pula lah, air itu tidak pernah kering atau habis.

Mengingat begitu banyak manfaat pada air zam zam maka pada saat seseorang meminumnnya dianjurkan untuk memanjatkan doa terlebih dahulu. Hal ini bertujuan agar air zam zam yang kita minum menjadi lebih berkah bagi tubuh dan hidup kita.

Bacaan Doa Ketika Meminum Air Zam Zam

Berikut ini adalah doa minum air zam zam lengkap dengan tulisan latin dengan artinya:

Doa Minum Air Zam Zam dan Tata Cara Meminumnya Lengkap

Doa Minum Air Zam Zam

اَللّٰهُمَّ إِنِّيْ أَسْأَلُكَ عِلْمًا نَافِعًا وَرِزْقًا وَاسِعًا وَشِفَاءً مِنْ كُلِّ دَاءٍ

Allahumma inni as aluka ilman naafian wa rizqan waasian wa syifaan min kulli daa in 

Artinya: "Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepada-Mu ilmu yang bermanfaat, rezeki yang lapang, dan kesembuhan dari segala penyakit" (HR Ad-Daruqhutni)

Selain membaca doa diatas kita juga bisa membaca doa kita hendak minum air zam zam dibawah ini,  sebenarnya doa ini sama persis hanya ditambah beberapa kalimat sehingga bacaannya lebih panjang, berikut doanya.

اَللّٰهُمَّ إِنِّيْ أَسْأَلُكَ عِلْمًا نَافِعًا وَرِزْقًا وَاسِعًا وَشِفَاءً مِنْ كُلِّ دَاءٍ وَسَقَمٍ بِرَحْمَتِكَ يَاأَرْحَمَا الرَّاحِمِيْنَ

Allahumma inni as aluka ilman naafian wa rizqan waasian wa syifaan min kulli daa in wa saqamin bi rahmatika yaa ar-hamarraahimiin 

Artinya: "Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepada-Mu ilmu yang bermanfaat, rezeki yang lapang, dan kesembuhan dari segala penyakit dan kepedihan dengan rahmatMu ya Allah Tuhan yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang"

Setelah mengetahui doa minum air zam zam agar kita dapat mendapatkan manfaat yang maksimal di anjurkan untuk mengetahui tata cara atau adab meminum air zam zam, berikut merupakan adab meminum air zam zam yang perlu diketahui.

Adab atau Tata Cara Meminum Air Zam Zam

1. Membaca Basmalah

Kita sebagai seorang muslim ketika akan melakukan sesuatu dianjurkan untuk membaca basmalah dan mengucap hamdalah ketika selesai melakukan sesuatu agar segalanya terasa mudah, begitu pula ketika hendak meminum air zam zam.

2. Menggunakan Tangan Kanan

Sebagai umat islam kita diajarkan agar menggunakan tangan kanan ketika makan dan minum. Jika menggunakan tangan kiri dianggap meniru kebiasaan setan.

3. Saat menimum air zam zam diusahakan jangan sekali teguk

Minumlah air zam zam dengan tanaffus (bernafas) sebanyak tiga kali. Maksudnya adalah bernafas tiga kali di luar wadah air minum, dan menjauhkan wadah tersebut dari mulut. Hal ini karena bernafas dalam wadah air minum merupakan perbuatan yang dilarang.

4. Minumlah hingga kenyang

Nabi Muhammad SAW bersabda yang artinya: "Sesungguhnya tanda yang membedakan antara kita dan orang orang munafik adalah mereka tidak pernah meminum air zam zam hingga kenyang." (H.R Ibnu Majah)

5. Minumlah dengan posisi duduk

Dalam sebuah hadist diriwayatkan bahwa minum sambil berdiri adalah perbuatan yang dilarang. Nabi Muhammad SAW bersabda yang artinya "Janganlah kalian minum sambil berdiri, barang siapa yang lupa minum dengan berdiri maka hendaklah ia berusaha memuntahkannya."

6. Memperbanyak doa saat meminum air zam zam

Manfaat yang terkandung di dalam air zam zam sangatlah banyak diantaranya untuk kesehatan dapat menyembuhkan beragam Penyakit, bahkan memenuhi berbagai keinginan manusia dengan izin Allah SWT. Rasulullah SAW bersabda "Air zam zam itu sesuai dengan apa yang diniatkan peminumnya". Maka dari itu kita dianjurkan untuk berdoa ketika hendak meminumnya.

Manfaat dan Khasiat Meminum Air Zam Zam

Begitu banyak manfaat yang terkandung di dalam air zam zam diantaranya yaitu:
  1. Melindungi tubuh dari berbagai penyakit
  2. Mencegah kanker
  3. Badan menjadi lebih sehat
  4. Menjaga kesehatan tulang dan gigi
  5. Membantu regenerasi kulit
  6. Dapat menghilangkan kemunafikan
  7. Mengampuni dosa-dosa
  8. Sebagian dari Ibadah
  9. Membedakan dengan orang munafik
  10. Mewujudkan yang diniatkan

Itulah mengenai doa meminum air zam zam lengkap dengan latin dan artinya, serta tata cara meminum air zam zam dan khasiat meminum air zam zam, semoga dengan mengetahui doanya dan tata cara meminumnya kita dapat memperoleh manfaat yang terkandung di dalam air zam zam lebih banyak lagi. Semoga apa yang disampaikan diatas bisa bermanfaat!