Bacaan Niat Dan Doa Setelah Sholat Tahajjud Lengkap Beserta Latin Dan Terjemahnya

Niat dan Doa setelah sholat Tahajud - Sholat Tahajud adalah sholat sunnah yang di kerjakan pada waktu malam hari, yaitu setelah sholat isya sampai terbitnya fajar. sholat tahajud dilakukan setelah kita tidur pada malam hari, walaupun hanya tidur sebentar. jumlah rakaat pada sholat tahajud paling sedikit adalah dua rakaat dan paling banyak tidak terbatas. pada rakaat kedua di barengi dengan salam.

Jadi apabila melaksanakan sholat tahajud tanpa tidur terlebih dahulu maka sholat tersebut bukan sholat tahajud, melainkan sholat sunnah saja, seperti sholat witir dan sholat sunnah lainya.

Bacaan Niat dan Doa Sholat Tahajjud lengkap Beserta Latin Dan Terjemahnya

Adapun waktu sholat tahajud yang paling utama bisa di bagi menjadi tiga sepanjang malam. Waktu sepertiga pertama kira-kira dari pukul 19:00 malam sampai pukul 22:00 (malam waktu saat utama), waktu sepertiga kedua kira-kira dari pukul 22:00 malam sampai pukul 01:00 pagi (waktu ini saat yang lebih utama),waktu sepertiga ketiga kira-kira dari pukul 01:00 pagi sampai dengan sebelum waktu shubuh (waktu yang palin sangat utama).
Berikut ini adalah bacaan niat sholat tahajud beserta latin dan terjemahnya.

Lafadz Niat Sholat Tahajjud

اُصَلِّى سُنَّةً التَّهَجُّدِ رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ ِللهِ تَعَالَى
Ushallii sunnatan tahajjudi rak'ataini mustaqbilal qiblati lillaahi ta'aalaa.

Artinya:
"Aku niat shalat sunat tahajud dua rakaat, menghadap kiblat, karena Allah Ta'ala"

niat sholat tahajud

Kemudian setelah selesai  mengerjakan sholat tahajjud, kita dianjurkan untuk membaca doa sholat tahajjud iringi dengan berzikir seperti membaca Istigfhar dan sholawat Nabi Muhammad, kemudian tahmid dan tasbih untuk mendekatkan diri kita kepada Allah Swt dan makin dicintai oleh Allah. dibawah ini adalah bacaan doa sholat tahajjud.

Doa Sholat Tahajjud

اَللَّهُمَّ لَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ قَيِّمُ السَّمَوَاتِ وَاْلاَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ، وَلَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ مَالِكُ السَّمَوَاتِ وَاْلاَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ، وَلَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ نُوْرُ السَّمَوَاتِ وَاْلاَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ، وَلَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ الْحَقُّ وَوَعْدُكَ الْحَقُّ وَلِقَاءُكَ حَقٌّ وَقَوْلُكَ حَقٌّ وَالْجَنَّةُ حَقٌّ وَالنَّارُ حَقٌّ وَالنَّبِيُّوْنَ حَقٌّ مُحَمَّدٌ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ حَقٌّ وَالسَّاعَةُ حَقٌّ

 اَللَّهُمَّ لَكَ اَسْلَمْتُ وَبِكَ اَمَنْتُ وَعَلَيْكَ تَوَكَّلْتُ وَاِلَيْكَ اَنَبْتُ وَبِكَ خَاصَمْتُ وَاِلَيْكَ حَاكَمْتُ فَاغْفِرْلِيْ مَاقَدَّمْتُ وَمَا اَخَّرْتُ وَمَا اَسْرَرْتُ وَمَا اَعْلَنْتُ وَمَا اَنْتَ اَعْلَمُ بِهِ مِنِّيْ، اَنْتَ الْمُقَدِّمُ وَاَنْتَ الْمُؤَخِّرُ لاَاِلَهَ اِلاَّ اَنْتَ، وَلاَ حَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ اِلاَّ بِاللهِ
Allaahumma lakal hamdu anta qayyumus samaa waati wal ardhi wa man fiihinna. wa lakal hamdu anta malikus samaa waati wal ardhi wa man fiihinna, wa lakal hamdu anta nuurus samaawaati wal ardhi wa man fiihinna, wa lakal antal haqqu, wa wa'dukal haqqu, wa liqaa'uka haqqu, wa qaulukal haqqun, wal jannatu haqquw wannaaru haqquw wan-nabiyyuuna haqquw wa Muhammadun shallallahu 'alaihi wa sallama haqquw wassaa'atu haqq. 

Allaahumma laka aslamtu wa bika aamantu wa 'alaika tawakkaltu wa ilaika anabtu, wa bika khaashamtu wa ilaika haakamtu faghfirlii maa qoddamtu wa maa akhkhartu wa maa asrartu wa maa a'lantu wa maa anta a'lamu bihiminnii. antal muqoddimu wa antal mu'akhkhiru laa ilaaha anta. wa laa haula wa laa quwwata illaa billaah.

Artinya :
"Ya Allah bagi-Mu-lah segala puji, Engkaulah yang mengurus langit dan bumi serta semua makhluk yang ada pada keduanya. Dan bagi-Mu segala puji, Engkau Raja langit dan bumi beserta semua makhluk yang ada pada keduanya. Dan bagi-Mu segala puji, Engkau cahaya langit dan bumi beserta semua makluk yang ada pada keduanya. Dan bagi-Mu segala puji, Engkau Mahabenar, janji-Mu adalah benar, pertemuan dengan-Mu adalah benar, ucapan-Mu adalah benar, surga adalah benar, neraka adalah benar, para nabi adalah benar dan Nabi Muhammad Saw adalah benar serta hari kiamat adalah benar."

"Ya Allah hanya kepada-Mu aku berserah diri, kepada-Mu-lah aku beriman, kepada-Mu-lah aku bertawakal, hanya kepada-Mu-lah aku kembali (bertaubat), kepada-Mu-lah aku mengadu, dan kepada-Mu-lah aku meminta keputusan, maka ampunilah dosa-dosaku yang telah lalu dan yang kemudian serta apa yang kusembunyikan dan yang kulakukan dengan terang-terangan dan apa yang lebih Engkau ketahui dariku, Engkau yang mendahulukan dan yang mengakhirkan, tiada Tuhan selain Engkau, dan tiada daya (unutk menghindar dari kemaksiatan) dan tiada kekuatan (untuk melakukan ibadah) kecuali dengan pertolongan Allah."

Keutamaan Sholat Tahajjud
Keutamaan dan pentingnya sholat tahajud  juga terdapat pada firman Allah dalam Al-Qur'an Surat Al-Isra ayat 79 yang berbunyi.

وَمِنَ اللَّيْلِ فَتَهَجَّدْ بِهِ نَافِلَةً لَكَ عَسَىٰ أَنْ يَبْعَثَكَ رَبُّكَ مَقَامًا مَحْمُودًا
Artinya:
"Dan pada sebahagian malam hari sholat tahajudlah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu; mudah-mudahan Tuhan-mu mengangkat kamu ke tempat yang terpuji." (Q.S Al-Isra ayat 79)

Berikut ini adalah manfaat dan pentingnya sholat tahajjud agar dapat memberi semangat untuk mengerjakannya.
  1. Dikabulkanya doa.
  2. Diangkat derajatnya ke tempat yang terpuji.
  3. Mendekatkan diri kepada Allah Swt.
  4. Memperoleh berbagai kemuliaan
  5. Mengusir penyakit dan meningkatkan kekebalan tubuh.
  6. Menjauhkan diri dari kelalaian hati.
  7. Menang dalam jihat menghadapi musuh.
  8. Meringankan lamanya berdiri di hari kiamat kelak.
  9. Mencegah perbuatan dosa dan kejahatan
  10. Wajah tampak berkilau dan bercahaya
  11. Dapat melancarkan aliran darah.
  12. Jaminan masuk surga
  13. Dicintai Allah Swt
  14. Sebagai penyelamat dari siksa api neraka
  15. Khusnul Khotimah
Itulah bacaan lafadz dan doa sholat tahajud dengan manfaatnya, semoga dengan mengerjakan sholat tahajud dapat lebih mendekatkan diri kita kepada Allah Swt, di beri kelancaran rizki, di jauhkan dari hal-hal buruk dan kita lebih di cintai oleh Allah Swt. Amin

0 Response to "Bacaan Niat Dan Doa Setelah Sholat Tahajjud Lengkap Beserta Latin Dan Terjemahnya"

Post a Comment