Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bacaan Doa Untuk Kedua Orang Tua (Ibu dan Bapak) Lengkap dengan Artinya

Doa Untuk Kedua Orang Tua Lengkap - Kedua orang tua kita yaitu bapak dan ibu adalah orang yang paling berjasa dalam hidup kita. Mereka lah yang merawat kita sejak baru lahir hingga tumbuh dewasa tanpa meminta imbalan kepada kita.

Tanpa mereka belum tentu kita bisa seperti sekarang. Mereka pula yang memberikan cinta, kasih dan sayang yang murni kepada kita, mereka juga rela berkorban untuk kita tanpa meminta balasan sedikitpun.

Oleh karena janganlah kita membuat marah atau kecewa kedua orang tua kita, karena keridhaan Allah Swt, tergantung pada keridhaan orang tua, dan kemurkaan Allah tergantung pada kemurkaan orang tua, maka dari itu sayangi dan hormatilah mereka.

رِضَى اللهِ فِى رِضَى الْوَالِدَيْنِ وَسُخْطُ اللهِ فِى سُخْطِ الْوَالِدَيْنِ

Artinya: "Keridhaan Allah itu tergantung pada keridhaan orang tua dan kemurkaan Allah tergantung pada kemurkaan orang tua"  (H.R Tabrani)

Dari hadist diatas dijelaskan bahwa Allah Swt, akan meridhai atau memurkai kita menurut keridhaan atau kemurkaan orangtua.

Walaupun orang tua kita tidak meminta balasan atas jasa-jasa mereka kepada kita sebagai anak. Namun sudah kewajiban kita sebagai anak menghormati, menyayangi dan mencintai mereka kembali. Walaupun semua yang kita berikan tak akan mampu membalas semua jasa-jasa dan kasih sayang mereka.

Salah satu kewajiban seorang anak kepada orang tuanya ialah mendoakan mereka, baik yang masih ada maupun yang sudah tidak ada (meninggal dunia).

Bacaan Doa Untuk Kedua Orang Tua (Ibu dan Bapak)

Sedangkan untuk bacaan doa untuk kedua orang tua lengkap dengan latin dan artinya adalah sebagai berikut.

Doa Untuk Kedua Orang Tua

Bacaan Doa Untuk Kedua Orang Tua

اَللّٰهُمَّ اغْفِرْلِيْ وَلِوَالِدَيَّ وَارْحَمْهُمَاكَمَارَبَّيَانِيْ صَغِيْرَا

Alloohummaghfirlii waliwaalidayya warham humma kamaa rabbayaa nii shaghiiraa

Artinya: "Wahai Tuhanku, ampunilah aku dan kedua orang tuaku (Ibu dan Bapakku), sayangilah mereka seperti mereka menyayangiku diwaktu kecil"

Kemudian untuk doa memohon ampunan untuk kedua orang tua beserta latin dan artinya adalah sebagai berikut.

Da Mohon Ampunan  untuk Kedua Orang Tua

Doa Mohon Ampunan Dosa Untuk Kedua Orang Tua

اَللّٰهُمَّ اغْفِرْلِىْ ذُنُوْبِىْ وَلِوَالِدَىَّ وَارْحَمْهُمَا كَمَا رَبَّيَانِىْ صَغِيْرًا. وَلِجَمِيْعِ الْمُسْلِمِيْنَ وَالْمُسْلِمَاتِ وَالْمُؤْمِنِيْنَ وَالْمُؤْمِنَاتِ،اَلْاَحْيَآءِ مِنْهُمْ وَاْلاَمْوَاتِ، وَتَابِعْ بَيْنَنَا وَبَيْنَهُمْ بِالْخَيْرَاتِ، رَبِّ اغْفِرْ وَارْحَمْ وَاَنْتَ خَيْرُالرَّاحِمِيْنَ، وَلاَحَوْلَ وَلاَقُوَّةَ اِلاَّبِاللهِ الْعَلِيِّ الْعَظِيْمِ

Allaahummaghfirlii dzunuubii waliwaalidayya warhamhumaa kamaa robbayaanii shoghiiro, waliljamii'il muslimiina walmuslimaati, walmu'miniina wal mu'minaati Al ahyaa'i minhum wal amwaati, wataabi' bainanaa wa bainahum bil khoiraati, robbighfir warham wa annta khoirur roohimiin, walaa haula walaa quwwata illaa billaahil'aliyyil adhiimi.

Artinya: "Ya Allah, berikanlah ampunan kepadaku atas dosa-dosaku dan dosa-dosa kedua orang tuaku, dan kasihanilah keduanya sebagaimana beliau berdua merawatku ketika aku masih kecil, begitu juga kepada seluruh kaum muslimin dan muslimat, semua orang yang beriman, laki-laki maupun perempuan yang masih hidup maupun yang sudah meninggal dunia, dan ikutkanlah diantara kami dan mereka dengan kebaikan. Ya Allah, berilah ampun dan belas kasihanilah karena Engkaulah Tuhan yang lebih berbelas kasih dan tiada daya dan upaya kecuali dengan pertolongan-Mu."

Itulah bacaan doa untuk kedua orang tua dan doa memohon ampunan untuk kedua orang tua, kita sebagai anak juga harus berbakti kepada kedua orang tua kita yang merupakan suatu kewajiban, kita sebagai anak sering kali menyakiti hatinya. berikut ini adalah hal-hal yang perlu kita lakukan dalam berbakti kepada orang tua (Ibu dan bapak).

Cara berbakti kepada orang tua

Berikut adalah beberapa cara berbakti kepada orang tua, diantaranya yaitu:
  1. Kita harus sopan dan hormat kepada kedua orang tua.
  2. Harus mematuhi perintah keduanya selama tidak bertentangan dengan agama, jika perintahnya bertentangan dengan agama kita tidak perlu mematuhinya.
  3. Tidak boleh berkata kasar kepada mereka
  4. Wajib mengikuti nasihat keduanya. apabila ditegur, kita harus sadar bahwa perbuatan yang kita lakukan tidak diridhai oleh orang tua.
  5. Membantu pekerjaan mereka dalam kegiatan sehari-hari.
  6. Harus menjaga nama baik kedua orang tua dengan cara selalu berbuat baik.
  7. Wajib menjaga keduanya apalagi kalau orang tua kita sudah tua dan renta.
Apabila orang tua kita sudah meninggal dunia, yang harus kita lakukan adalah.
  1. Melaksanakan nasihat keduanya yang diberikan pada waktu masih hidup
  2. Menjaga nama baik kedua orang tua
  3. Mendoakan mereka agar diampuni dosanya dan dilapangkan kuburnya oleh Allah Swt.
Sabda Rasulullah Saw, Yang memerintahkan kita untuk berbakti kepada orang tua, walaupun kedua orang tua kita sudah tiada.

"Telah datang seorang laki-laki (kepada Rasulullah saw) lalu ia bertanya: “Ya Rasulullah, masih adakah kebaikan yang dapat saya kerjakan untuk ibu bapak sesudah meninggalnya ? Rasulullah menjawab:”Ya. Yaitu menyembahyangkan (jenazah) mereka, memintakan ampun kepada Tuhan, menyempurnakan janji mereka, memuliakan sahabat mereka, dan selalu bersilaturahmi dengan orang yang bertalian dengan mereka (kedua orang tua)." (HR. Abu Daud)

Baca juga : Doa setelah sholat wajib lengkap dengan latin dan terjemahnya

Demikianlah mengenai bacaan doa untuk kedua orang tua yaitu ibu dan bapak, dan sedikit cara untuk berbakti kepada mereka. Dengan kita mendoakan kedua orang tua semoga Allah Swt, melindungi, mengasihi mereka dan apabila mereka sudah meninggal dunia semoga dosa-dosa mereka diampuni dan mereka ditempatkan dalam tempat yang terbaik yaitu surga. Aamiin