Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bacaan Niat Puasa Sunah Syawal 6 Hari Beserta Latin Dan Artinya

Niat Puasa Syawal - Setelah menjalankan kewajiban berpuasa 30 hari di bulan Ramadhan disunahkan pula untuk berpuasa di bulan syawal atau puasa syawal. Rasulullah Saw pun selalu mengerjakan puasa syawal.

niat puasa syawal

Puasa Syawal adalah puasa sunah enam hari yang dikerjakan pada bulan syawal. Salah satu keutamaan orang yang berpuasa di bulan syawal akan mendapat pahala seperti berpuasa selama setahun penuh. Sebagaimana yang di sabdakan Rasulullah saw, yang berbunyi.

مَنْ صَامَ رَمَضَانَ ثُمَّ أَتْبَعَهُ سِتًّا مِنْ شَوَّالٍ كَانَ كَصِيَامِ الدَّهْرِ

Artinya: 
Rasulullah Saw. bersabda," barang siapa yang berpuasa Ramadhan, kemudian ia ikuti dengan berpuasa enam hari di bulan syawal. ia akan mendapat pahala seperti puasa setahun penuh." (H.R. Muslim)

Untuk mengerjakan puasa Syawal yaitu dilakukan setelah hari raya Idul Fitri tidak boleh dilakukan pada hari raya Idul Fitri. hal ini berdasarkan larangan Rasulullah saw yang diriwayatkan dari Umar bin Khattab, beliau berkata "Ini adalah dua hari raya yang Rasulullah melarang berpuasa di hari tersebut: Hari raya Idul Fitri setelah kalian berpuasa dan hari lainnya takala kalian makan daging korban kalian (Idul Adha)."

Puasa sunah enam hari ini boleh dilakukan secara berurutan atau pun tidak berurutan, selama masih di bulan syawal. Namun alangkah baiknya jika di kerjakan secara berurutan yaitu enam hari berturut-turut. jika ingin mengerjakan puasa sunah syawal 6 hari secara berurutan yaitu pada tanggal 2, 3, 4, 5,6, 7 Syawal. Adapun niat puasa Syawal adalah sebagai berikut.

Bacaan niat puasa sunah Syawal 6 hari beserta latin dan artinya.

Niat Puasa Syawal  Enam  Hari

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ سِتَةٍ مِنْ شَوَالٍ سُنَّةً لِلّٰهِ تَعَالَى

Nawaitu shouma ghodin 'ansittatin syawaali sunnatan lillahi ta'alaa


Artinya: "Saya niat berpuasa sunnah enam hari bulan Syawal karena Allah Ta'ala"

Baca juga: Doa sholat dhuha lengkap dengan artinya

Tata Cara Puasa Syawal

Kemudian untuk tata cara mengerjakan puasa syawal adalah sebagai berikut.

1. Puasa Sunah Syawal dilakukan selama 6 hari.

2. Lebih utama dilaksanakan sehari setelah hari raya Idul Fitri, namun tidak mengapa jika diakhirkan asalkan masih di bulan Syawal.

3. Puasa Syawal sebaiknya di kerjakan secara berurutan yaitu pada tanggal 2-7 syawal, namun tidak apa-apa bila tidak berurutan.

4. Diusahakan untuk mengerjakan puasa Qodho' terlebih dahulu agar mendapat pahala puasa syawal, yaitu puasa setahun penuh.

5. Puasa Syawal boleh dikerjakan pada hari Jum'at dan Sabtu.

Keutamaan Puasa Syawal

Untuk keutamaan puasa Syawal yaitu seperti puasa setahun penuh seperti pada hadist diatas, hadist lain pun berpendapat yang sama. bunyi hadistnya adalah sebagai berikut.

عَنْ ثَوْبَانَ مَوْلَى رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ- عَنْ رَسُولِ اللَّهِ -صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَنَّهُ قَالَ : مَنْ صَامَ سِتَّةَ أَيَّامٍ بَعْدَ الْفِطْرِ كَانَ تَمَامَ السَّنَةِ :مَنْ جَاءَ بِالْحَسَنَةِ فَلَهُ عَشْرُ أَمْثَالِهَا

Dari Tsauban, bekas budak Rasulullah saw, dari Rasulullah saw. beliau bersabda, "Barang siapa berpuasa enam hari di bulan Syawal setelah Idul Fitri, maka ia telah menyempurnakan puasa setahun penuh. Karena siapa saja yang melakukan kebaikan, maka akan dibalas sepuluh kebaikan semisal." (HR. Ibnu Majah Al Hafizh Abu Thohir mengatakan bahwa hadits ini shahih).

niat puasa sunah dibulan syawal

Disebutkan bahwa setiap kebaikan akan dibalas minimal dengan sepuluh kebaikan yang semisal. Ini menunjukkan bahwa puasa Ramadhan sebulan penuh akan dibalas dengan 10 bulan kebaikan puasa. Sedangkan puasa enam hari di bulan Syawal akan dibalas minimal dengan 60 hari (2 bulan) kebaikan puasa. Jika di jumlah, seseorang sama saja melaksanakan puasa 10 bulan + 2 bulan sama dengan 12 bulan. Itulah mengapa orang yang melakukan puasa Syawal bisa mendapatkan pahala puasa setahun penuh.

Baca Juga : Niat Puasa sunah senin kamis beserta terjemahnya

Itulah bacaan niat puasa sunha syawal 6 hari beserta latin dan artinya. Dan tata cara puasa Syawal. semoga dengan adanya niat puasa syawal dan keutamaan puasa sunah syawal di atas dapat menambah semangat kita untuk menjalankan puasa 6 hari di bulan syawal, karena sudah kita ketahui bersama pahala yang didapat seperti puasa setahun penuh.