Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Syarat-Syarat Wudhu Lengkap Beserta Penjelasannya

Doaharianislami.com - Syarat merupakan segala sesuatu yang harus ada atau perlu dilakukan. Jadi yang di maksud syarat-syarat wudhu adalah segala sesuatu yang harus di lakukan ketika berwudhu, dan jika apabila salah satu syarat tersebut tidak terpenuhi maka wudhunya tidak lah syah.

Berwudhu merupakan salah satu cara untuk bersuci dari hadast sebelum mengerjakan sholat baik itu sholat wajib (fardhu) lima waktu maupun sholat sunnah, dimana hukum wudhu adalah wajib sebelum mengerjakan sholat.

Sebagai ibadah wudhu tentu saja mempunyai syarat-syarat yang harus dipahami, diikuti dan dilaksanakan dengan sebaik-baiknya, supaya dapat berwudhu dengan benar dan supaya wudhunya syah diterima oleh Allah Swt.

Syarat-Syarat Wudhu Lengkap Beserta Penjelasannya

Bagi yang belum paham mengenai syarat-syarat wudhu dibawah ini merupakan ulasan mengenai syarat-syarat wudhu beserta penjelasannya

Syarat-Syarat Wudhu

1. Beragama Islam

Orang yang akan melakukan wudhu harus beragama islam, jika orang tersebut bukan beragama islam maka wudhunya tidak akan syah

2. Mumayiz

Mumayyiz (berakal) Yaitu mampu membedakan sesuatu yang baik dan yang buruk, anak yang sudah mencapai usia sekitar 7 tahun dan sudah bisa membedakan sesuatu yang bermanfaat dan sesuatu yang membahayakan. Intinya anak yang sudah mampu melakukan beberapa hal secara mendiri, seperti makan dan minum, mandi sendiri, membersihkan hadast dan aktifitas ringan lainya maka anak tersebut bisa di katakan mumayiz atau tamyiz.

Baca juga : Sunah-sunah wudhu lengkap

3. Tidak Berhadast Besar

Jika seseorang sedang berhadast besar harus bersuci terlebih dahulu dengan mandi wajib. penyebab hadast besar diantaranya yaitu bersetubuh atau bersenggama, mimpi basah, haid, nifas, wiladah, setiap orang yang berhadast besar harus mandi wajib terlebih dahulu barulah berwudhu.

4. Memakai Air Yang Suci dan Mensucikan

Berwudhu tentu saja harus menggunakan air, tapi tidak hanya air harus air yang suci dan juga mensucikan. air  yang suci dan mensucikan disebut juga dengan air mutlaq adalah air yang suci, bukan air yang najis atau air yang kotor. contoh air yang suci dan mensucikan seperti air hujan, salju, embun air laut, air zam-zam, air sumur, air sungai. sedangkan air yang suci namun tidak mensucikan seperti air kopi, sirup dan masih banyak lagi tentunya.

5. Tidak Ada Yang Menghalangi Sampainya Air Ke Kulit

Dalam berwudhu harus tidak ada sesuatu yang menghalangi sampainya air kekulit seperti getah, cat atau benda lain yang tidak bisa tembus oleh air.

Baca juga: Rukun-rukun wudhu beserta penjelasannya

Demikianlah mengenai syarat-syarat wudhu yang wajib kita ketahui dan di pahami sebagai panduan ketika melakukan wudhu supaya dapat berwudhu dengan benar dan wudhu kita diterima oleh Allah Swt. Selain syarat-syarat wudhu kita juga harus mengetahui sunah-sunah wudhu dan melakukannya ketika berwudhu supaya wudhu yang kita lakukan semakin sempurna dan menambah pahala kita.