Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Doa Ketika Kehilangan Barang Agar Cepat Kembali

Doa Ketika Kehilangan Barang  - Kita pasti pernah kehilangan suatu barang, baik itu uang, benda atau barang yang berharga atau pun yang biasa saja. Saat kita kehilangan suatu benda atau barang tentu saja tidak memandang tempat, entah itu saat di rumah atau pun diluar rumah ketika sedang bepergian.

Kehilangan suatu barang tentunya ada banyak faktor penyebabnya, seperti lupa menaruh barang tersebut, terjatuh di jalan ketika bepergian atau pun sengaja diambil (dicuri) oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

Lalu apa yang kita lakukan saat kehilangan barang?, Apakah marah-marah?, Menyesali kesalahan sendiri ?. Saat barang kita hilang tentu saja kita khawatir dan terus berusaha mencarinya sampai barang tersebut ditemukan. Selain berusaha mencarinya alangkah baiknya kita berdoa memohon kepada Allah Swt agar kita diberi petunjuk dan dimudahkan saat mencarinya, sehingga barang tersebut dapat kembali ke kita.

Baca juga: Doa Agar Pikiran Terang Lengkap Beserta Artinya

Berikut adalah doa yang bisa kita amalkan saat kehilangan suatu barang lengkap dengan latin dan artinya:

Doa Ketika Kehilangan Barang Agar Cepat Kembali

Doa Ketika Barang Hilang

اَللّٰهُمَّ يَا جَامِعَ النَّاسِ لِيَوْمٍ لَا رَيْبَ فِيْهِ اِجْمَعْ بَيْنِيْ وَبَيْنَ ضَالَّتِيْ فِيْ خَيْرٍ وَعَافِيَةٍ

Allahumma yaa jaami'an naasi liyaumin laa raiba fiih, ijma' bainii wa baina dlaallatii fii khairin wa 'aafiyah

Artinya: "Wahai Tuhanku, wahai Tuhan yang mengumpulkan semua manusia di hari yang tiada ragu lagi padanya. Pertemukan aku dan barangku yang hilang dengan kebaikan dan 'afiyah,"

Selain membaca doa di atas saat kehilangan barang, bisa juga anda menambahkan membaca doa di bawah ini:

Doa Saat Kehilangan Barang

اَللّٰهُمَّ يَارِبِّ الضَّآلَّةِ وَيَاهَادِيًا مِنَ الضَّلاَلَةِ رُدَّ ضَآ لَّتِىْ

Allaahumma ya rabbadl dloollati wa yaa haadiyan minadl dlolaalati rudda dloollati

Artinya : "Ya Allah Tuhan dari sesuatu yang hilang, ya Tuhan yang memberikan petunjuk dari kesesatan, kembalikanlah barangku yang hilang."

Jika sudah berusaha mencari barang tersebut dan berdoa memohon kepada Allah agar barang tersebut kembali, namun belum ditemukan juga. Berarti barang tersebut bukan rezeki kita lagi, kita harus mengikhlaskan barang tersebut, dan semoga Allah mengganti barang tersebut dengan baik yang lebih baik untuk kita. Sejatinya di dunia ini, cepat atau lambat kita pasti akan merasakan kehilangan karena semua hanyalah titipan dari Allah Swt.

Dibalik kehilangan suatu barang tentunya mempunyai hikmah tersendiri bagi pemiliknya. Agar kita lebih bijak lagi saat kehilangan suatu barang dan lebih mendekatkan diri kepada Allah Swt. Nah berikut ini beberapa hikmah saat kehilangan barang:
  1. Segala sesuatu didunia ini adalah titipan Allah Swt.
  2. Menjadikan kita lebih bersyukur atas semua yang kita miliki.
  3. Lebih menjaga titipan Allah Swt.
  4. Menjadikan kita lebih mendekatkan diri kepada Allah.
  5. Lebih banyak memberi dan berbagi.
Baca juga: Bacaan Doa Agar Hati Tenang Tidak Gelisah, Sedih dan Cemas

Itulah bacaan doa saat kehilangan barang agar cepat kembali lengkap dengan artinya, serta beberapa hikmah yang bisa kita ambil saat kehilangan barang. Semoga dengan membaca doa di atas barang kita yang hilang bisa segera ditemukan dan masih menjadi rezeki kita. Semoga bisa bermanfaat.