Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bacaan Doa-Doa Selamat Lengkap Dengan Latin Dan Artinya

Bacaan Doa Selamat - Setiap manusia pasti menginginkan keselamatan dalam hidupnya, selamat dari malapetaka, selamat dari bencana, selamat dari mara bahaya dan selamat di akhirat. Selamat bisa diartikan terhindar atau terbebas dari bahaya atau pun terbebas dari hal buruk yang akan menimpa dirinya. Sebagai umat islam sudah sewajarnya kita mengharapkan keselamatan kepada Allah SWT dengan berdoa kepada-NYA.

Doa-doa selamat di bawah ini adalah kumpulan doa doa selamat yang biasa di baca di akhir doa sebagai pelengkap di penghujung doa. dan biasanya dibaca pada saat setelah melaksanakan sholat fardhu maupun sholat sunah.

Baca juga : Doa setelah sholat tahajud lengkap dengan artinya

Bacaan Doa-Doa Selamat Lengkap Dengan Latin Dan Artinya

Bacaan Doa-Doa Selamat Lengkap dengan Artinya

Berikut ini adalah bacaan doa-doa selamat beserta latin dan artinya yang bisa anda hafalkan.

Bacaan Doa-Doa Selamat

اَللّٰهُمَّ اِنَّا نَسْأَلُكَ سَلاَمَةً فِى الدِّيْنِ وَعَافِيَةً فِى الْجَسَدِ وَزِيَادَةً فِى الْعِلْمِ وَبَرَكَةً فِى الرِّزْقِ وَتَوْبَةً قَبْلَ الْمَوْتِ وَرَحْمَةً عِنْدَ الْمَوْتِ وَمَغْفِرَةً بَعْدَ الْمَوْتِ

Allaahumma innaa nas aluka salaamatan fid diini wa 'aafiyatan fil jasadi wa ziyaadatan fil 'ilmi wa barokatan firrizqi wa taubatan qoblal mauti wa rohmatan 'indal mauti wa maghfirotan ba'dal mauti.

Artinya: "Ya Allah kami memohon kepadaMu keselamatan dalam agama, dan kesejahteraan/kesegaran pada tubuh dan penambahan ilmu, dan keberkahan rezeki, serta taubat sebelum mati dan rahmat di waktu mati, dan keampunan sesudah mati"

اَللّٰهُمَّ هَوِّنْ عَلَيْنَا فِى سَكَرَاتِ الْمَوْتِ وَالنَّجَاةَ مِنَ النَّارِ وَالْعَفْوَ عِنْدَ الْحِسَابِ

Allohumma hawwin 'alaina fii sakaraatil mauti wannajaata minan naari wal'afwa 'indal hisaabi

Artinya : "Ya Allah, mudahkan lah kami saat pencabutan nyawa, selamat dari api neraka dan mendapat kemaafan ketika amal diperhitungkan"

رَبَّنَا لاَتُزِغْ قُلُوْبَنَا بَعْدَ اِذْهَدَيْتَنَا وَهَبْ لَنَا مِنْ لَدُنْكَ رَحْمَةً اِنَّكَ اَنْتَ الْوَهَّابُ

Robbanaa laa tuzigh quluubanaa ba'da idz hadaitanaa wahab lanaa milladunka rahmata innaka antal wahhab

Artinya : "Ya Allah, janganlah Kau goyahkan hati kami setelah Kau beri petunjuk dan berilah kami rahmat dari sisi-Mu. Sesungguhnya Engkau Maha Pemberi"

رَبَّنَا أَتِنَا فِى الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي اْلأَخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

Rabbanaa aatinaa fiddunnyaa hasanah wa fil aakhirati hasanah, waqinaa 'adzaa ban naar

Artinya: "Ya Tuhan kami, berilah kami kebaikan hidup di dunia dan kebaikan hidup di akhirat, dan jagalah kami dari siksa api neraka."


Kemudian yang di bawah ini adalah doa selamat yang terdapat Al-Qur'an surat Al-Baqoroh ayat: 286.

Bacaan Doa Selamat dalam Al-Qur'an

رَبَّنَا لَا تُؤَاخِذْنَا إِنْ نَّسِيْنَا أَوْ أَخْطَأْنَاۚ رَبَّنَا وَلَا تَحْمِلْ عَلَيْنَا إِصْرًا كَمَا حَمَلْتَهٗ عَلَى الَّذِيْنَ مِنْ قَبْلِنَاۚ رَبَّنَا وَلَا تُحَمِّلْنَا مَا لَا طَاقَةَ لَنَا بِهٖۚ وَاعْفُ عَنَّاۗ وَاغْفِرْ لَنَاۗ وَارْحَمْنَاۗ أَنْتَ مَوْلٰنَا فَانْصُرْنَا عَلَى الْقَوْمِ الْكٰفِرِيْنَ

Robbanaa laa tuakzidnaa in nasiinaa wa akhto'naa robbanaa wa laa tahmil 'alainaa isron kama hamaltahu 'alal ladzIina min qoblinaa. Robbanaa wa laa tuahamilnaa maa laa thooqoto lanaa bihi wa'fua 'anna waghfir lanaa warhamnaa anta maulaanaa fanshurnaa 'alal qoumil kaafiriin

Artinya: "Ya Allah, jangan siksa kami karena lupa atau bersalah. Ya Allah, jangan bebankan pada kami beban berat seperti Kau bebankan pada orang‐orang sebelum kami. Ya Allah, jangan Kau pikulkan pada kami apa yang tidak sanggup kami pikul. Ampunilah dan maafkan kami, serta rahmatilah kami. Kaulah Penolong kami, maka tolonglah kami untuk mengalahkan orang‐orang kafir." (QS. Al‐Baqoroh: 286).

Baca juga: Bacaan doa selamat dunia akhirat dan artinya

Itulah mengenai beberapa bacaan doa selamat lengkap dengan latin dan artinya. Doa tersebut hendaknya di baca setelah sholat fardhu atau sholat sunah lainnya, baik juga dibaca pada setiap kesempatan. Agar terhindar dari mara bahaya yang akan menimpa, agar Allah SWT selalu melindungi kita dari segala macam bahaya dan musibah yang mengintai.