Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bacaan Niat Sholat Jum'at Lengkap Beserta Latin dan Artinya

Niat Sholat Jum'at - Shalat Jum'at yaitu shalat dua raka'at dihari jum'at yang dikerjakan secara berjamaah sedikitnya 40 orang. Menurut pendapat imam Syafi'i, waktu mengerjakan sholat jum'at setelah matahari tergelincir ke barat atau kira-kira pada jam 12.05 siang. Dan dikerjakan setelah khutbah.

Adapun sholat jum'at itu sebagai pengganti dari sholat Dhuhur, karena barangsiapa yang mengerjakan shalat Jum'at maka ia tidak diwajibkan sholat dhuhur lagi. Sedangkan hukum shalat Jum'at adalah fadhu 'Ain atau diwajibkan bagi setiap laki-laki yang yang sudah baligh (dewasa), yang sehat dan bukan musafir. Tetapi tidak wajib bagi anak kecil, wanita, budak, orang sakit dan orang gila.

Didalam Sholat Jum'at fardhunya ada 3:
  1. Harus ada dua khutbah, dan diantara dua khutbah itu harus duduk.
  2. Harus dua rakaat.
  3. Harus berjamaah.
Bila seseorang hendak pergi mengerjakan sholat jum'at maka disunahkan mandi dan memakai pakaian yang bersih, pantas dan dibolehkan memakai wewangian jika tidak berpuasa. Dan bagi orang yang sholat jum'at disunnahkan mendengarkan khutbah.

Dan bila seseorang memasuki masjid ketika sedang ada khutbah kemudian mengerjakan sholat sunnah, maka sholat sunnahnya dipercepat, lalu duduk mendengarkan khutbah.

Niat Shalat Jum'at dan Artinya

Bacaan Niat Sholat Jum'at Lengkap Beserta Latin dan Artinya

Untuk Niat sholat Jum'at beserta latin dan terjemahnya adalah sebagai berikut:

Niat Sholat Jum'at Sebagai Makmum
اُصَلِّيْ فَرْضَ الْجُمْعَةِ رَكْعَتَيْنِ اَدَاءً مَاْمُوْمًا لِلّٰهِ تَعَالَى

Ushollii fardhol jum'ati rak'ataini adaa-an ma-muuman lillaahi ta'aala

Artinya : "Aku niat melakukan shalat jum'at 2 rakaat sebagai makmum, karena Allah Ta'ala"

Sedangkan untuk niat sholat jum'at sebagai imam adalah sebagai berikut.

Niat Sholat Jum'at Sebagai Imam
اُصَلِّيْ فَرْضَ الْجُمْعَةِ رَكْعَتَيْنِ اَدَاءً اِمَامًا لِلّٰهِ تَعَالَى

Usholli fardhol jum'ati rak'ataini adaa-an imaaman lillaahi ta'aala

Artinya : "Aku niat melakukan shalat jum'at 2 rakaat sebagai imam, karena Allah Ta'ala"

Sebagai tambahan bila ada seseorang makmum yang terlambat sholat jum'at, saat imam sudah mendapatkan satu rakaat, maka boleh menyusul mengikuti imam. Tetapi bila imam salam, maka ia harus menambah satu rakaat lagi.

Dan jika seseorang akan sholat jum'at datangnya terlambat sampai imam sudah sujud terakhir (pada rakaat kedua), maka dapat pula menyusulnya, tetapi setelah imam selesai shalat, maka ia harus berdiri untuk memulai sholat dhuhur yaitu empat rakaat.

Tanpa niat shalat dhuhur, yang demikian ini dinamai: "Sholla wa laa nawaa, nawaa wa laa sholla" yang artinya: "Niat sholat Jum'at tapi tidak sholat Jum'at, dan tidak niat sholat dhuhur tapi sholat dhuhur"

Baca juga : Niat sholat Dhuha beserta latin dan artinya

Itulah bacaan niat sholat jum'at lengkap dengan latin dan artinya. alangkah baiknya setelah mengerjakan sholat jum'at jangan langsung pergi. Hendaknya membaca wirid dan dzikir terlebih dahulu dan berdoa.