-->
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Doa Ketika Bersin Dan Mendengar Orang Lain Bersin dengan Artinya

Doa Ketika Bersin dan Mendengar Orang Bersin - Pada kesempatan kali ini akan berbagi doa ketika bersin dan mendengar orang lain bersin. Bersin merupakan keluarnya udara dari dalam hidung dan mulut. bersin merupakan nikmat kesehatan karena dengan bersin berarti mengeluarkan bibit penyakit.

Membaca Doa Ketika Bersin Dan Mendengar Orang Lain Bersin dengan Artinya

Beberapa penyebab bersin diantaranya karena alergi dan sedang sakit flu atau pilek. Bersin pada saat pilek tentunya sangat mengganggu, baik itu diri sendiri maupun orang lain karena terlalu sering bersin. meskipun bersin merupakan nikmat, tapi jika terlalu sering bisa mengganggu aktivitas.

Baca juga : Lafadz niat wudhu dan doa setelah wudhu beserta latin dan terjemahnya

Pada saat kita bersin juga mempunyai etika yang harus kita lakukan pada saat hendak bersin

1. Mengarahkan tangan kanan ke depan lubang hidung serta mengalihkan pandangan kita dengan membelakangi orang lain (jika keadaan ramai atau banyak orang).

Hal ini dilakukan agar ingus yang keluar tidak menyebar kemana-mana dan tidak terkena orang lain. alangkah baiknya jika menyediakan tisu atau sapu tangan pada saat bepergian.

2. Membaca doa. Sebagai seorang muslim pada saat bersin kita anjurkan untuk mengucap syukur kepada Allah Swt dengan berdoa.

Doa Ketika Bersin Dan Mendengar Orang Lain Bersin

Berikut ini adalah doa ketika sedang bersin dan doa ketika mendengar orang lain bersin lengkap dengan artinya.

Doa Ketika Bersin

اَلْحَمْدُ لِلّٰهِ
Alhamdulillaah

Artinya : "Segala Puji Bagi Allah"

Doa diatas di baca jika diri sendiri yang bersin, kemudian jika kita mendengar orang lain bersin maka doanya adalah sebagai berikut.

Doa Mendengar Orang Lain Bersin

يَرْحَمُكَ اللهُ
Yarhamukalloh

Artinya: "Semoga Allah memberi rahmat kepadamu"

Membalas doa dari orang lain yang mendengar bersin

Lalu jika orang lain mengucapkan doa diatas ("yarhamukalloh") kemudian kita membalas dengan doa dibawah ini, doa ini merupakan doa kedua atau doa sebagai jawaban kepada orang yang mendoakan kita.

يَهْدِيْكُمُ اللهُ وَيَصْلِحُ بَالَكُمً
Yahdiikumulloh wa yaslihu balakum

Artinya : "Semoga Allah memberi petunjuk kepadamu dan membaguskan keadaanmu"

Maksud dari doa diatas adalah ketika kita bersin membaca "Alhamdulillah", kemudian jika kita atau orang lain mendengar bersin membaca " yarhamukalloh" (mendoakan orang yang bersin), lalu kita membalas atau menjawab doa orang tersebut dengan membaca " yahdikumulloh wa yashilu balakum" (sebagai balasan atau jawaban doa untuk orang yang mendoakan kita).

Adab dan Tata Krama Saat Bersin

1. Menutup hidung dan wajah dengan tangan atau kain

Saat akan bersin hendaknya menutup mulut dengan tangan, tisu atau sapu tangan. Ini bertujuan agar virus yang keluar dari hidung tidak menular kemana-mana. hal ini seperti yang disunahkan oleh Rasulullah saw. Dari Abu Hurairah Ra.

أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ إِذَا عَطَسَ غَطَّى وَجْهَهُ بِيَدِهِ أَوْ بِثَوْبِهِ وَغَضَّ بِهَا صَوْتَهُ

Artinya: "Sesungguhnya Nabi Saw ketika bersin, beliau menutup wajahnya dengan tangan atau kainnya sambil merendahkan suaranya." (HR. Al-Tirmidzi)

2. Mengecilkan atau merendahkan suara bersin

Ketika bersin kita dianjurkan untuk merendahkan suara agar tidak mengganggu atau menyakiti orang lain. Rasulullah Saw, bersabda yang artinya:

"Jika salah seorang di antara kalian bersendawa atau bersin, maka jangan mengeraskan suara dengan keduanya. Karena setan senang terhadap salah seorang dari kalian yang mengeraskan suara saat bersin dan bersendawa." (HR. Al-Dailami)

3. Membaca hamdalah (doa ketika bersin)

Setelah bersin, dianjurkan untuk membaca hamdalah (doa saat bersin) dengan suara yang cukup keras agar didengar oleh orang lain. Hal tersebut sesuai dengan sabda Nabi Muhammad SAW berikut;

إِذَا عَطَسَ أَحَدُكُمْ فَلْيَقُلْ الْحَمْدُ لِلَّهِ وَلْيَقُلْ لَهُ أَخُوهُ أَوْ صَاحِبُهُ يَرْحَمُكَ اللَّهُ فَإِذَا قَالَ لَهُ يَرْحَمُكَ اللَّهُ فَلْيَقُلْ يَهْدِيكُمُ اللَّهُ وَيُصْلِحُ بَالَكُمْ

Artinya: "Jika salah seorang dari kalian bersin, hendaknya dia mengucapkan, 'Alhamdulillah' dan saudaranya atau temannya (yang mendengar) hendaklah mengucapkan, 'Yarhamukallah (Semoga Allah merahmatimu).' Jika saudaranya berkata 'Yarhamukallah' maka hendaknya dia berkata, "Yahdikumullah wa yushlihu balakum (Semoga Allah memberimu petunjuk dan memperbaiki hatimu)." (HR. Al-Bukhari).

Baca Juga: Niat Tayamum dan cara bertayamum yang benar

Semoga Doa ketika bersin dan mendengar orang lain bersin diatas bisa bermanfaat. dengan membaca doa diatas semoga Allah Swt, memberikan kesehatan bagi orang yang sedang sakit maupun orang yang mendoakan, selain itu dengan membaca doa tersebut kita juga mendapatkan pahala.