Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Niat Puasa Sunah Senin Kamis dan Doa Berbukanya Lengkap

Niat Puasa Sunah Senin Kamis - Selain menjalankan puasa wajib pada bulan Ramadhan, Islam juga mengajarkan pula puasa sunah. Disyariatkannya (hukum dalam agama islam) puasa sunah karena dapat menambah pahala yang akan menjadi bekal untuk kebahagiaan hidup didunia maupun di akhirat.

Niat Puasa Senin Kamis dan Doa Berbukanya Lengkap

Ada banyak macam puasa sunah salah satunya ialah puasa sunah pada hari senin dan kamis. Puasa sunah senin kamis dilakukan pada hari senin dan hari kamis, untuk waktunya pun sama seperti puasa pada bulan Ramadhan, yaitu dimulai dari waktu imsak sampai terbenamnya matahari atau masuk waktu sholat magrib. Yang berdeda hanya niat dan tujuannya untuk melaksanakan puasa senin kamis.

Rasululllah Saw, selalu menjalankan puasa senin kamis walaupun hukum dari mengerjakan puasa senin kamis adalah sunah. Hal ini terdapat pada sebuah hadist yang berbunyi.

عَنْ عَائِشَةَ كَانَ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: يَتَخَيَّرَى صِيَامُ اْلاِثْنَيْنِ والْخَمِيْسِ

Artinya: "Dari Aisyah, bahwa Nabi Muhammad Saw, memilih puasa pada hari senin dan hari kamis. (H.R. Tirmidzi)

Baca juga: Doa setelah sholat Fardhu 5 waktu lengkap

Dari hadist yang diriwayatkan oleh Aisyah ra diatas, diterangkan bahwa Rasulullah saw mengerjakan puasa pada hari senin dan kamis. Agama Islam pun menganjurkan kita untuk mengerjakan puasa senin kamis seperti apa yang di kerjakan oleh Rasulullah Saw.

Niat Puasa Senin Kamis dan Doa Berbukanya

Kemudian untuk bacaan niat puasa senin kamis, tentunya mempunyai bacaan yang sedikit berbeda. Yang membedakannya ialah niat puasa berdasarkan harinya. Berikut ini adalah bacaan niat puasa pada hari senin dan kamis serta doa berbukanya lengkap dengan tulisan latin dan artinya:

Niat puasa hari senin lengkap dengan artinya

Niat Puasa Sunah Hari Senin

 نَوَيْتُ صَوْمَ يَوْمَ اْلاِ ثْنَيْنِ سُنَّةً لِلّٰهِ تَعَالَى
Nawaitu sauma yaumal itsnaini sunnatan lillahi ta'ala

Artinya : "Saya niat puasa hari Senin, Sunnah karena Allah Ta'ala"

Baca juga : Kumpulan doa sehari-hari lengkap dengan tulisan latin dan artinya

Niat Puasa diatas di baca jika kita hendak melaksanakan puasa pada hari senin, jika ingin menjalankan puasa pada hari kamis maka niatnya adalah sebagai berikut.

Niat puasa hari kamis lengkap dengan artinya

Niat Puasa Sunah Hari Kamis

نَوَيْتُ صَوْمَ يَوْمَ الْخَمِيْسِ سُنَّةً لِلّٰهِ تَعَالَى
Nawaitu sauma yaumal khomiisi sunnatan lillahi ta'ala

Artinya : "Saya niat puasa hari Kamis, sunnah karena Allah Ta'ala"

Untuk menghafalkannya niatnya pun cukup mudah karena bacaannya cukup pendek. Selanjutnya untuk bacaan doa pada saat berbuka puasa hari senin dan hari kamis bacaannya adalah sebagai berikut.

Doa Berbuka Puasa Senin Dan Kamis

اَللّٰهُمَّ لَكَ صُمْتُ وَعَلَى رِزْقِكَ أَفْطَرْتُ ذَهَبَ الظَّمَأُ وَابْتَلَّتِ الْعُرُوْقُ وَثَبَتَ اْلأَجْرُ إِنْ شَاءَاللهُ

Allahumma laka shumtu wa 'alaa rizkqika afthartu, dzahabazh zhoma-u wabtallatil 'uruuqu watsabatal ajru, insya Allah

Artinya: "Ya Allah hanya untuk-Mu aku berpuasa dengan  rezki-Mu aku berbuka. Telah sirna dahaga, urat-urat telah basah, pahala telah tetap insya Allah Ta'ala"

Adapun keutamaan puasa pada hari senin dan kamis salah satunya terdapat pada sebuah hadist yang artinya: "Dari Abu Hurairah ra, sesungguhnya Nabi saw lebih sering berpuasa pada hari senin dan kamis. lalu ditanyakan orang kepadanya apa sebabnya, maka Nabi bersabda yang artinya:

"Sesungguhnya amalan-amalan itu dipersembahkan pada hari senin dan kamis, maka Allah mengampuni setiap muslim atau setiap mukmin, kecuali dua orang yang bermusuhan maka Allah berfirman: tangguhkanlah kedua mereka itu." (H.R. Ahmad dengan sanad yang shahih)

Dari hadist diatas di terangkan bahwa orang yang berpuasa pada hari senin dan kamis di ampuni dosa-dosanya karena pada hari senin dan kamis amalan-amalan dipersembahkan kepada Allah Swt, kecuali dua orang yang sedang bermusuhan.

Baca juga : Niat Sholat Sunah Tahajud lengkap beserta terjemahnya

Itulah bacaan niat puasa senin kamis beserta latin dan terjemahannya. Dan juga keutamaan puasa senin kamis. Semoga artikel diatas bermanfaat dan bisa menambah semangat, untuk menjalankan puasa sunah senin kamis seperti apa yang diajarkan Rasulullah Saw. Semoga apa yang sudah disampaikan bisa bermanfaat.