Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bacaan Doa Sebelum Dan Sesudah Membaca Al-Qur'an Lengkap Dengan Artinya

Doa Sebelum dan Setelah Membaca Al-Qur'an -  Sebelum membaca Al-Qur'an kita harus suci dari hadast baik itu hadast kecil maupun hadast besar, untuk bersuci dari hadast kecil tentu saja dengan berwudhu sedangkan untuk bersuci dari hadast besar dengan mandi junub. Karena Al-Qur'an merupakan kitab suci yang mulia dan agung, maka setiap muslim jika ingin membaca atau memegang Al-Qur'an harus dengan keadaan suci.

doa sebelum membaca al qur'an

Membaca Al-Qur'an juga merupakan ibadah tersendiri walaupun hanya membaca satu ayat yang pendek. karena membaca Al-Quran satu hurufnya diganjar dengan satu kebaikan dan dilipatkan menjadi sepuluh kebaikan, hal tersebut berdasarkan hadist yang berbunyi.

عَنْ عَبْدُ اللّٰهِ بْنَ مَسْعُودٍ رَضِىَ الله عَنْهُ يَقُولُ قَالَ رَسُولُ اللّٰهِ صَلَّى الله عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : مَنْ قَرَأَ حَرْفًا مِنْ كِتَابِ اللّٰهِ فَلَهُ بِهِ حَسَنَةٌ وَالْحَسَنَةُ بِعَشْرِ أَمْثَالِهَا لاَ أَقُولُ الم حَرْفٌ وَلَكِنْ أَلِفٌ حَرْفٌ وَلاَمٌ حَرْفٌ وَمِيمٌ حَرْفٌع
Artinya:
"Abdullah bin Mas’ud radhiyallahu ‘anhu berkata: "Rasulullah Saw bersabda: "Siapa yang membaca satu huruf dari Al Qur'an maka baginya satu kebaikan dengan bacaan tersebut, satu kebaikan dilipatkan menjadi 10 kebaikan semisalnya dan aku tidak mengatakan الم satu huruf akan tetapi Alif satu huruf, Laam satu huruf dan Miim satu huruf. (HR. Tirmidzi )

Baca juga : Bacaan doa setelah sholat wajib lengkap dengan artinya

Dari hadist diatas diterangkan hahwa setiap muslim yang membaca Al-Qur'an baik paham maupun tidak paham, maka dia akan mendapat pahala sebagaimana yang dijanjikan.

Sebelum membaca Al-Qur'an dan Sesudah membaca Al-Qur'an juga dianjurkan untuk berdoa terlebih dahulu. berikut adalah bacaan doa sebelum dan sesudah membaca Al-Qur'an lengkap beserta latin dan terjemahnya.

Doa sebelum membaca Al-Quran

Doa Akan Membaca Al-Qur'an

اَللّٰهُمَّ افْتَحْ عَلَىَّ حِكْمَتَكَ وَانْشُرْ عَلَىَّ رَحْمَتَكَ وَذَكِّرْنِىْ مَانَسِيْتُ يَاذَاالْجَلاَلِ وَاْلاِكْرَامِ

Allohummaftah 'alayya hikmataka wansyur 'alayya rohmataka wa dzakkirnii maanasiitu yaa dzal jalaali wal ikhroomi

Artinya :
"Ya Allah bukakanlah hikmahMu padaku, bentangkanlah rahmatMu padaku dan ingatkanlah aku terhadap apa yang aku lupa, wahai dzat yang memiliki keagungan dan kemuliaan."

Kemudian jika kita selesai membaca Al-Qur'an dianjurkan untuk mengucapkan Shadaqallahul 'azhim lalu membaca doa setelah membaca Al-Qur'an dibawah ini.

Doa setelah membaca Al-Qur'an

Doa Setelah Membaca Al-Qur'an

اَللّٰهُمَّ ارْحَمْنِىْ بِالْقُرْآنِ. وَاجْعَلْهُ لِىْ اِمَامًا وَنُوْرًا وَّهُدًى وَّرَحْمَةً. اَللّٰهُمَّ ذَكِّرْنِىْ مِنْهُ مَانَسِيْتُ وَعَلِّمْنِىْ مِنْهُ مَاجَهِلْتُ. وَارْزُقْنِىْ تِلاَ وَتَهُ آنَآءَ اللَّيْلِ وَاَطْرَافَ النَّهَارٍ. وَاجْعَلْهُ لِىْ حُجَّةً يَارَبَّ الْعَالَمِيْنَ

Allahummarhamnii bil qur'aani. waj'alhu lii imaaman wa nuuran wa hudan wa rohman. Allahumma dzakkirnii minhu maa nasiitu wa'allimnii minhu maa jahiltu. wazuqnii tilaa watahu aanaa-al laili wa athroofan nahaari. waj'alhu lii hujjatan yaa robbal 'aalamiina.

 Artinya : "Ya Allah, rahmatilah aku dengan Al-Qur'an yang agung, jadikanlah ia bagiku cahaya petunjuk rahmat. Ya Allah, ingatkanlah apa yang telah aku lupa dan ajarkan kepadaku apa yang tidak aku ketahui darinya, anugerahkanlah padaku kesempatan membacanya pada sebagian malam dan siang, jadikanlah ia hujjah yang kuat bagiku, wahai Tuhan seru sekalian alam."

Baca juga : Bacaan niat Wudhu dan doa setelah Wudhu dengan artinya

Itulah doa sebelum membaca Al-Qur'an dan Doa setelah membaca Al-Qur'an lengkap beserta latin dan artinya, doa tersebut alangkah baiknya dibaca setiap akan membaca Al-Qur'an maupun setelah selesai membaca. selain itu kita juga mendapat pahala. semoga Allah Swt, selalu memberikan rahmat serta karunia-Nya kepada kita semua. Aamiin