Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Keutamaan Bagi Orang Yang Berpuasa Beserta Hadistnya

Keutamaan Bagi Orang Yang Berpuasa - Puasa menurut syariat Islam adalah menahan diri dari sesuatu yang membatalkannya selama satu hari penuh mulai dari terbitnya fajar sampai terbenamnya matahari dengan syarat dan rukun yang sudah ditentukan. sedangkan puasa menurut bahasa menahan diri dari sesuatu. Puasa dapat diartikan menahan diri dari hawa nafsu, makan dan minum serta segala sesuatu yang dapat membatalkannya.

Keutamaan Bagi Orang Yang Berpuasa Beserta Hadistnya

Selain menahan diri dari sesuatu hal yang membatalkannya berpuasa juga mempunyai keutamaan atau fadhilah bagi orang yang menjalankannya. Dengan mengetahui keutamaan-keutamaan berpuasa tentunya akan menambah semangat kita untuk berpuasa, terutama puasa wajib pada bulan Ramadhan. Nah bagi yang belum mengetahui apa saja keutamaan berpuasa. berikut ini merupakan beberapa keutamaan bagi orang yang berpuasa.

Baca juga: Keutamaan 10 Hari Terakhir Bulan Puasa Ramadhan

Keutamaan atau Fadhilah Berpuasa

1. Pahala orang yang berpuasa tidak terbatas, bau mulutnya lebih wangi dari pada wangi kasturi dan ia memiliki dua kebahagiaan

Dari Abu Hurairah bahwa Rasulullah saw bersabda: "Telah berfirman Allah Azza wajalla: semua amalan manusia adalah untuk dirinya, kecuali puasa, maka itu adalah untukKu dan aku akan memberinya pahala. Dan puasa itu merupakan benteng maka ketika datang saat berpuasa janganlah seseorang berkata keji atau berteriak-teriak atau mencaci maki, apabila seseorang dicaci maki oleh orang lain hendaklah ia menjawabnya: Saya ini berpuasa sampai dua kali. Demi Tuhan yang nyawa Muhammad berada dalam tangan-Nya, bau mulut orang yang berpuasa itu lebih harum di sisi Allah pada hari kiamat dari pada bau kasturi. Dan orang yang berpuasa akan memperoleh dua kegembiraan yang menyenangkan hati yaitu: Ketika berbuka ia akan bergembira dengan berbuka itu, dan pada saat ia menemui Tuhan-Nya nanti ia akan gembira karena puasanya." (HR. Muslim)

2. Berpuasa dapat memasukkan seorang hamba ke dalam Surga

Dari Abu Umamah ia berkata: "Saya datang kepada Rasulullah saw kemudian saya berkata: Suruhlah aku dengan suatu amal yang dapat memasukkan aku ke Surga. Maka Nabi saw bersabda: Hendaklah kamu berpuasa, karena tak ada tandingannya puasa itu. Kemudian saya mendatangi Nabi untuk yang kedua kalinya, maka beliau bersabda: Kamu Berpuasa." (HR.  Ahmad, Nasai dan Hakim)

3. Orang yang berpuasa satu hari akan menghindarkan dirinya dari siksa api neraka selama 70 tahun.

Dari Abu Sa'id Al-Khudri ra, bahwa Nabi Saw bersabda: "Seseorang hamba yang berpuasa satu hari di jalan Allah maka dengan puasa itu Allah akan menghindarkan dirinya dari api neraka selama tujuh puluh tahun." (HR.  Jamaah, kecuali abu daud)

4. Orang yang berpuasa akan mendapatkan Ar-Rayyan

Dari Sahl bin Sa'ad bahwa Nabi Saw bersabda: "Sesungguhnya surga itu mempunyai sebuah pintu yang disebut dengan pintu Rayyan artinya basah melimpah. Di panggil pada hari kiamat. Hai mana orang-orang yang berpuasa? Kemudian jika orang yang terakhir dari mereka telah masuk maka pintu itu pun ditutup." (HR. Bukhari dan Muslim)

5. Orang yang berpuasa akan diampuni dosa-dosanya

Dari Abu Hurairah ra bahwa Rasulullah Saw bersabda: "Siapa yang berpuasa di bulan Ramadhan karena iman dan benar-benar mengharapkan pahala dari Allah maka diampuni dosa-dosanya yang lalu." (HR. Bukhari dan Muslim)

Baca Juga : Inilah sunah-sunah dalam puasa Ramadhan

Itulah beberapa keutamaan puasa beserta hadistnya. Selain ke lima keutamaan berpuasa diatas tentunya masih banyak lagi mengenai keutamaan berpuasa. Dengan mengetahui keutamaan-keutamaan berpuasa tentunya kita akan semakin semangat lagi untuk menjalankan ibadah puasa mengingat banyak sekali keutamaan didalamnya.