-->
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Doa Pembuka Acara dan Penutup Acara Lengkap dengan Artinya

Doa pembuka acara dan penutup acara - Bagi seorang muslim ketika hendak melakukan suatu kegiatan seperti bepergian, makan, tidur atau aktivitas lainnya, mengawalinya dengan doa merupakan sesuatu yang dianjurkan.

Hal tersebut tentu saja agar pekerjaan atau kegiatan yang dikerjakan bisa berjalan dengan lancar, dengan selamat dan tanpa hambatan yang berarti. Dan berharap apa yang dikerjakan bisa membawa manfaat. Seperti halnya ketika akan membuka suatu acara atau menutup acara kita dianjurkan agar disertai dengan doa.

Dengan membaca doa pembuka acara tentu saja kita berharap acara yang sedang kita adakan bisa berjalan dengan lancar tanpa suatu hambatan dan senantiasa mendapatkan rahmat serta ridho dari Allah SWT. Sehingga semua orang yang hadir dalam acara tersebut memperoleh manfaat serta kebaikan.

Ada banyak doa pembuka acara dan penutup acara umumnya tergantung acara apa yang diadakan. Mulai dari pengajian, pernikahan, majelis, pembelajaran hingga acara non formal juga pasti akan diawali dengan doa. Doanya juga ada yang panjang dan yang pendek tergantung acaranya apa, formal atau non formal.

Doa Pembuka Acara dan Penutup Acara Lengkap dengan Artinya

Kumpulan Doa Pembuka Acara dan Penutup Acara

Pada pembuka acara biasanya diawali dengan mengucapkan salam kemudian dilanjutkan dengan membaca basmalah atau membaca surat Al-Fatihah. Kemudian dilanjutkan dengan ungkapan puja dan puji syukur kepada Allah SWT. Berikut ini adalah beberapa doa pembuka acara dan doa penutup acara lengkap dengan Artinya.

Doa Pembuka Acara

اَلْحَمْدُ لِلّٰهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ وَالصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ عَلَى أَشْرَفِ الْأَ انْبِيَاءِ وَالْمُرْسَلِيْنَ وَ عَلَى اَلِهِ وَصَحْبِهِ أَجْمَعِيْنَ أَمَّا بَعْدُ

Alhamdulillahi rabbil'aalamiin, wash-sholaatu wassalaamu 'ala isyrofil anbiyaa i walmursaliin, wa'alaa alihi washohbihii ajma'iin ammaba'adu.

Artinya: "Segala puji bagi Allah Tuhan Seluruh Alam. Semoga sholawat dan keselamatan tercurahkan selalu kepada Nabi dan Rasul termulia, keluarga dan sahabat-sahabatnya."

Doa Pembuka Acara yang ke 2

اَلْحَمْدُ لِلّٰهِ الَّذِيْ أَنْعَمَنَا بِنِعْمَةِ الْاِيْمَانِ وَالْاِسْلَامِ. وَنُصَلِّى وَنُسَلِّمُ عَلَى خَيْرِالْاَنَامِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى اَلِهِ وَصَحْبِهِ أَجْمَعِيْنَ اَمَّا بَعْدُ

Alhamdulillahilladzi an'amanaa bini'matil iimaan walislaam. Wanusholii wanusalimu 'alaa khoril anam sayyidinaa muhammadin wa'alaa alihi wasohbihi ajma'iina ammaba'adu.

Artinya: "Segala puji bagi Yang Mahakuasa yang telah memberi sebaik-baik nikmat berupa iktikad dan islam. Salawat dan doa keselamatanku terlimpahkan selalu kepada Nabi Agung Muhammad Saw berserta keluarga."

Baca juga: Doa Untuk Kedua Orang Tua Lengkap dengan Latin dan Artinya

Doa Pembuka Acara yang ke 3

اَلْحَمْدُ لِلّٰهِ وَالصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ عَلَى رَسُوْلِ اللهِ سَيِّدِنَا وَمَوْلَانَا مُحَمَّدِ بْنِ عَبْدِ اللهِ أَمَّا بَعْدُهُ

Alhamdulillahi wash-sholatu wassalaamu 'alaa rosuulillahi sayyidinaa wamaulaanaa muhammadibni abdillahi amma ba'duhu.

Artinya: "Puji syukur kepada Allah, doa salawat serta keselamatan biar selalu dicurahkan kepada rasulullah junjungan dan pembimbing kita, Nabi Muhammad bin Abdillah".

Doa Pembuka Acara yang ke 4

نَحْمَدُهُ وَنَسْتَعِيْنُهُ وَنَسْتَغْفِرُهُ وَنَعُوْذُ بِاللهِ مِنْ شُرُوْرِ أَنْفُسِنَا وَمِنْ سَيِّىَٔاتِ أَعْمَالِنَا. مَنْ يَحْدِهِ اللهُ فَلَا مُضِلَّ لَهُ وَمَنْ يُضْلِلْهُ فَلَا هَادِيَ لَهُ. اَللّٰهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى اَلِهِ وَصَحْبِهِ أَجْمَعِيْنَ أَمَّا بَعْدُ

Nahmaduhu wanasta'inu wanastaghfiruhu wana'udzubillahi min syuruuri anfusinaa wamin sayyiaati a'maalina. Min yahdillah falaa mudhillalahu wamin yudhillhu falaa haadiyalahu. Allohumma solli wasalim 'alaa sayyidinaa muhammadin wa'alaa alihi wasohbihi ajma'ina amma ba'du.

Artinya: "Kami panjatkan segala puji kepada-Nya dan kami mohon pertolongan-Nya. Seraya memohon ampun dan perlindungan-Nya dari segala keburukan jiwa-ku dan kejelekan amaliahku. Barang siapa telah Yang Mahakuasa berikan petunjuk jalan baginya, maka tidak ada yang bisa menyesatkannya. Dan barang siapa yang telah Yang Mahakuasa sesatkan jalannya, maka tiada yang bisa memberinya petunjuk. Ya Yang Mahakuasa limpahkanlah salawat dan salam bagi Muhammad SAW, keluarga dan sahabat-sahabatnya."

Baca juga: Bacaan doa selamat lengkap

Kumpulan Doa Penutup Acara 

Penutup acara biasanya diakhiri dengan ucapan permohonan maaf dari pembawa acara baik salah kata atau perbuatan yang kurang berkenan di hati para tamu yang hadir.

Setelah itu dilanjutkan dengan berdoa, kemudian membaca hamdalah dan diakhiri dengan salam penutup. Di dalam doa penutup acara berisi tentang memohon ampun kepada Allah SWT, atas segala dosa yang telah diperbuat, baik yang disengaja maupun tidak disengaja.

Berikut beberapa bacaan doa penutup acara lengkap dengan latin dan Artinya:

Doa Penutup Acara (Kafaratul Majelis)

سُبْحَانَكَ اللَّهُمَّ وَبِحَمْدِكَ أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ أَنْتَ أَسْتَغْفِرُكَ وَأَتُوبُ إِلَيْكَ

Subhaanakallaahumma wa bihamdika asyhadu allaa ilaaha illa anta astaghfiruka wa atuubu ilaika.

Artinya : "Maha Suci Allah dan segala puji bagi Allah SWT, aku bersaksi bahwa tiada Tuhan selain Allah, aku memohon ampunan dan bertaubat hanya pada-Mu."

Doa Penutup Acara yang ke 2

اَللّٰهُمَّ اقْسِمْ لَنَا مِنْ خَشْيَتِكَ مَاتَحُوْلُ بَيْنَنَا وَبَيْنَ مَعْصِيَتِكَ وَمِنْ طَاعَتِكَ مَا تُبَلِّغُنَابِهِ جَنَّتَكَ وَمِنَ الْيَقِيْنِ مَاتُهَوِّنُ بِهِ عَلَيْنَا مَصَائِبَ الدُّنْيَا. اَللّٰهُمَّ مَتِّعْنَا بِأَسْمَاعِنَا وَأَبْصَارِنَا وَقُوَّتِنَا مَا أَحْيَيْتَنَا وَاجْعَلْهُ الْوَارِثَ مِنَّا وَاجْعَلْهُ ثَأْرَنَا عَلَى مَنْ عَاداَنَا وَلاَ تَجْعَلْ مُصِيْبَتَنَا فِى دِيْنِنَاوَلاَ تَجْعَلِ الدُّنْيَا أَكْبَرَ هَمِّنَا وَلاَ مَبْلَغَ عِلْمِنَا وَلاَ تُسَلِّطْ عَلَيْنَا مَنْ لاَ يَرْحَمُنَا

Allahummaqsim lanaa min khosyyatika maa tahuulu bihi baynanaa wa bayna ma'aashik. Wa min thoo 'atika maa tubalighunaa bihi jannatak. Wa minal yaqiini maa tuhawwinu 'alaynaa mashooibad dunya.

Allahumma matti'na bi asmaa'inaa wa abshorina, wa quwwatinaa maa ahyyaytanaa, waj'alhul waaritsa minnaa, waj'al tsa'rona 'ala man zholamanaa, wan-shurnaa 'alaa man 'aadaanaa, wa laa taj'al mushibatanaa fii diininaa wa laa taj'alid dunyaa akbara hamminaa, wa laa mablagho 'ilminaa, wa laa tusallith 'alaynaa mallaa yarhamunaa.

Artinya: "Ya Allah, anugerahkanlah untuk kami rasa takut kepada-Mu, yang dapat menghalangi antara kami dan perbuatan maksiat kepada-Mu, dan (anugerahkanlah kepada kami) ketaatan kepada-Mu yang akan menyampaikan Kami ke surga-Mu dan (anugerahkanlah pula) keyakinan yang akan menyebabkan ringannya bagi kami segala musibah dunia ini.

Ya Allah, anugerahkanlah kenikmatan kepada kami melalui pendengaran kami, penglihatan kami dan dalam kekuatan kami selama kami masih hidup, dan jadikanlah ia warisan dari kami. Jadikanlah balasan kami atas orang-orang yang menganiaya kami, dan tolonglah kami terhadap orang yang memusuhi kami, dan janganlah Engkau jadikan musibah kami dalam urusan agama kami, dan janganlah Engkau jadikan dunia ini sebagai cita-cita terbesar kami dan puncak dari ilmu kami, dan jangan Engkau jadikan orang-orang yang tidak menyayangi kami berkuasa atas kami." (HR Tirmidzi dan Hakim).

Baca juga: Kumpulan doa sehari-hari lengkap dengan artinya

Demikianlah mengenai bacaan doa pembuka acara dan penutup acara lengkap dengan latin dan artinya yang bisa di panjatkan ketika mengawali atau mengakhiri suatu acara. Dengan mengamalkannya pada suatu acara, semoga kita dapat memperoleh keutamaan-keutamaan dari dari doa tersebut. Semoga apa yang sudah disampaikan bisa bermanfaat.