Bacaan Niat Shalat Dhuha Lengkap Dengan Tulisan Latin Dan Artinya

Bacaan Niat Shalat Dhuha - Begitu banyak manfaat atau keutamaan pada shalat dhuha, namun pada kesempatan kali ini tidak akan membahas mengenai keutamaan shalat dhuha melainkan bacaan niat shalat dhuha yang di baca sebelum mengerjakanya. Namun sebelum itu tak ada salahnya sedikit mengetahui apa yang di maksud dengan shalat dhuha.

Shalat dhuha adalah shalat sunah yang dikerjakan pada waktu dhuha, yaitu pada waktu matahari naik setinggi satu tombak hingga menjelang waktu dhuhur, kira-kira pada pukul 07.00 pagi sampai 11.00 siang.

Jumlah rakaat shalat Dhuha dikerjakan paling sedikit dua rakaat dan sebanyak-banyaknya dua belas rakaat. Seperti sabda Rasulullah Saw, yang berbunyi.

قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: مَنْ صَلَّى الضُّحٰى اِثْنَتٰى عَشَرَةَ رَكْعَةً بَنَى اللهُ لَهُ قَصْرًا فِى الْجَنَّةِ

Artinya: Rasulullah Saw bersabda: "Barang siapa yang mengerjakan shalat Dhuha dua belas rakaat, Allah akan membuatkan baginya istana di surga." (HR Tirmidzi dan Ibnu Majah)

Bacaan Niat Sholat Dhuha Lengkap Dengan Tulisan Latin Dan Artinya

Namun tidak diwajibkan mengerjakan shalat Dhuha dengan 12 rakaat, karena shalat dhuha dikerjakan dengan minimal 2 rakaat. Untuk lafadz niat shalat dhuha hampir sama dengan niat shalat sunah lainnya, yang membedakannya hanya niatnya saja. untuk gerakannya sama seperti shalat pada umumnya.

Baca juga: Niat Shalat Tasbih dan Tata Cara Mengerjakannya

Berikut ini adalah lafadz niat shalat dhuha dua rakaat dan empat rakaat beserta latin dan artinya:



Niat Shalat Dhuha 2 Rakaat

اُصَلِّى سُنَّةَ الضَّحٰى رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ اَدَاءً لِلّٰهِ تَعَالَى

Usholli sunnatadh dhuha rok'ataini mustaqbilal qiblati adaa'an lillaahi ta'aala

Artinya: "Aku niat shalat sunah Dhuha dua rakaat dengan menghadap kiblat karena Allah Ta'ala"

Niat shalat dhuha diatas dibaca jika mengerjakan shalat dhuha dua rakaat. Jika ingin mengerjakan shalat dhuha empat rakaat maka niatnya adalah sebagai berikut.

Niat Shalat Dhuha 4 Rakaat

اُصَلِّى سُنَّةَ الضَّحٰى اَرْبَعَ رَكَعَاتٍ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ اَدَاءً لِلّٰهِ تَعَالَى

Usholli sunnatadh dhuha arba'a roka'aatin mustaqbilal qiblati adaa'an lillaahi ta'aala

Artinya: "Aku niat shalat sunah Dhuha dua rakaat dengan menghadap kiblat karena Allah Ta'ala"

Kemudian untuk suratan yang dibaca pada rakaat pertama setelah membaca surat Al-Fatihah membaca surat Asy-Syamsi dan pada rakaat yang kedua setelah membaca surat Al-fatihah membaca surat Ad-Dhuha (pendapat Imam Jalal Suyuthi dalam Hawsyil Khothib). Pendapat lain yang juga sama kuatnya pada rakaat pertama membaca surat Al-Kafirun dan pada rakaat ke dua membaca surat Al-Ikhlas (pendapat Ibnu Hajar dan Imam Ramli).

Para ulama sepakat menganjurkan untuk mengumpulkan dua pendapat tersebut dengan membaca surat Asy-Syamsi pada rakaat pertama dan Al-Kafirun pada rakaat kedua, pada 2 rakaat pertama. Selanjutnya pada 2 rakaat selanjutnya, membaca Ad-Dhuha pada rakaat pertama dan Al-Ikhlas pada rakaat ke dua. Untuk rakaat-rakaat selanjutnya, membaca surat Al-Kafirun pada rakaat pertama dan Al-Ikhlas pada rakaat ke dua.

Baca juga : Bacaan doa setelah sholat tahajud lengkap dengan tulisan latin dan artinya

Itulah mengenai bacaan niat shalat dhuha beserta latin dan terjemahannya baik itu niat shalat dhuha dengan 2 rakaat maupun 4 rakaat. Dan semoga apa yang sudah diuraikan diatas mengenai niat shalat dhuha bisa bermanfaat.

0 Response to "Bacaan Niat Shalat Dhuha Lengkap Dengan Tulisan Latin Dan Artinya"

Post a Comment