Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sunah-Sunah Dalam Mengerjakan Shalat Jum'at

Doaharianislami.com - Tentu kita sebagai seorang muslim sudah mengetahui bahwa setiap hari jum'at diwajibkan bagi kita para laki-laki yang sudah baligh (dewasa), yang sehat dan bukan musyafir untuk mengerjakan sholat jum'at atau fardhu 'ain. sholat jum'at merupakan ibadah rutin setiap hari jum'at sebagai pengganti sholat dzuhur.

Dalam melakukan ibadah kita pasti ingin mendapatkan pahala yang lebih untuk menyempurnakan ibadah kita, seperti halnya dalam mengerjakan sholat jum'at mempunyai sunah-sunah yang bisa kita lakukan agar dalam mengerjakan sholat jum'at kita mendapat pahala lebih.

10 Sunah Dalam Mengerjakan Sholat Jum'at

Sunah-Sunah Dalam Mengerjakan Shalat Jum'at

Dan bagi yang belum tahu apa sunah-sunah yang dikerjakan dalam sholat jum'at, berikut ini merupakan sunah-sunahnya:

1. Orang yang akan pergi untuk sholat Jum'at hendaklah segera datang ke masjid. Allah Swt berfirman.

Artinya:"Dan segeralah kamu kepada ampunan dari Tuhanmu dan kepada surga yang luasnya seluas langit dan bumi yang disediakan untuk orang orang yang bertakwa." (Q.S Ali Imran : 133)

2. Disunahkan untuk mandi terlebih dahulu sebelum pergi ke masjid, dengan niat mandi untuk sholat jum'at selain itu juga disunnahkan menghilangkan segala kotoran yang ada dibadan. Rasulullah saw bersabda.

Artinya:" Dari Ibnu Hibban sesungguhnya rasulullah saw bersabda: Barang siapa menghadiri jum'at baik laki-laki atau perempuan hendaklah ia mandi." (H.R Jamaah dan Ibnu Hibban)

3. Sebelum melaksanakan sholat jum'at disunahkan pula untuk memotong kuku, mencukur rambut dan bulu yang baik untuk dicukur  dan berhias dengan pakaian yang rapih, bersih, bagus serta memakai wewangian (parfum). Rasulullah saw bersabda.

Artinya: "Dari Abu Ayub Al-Anshari sesungguhnya rasulullah saw telah bersabda: Barang siapa mandi pada hari jum'at dan memakai harum-haruman jika ada padanya, serta memakai sebaik-baiknya pakaian yang ada padanya. kemudian keluar ia hingga sampai di masjid lalu ruku' (sholat) seberapa ia kehendaki dan tidak menyakiti seseorang (melangkahi duduk orang lain. kemudian ia mendengarkan khutbah hingga ia sholat jum'at, yang demikian itu akan menjadi kafarat (penebus) bagi dosa yang terjadi antara jum'at itu dan jum'at lain." (H.R Ahmad)

Baca juga: Niat Sholat Rawatib Qabliyah dan Ba'diyah Lengkap

4. Ketika keluar dari rumah untuk berangkat ke masjid di sunahkan untuk membaca doa.

Artinya: "Wahai tuhanku jadikanlah dalam hatiku cahaya, dan pada lidahku cahaya dan jadikanlah pada pendengaranku cahaya, dan jadikanlah pada penglihatanku cahaya dan jadikanlah dibelakangku cahaya dan dihadapanku cahaya, dan jadikanlah dari atasku cahaya dan dari bawahku cahaya.Ya Tuhanku berilah aku cahaya cahaya yang berkilau." (H.R Muslim dan Ibnu Abbas)

5. Ketika memasuki masjid hendaklah mendahulukan kaki kanan dan membaca doa masuk masjid, begitupun saat keluar masjid mendahulukan kaki kiri dan membaca doa keluar masjid. perlu diingat membaca doa saat masuk masjid maupun keluar masjid tidak di amalkan khusus pada hari jum'at saja tetapi setiap saat ketika masuk dan keluar masjid.

6. Hendaklah orang yang datang ke masjid untuk melakukan sholat jum'at tidak melangkahi duduk orang lain. Rasulullah saw bersabda.

Artinya:" Dari Abdullah bin Busr ia berkata: seorang laki-laki datang melangkahi duduk-duduk orang lain pada hari jum'at, sedang Nabi Saw sedang berkhotbah, maka Nabi Saw bersabda: Duduklah kamu sesungguhnya kamu telah menyakiti dan telah terlambat." (H.R Abu Daud dan Nasai)

Baca juga: Bacaan Niat Sholat Jum'at Lengkap Beserta Latin Dan Artinya

7. Orang yang hendak pergi sholat jum'at setelah sampai di masjid langsung mengambil tempat untuk melakukan sholat tahiyatul masjid, walaupun sedang ada khutbah. Kecuali jika ia melakukan Sholat tahiyatul masjid kalau tertinggal oleh imam untuk sholat jum'at. Rasulullah saw bersabda

Artinya:"Dari Abu Qatadah bahwa Rasulullah saw bersabda: Apabila seseorang diantara kamu masuk ke masjid maka hendaklah ia sholat dua rakaat sebelum duduk." (H.R Abu Daud)

8. Setelah selesai sholat tahiyatul masjid maka di sunahkan untuk duduk dengan niat i'tikaf sambil berdzikir, berdoa, membaca sholawat dan mengerjakan sunah sesuai kemampuannya.

9. Jika Khatib telah memulai khutbah hendaklah jama'ah yang lain berhenti membaca doa, dzikir atau yang lainnya. Rasulullah Saw bersabda.

Artinya:" Dari Abu Hurairah ra sesungguhnya rasulullah saw bersabda : Apabila engkau katakan kepada teman engkau pada hari jum'at diamlah, sedang imam berkhotbah maka engkau telah membuat sia-sia." (H.R Mali Ahmad dan Abu Dawud)

10. Setelah mengerjakan sholat jum'at hendaklah mengerjakan sholat ba'diyah. Rasulullah saw bersabda.

Artinya: "Dari Abu Hurairah ra sesungguhnya Rasulullah saw bersabda: barang siapa di antara kamu yang mengerjakan sholat sesudah jum'at, maka hendaklah ia sholat empat rakaat." (H.R Muslim)

Baca juga: Niat Sholat Witir Lengkap dengan Terjemahnya

Demikian lah mengenai sunah-sunah pada sholat jum'at. Semoga dengan melakukan sunah-sunah tersebut ibadah sholat jum'at kita semakin sempurna dan mendapatkan pahala lebih.