Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Doa Naik Kendaraan Darat, Laut Dan Udara Lengkap Beserta Artinya

Doa Naik Kendaraan Darat, Laut dan Udara - Sebagai seorang muslim kita harus bangga, karena dalam agama islam mengajarkan doa-doa pada saat melaksanakan kegiatan atau beraktifitas sehari-hari, seperti halnya ketika kita akan naik kendaraan, baik kendaraan darat, laut, maupun udara kita dianjurkan untuk membaca doa naik kendaraan.

Pada zaman Rasulullah Saw, kendaraan yang dipakai yaitu Unta dan Kuda ada pula kendaraan laut yaitu kapal, berdeda dengan zaman sekarang yang mempunyai banyak macam kendaraan seperti, sepeda motor, mobil, bus, kereta api,pesawat terbang, kapal dan masih banyak lagi.

Baca juga: Niat wudhu dan doa sesudah wudhu lengkap dengan artinya

Rasulullah Saw mengajarkan kepada kita untuk membaca doa naik kendaraan ketika kita ingin menaiki atau mengendarai kendaran, manfaat dari membaca doa tersebut adalah supaya kita pada saat menaiki kendaraan terhindar dari marabahaya yang akan menimpa,dan juga supaya di lindungi oleh Allah Swt, saat berkendara sehingga kita bisa sampai di tujuan dengan selamat dan sehat wal afiat.

Doa Naik Kendaraan Darat, Laut dan Udara

Adapun Doa naik kendaraan yang diajarkan Rasullah secara umum adalah sebagai berikut.

Doa Naik Kendaraan

Doa Naik Kendaraan

سُبْحَانَ الَّذِىْ سَخَّرَلَنَا هَذَا وَمَاكُنَّالَهُ مُقْرِنِيْنَ وَاِنَّآ اِلَى رَبِّنَا لَمُنْقَلِبُوْنَ

Subhaanalladzii sakkhara lanaa hadza wama kunna lahu muqriniin wa-inna ilaa rabbina lamunqalibuun.

Artinya: "Maha suci Allah yang telah menundukkan untuk kami (kendaraan) ini. padahal sebelumnya kami tidak mampu untuk menguasainya, dan hanya kepada-Mu lah kami akan kembali. "

Hikmah dari mengucapkan doa naik kendaraan diatas adalah bentuk rasa syukur kita kepada Allah Swt, atas Nikmatnya yang telah menganugerahkan kendaraan tersebut untuk bisa kita naiki dan mengantarkan kita sampai tujuan.

Kemudian untuk doa menaiki atau mengendarai kendaraan laut bisa juga membaca doa diatas, karena doa diatas adalah doa naik kendaraan umum, namun bisa juga setelah membaca doa naik kendaraan diatas dilanjutkan dengan membaca doa khusus naik kapal.

Berikut ini adalah doa khusus naik kapal lengkap beserta latin dan artinya.

Doa Naik Kapal

بِسْمِ اللهِ مَجْرَهَا وَمُرْسَهَآاِنَّ رَبِّىْ لَغَفُوْرٌرَّحِيْمٌ

Bismillaahi majrahaa wa mursaahaa inna robbii laghofuurur rohiim

Artinya : "Dengan nama Allah yang menjalankan kendaraan ini berlayar dan berlabuh, sesungguhnya Tuhanku benar-benar Maha Pengampun lagi Maha Penyayang"

Doa khusus naik kapal diatas merupakan doa yang di panjatkan oleh Nabi Nuh pada saat mengendarai kapalnya yang diabadikan dalam Al-Qur'an Surat Al-Huud ayat 41.

وَقَالَ اَرْكَبُوا فِيهَا بِسْمِ اللَّهِ مَجْرَاهَا وَمُرْسَاهَا ۚ إِنَّ رَبِّي لَغَفُورٌ رَحِيمٌ

Artinya: Dan Nuh berkata: "Naiklah kamu sekalian ke dalamnya dengan menyebut nama Allah di waktu berlayar dan berlabuhnya". Sesungguhnya Tuhanku benar-benar Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. (Q.S. Hud :41)

Untuk Doa naik Pesawat atau kapal terbang bisa juga membaca doa naik kendaraan umum diatas karena pesawat juga merupakan kendaraan,bisa pula setelah itu dilanjutkan membaca doa naik kapal, doa naik juga bisa di pakai saat menaiki pesawat terbang.

Baca juga: Bacaan doa selamat lengkap dengan terjemahnya

Itulah bacaan doa naik kendaraan baik kendaraan darat, laut maupun udara beserta latin dan terjemahnya. pada saat mengendarai atau menaiki kendaraan alangkah baiknya senantiasa mengucapkan doa diatas agar, Allah Swt melindungi kita dari mara bahaya dan kita bisa sampai ditujuan dengan selamat, selain itu bisa juga menambah pahala, semoga doa naik kendaraan bisa bermanfaat bagi kita semua.