Keutamaan Shalat Dhuha Lengkap Dengan Hadistnya

Doaharianislami.com- Shalat dhuha adalah shalat sunah yang di lakukan pada waktu dhuha (mulai dari matahari setinggi tombak sampai tergelincir matahari). untuk jumlah rakaat pada shalat dhuha paling sedikit 2 rakaat dan paling banyak dua 12 rakaat.

Shalat dhuha merupakan salah satu diantara shalat sunah yang sangat dianjurkan oleh Rasullah saw. dan juga banyak sekali hadist yang menjelaskan berbagai keutamaan atau keistimewaan mengenai shalat dhuha bagi siapa saja oarang yang menjalankannya. Nah berikut ini adalah beberapa keutamaan yang terdapat pada shalat dhuha lengkap beserta hadistnya.

Keutamaan Shalat Dhuha Lengkap Dengan Hadistnya

Keutamaan Shalat Dhuha 


1. Shalat Dhuha dua rakaat dapat menggantikan tasbih, tahmid, tahlil, amar makruf dan nahi mungkar. Rasulullah saw bersabda:

Dari Abu Dzarr ra. dari Nabi Saw beliau bersabda: Pada setiap pagi ada kewajiban untuk tiap-tiap persendian bersedekah. Tiap-tiap tasbih itu sedekah, tiap-tiap tahlil sedekah, tiap-tiap tahmid sedekah, tiap-tiap takbir sedekah, tiap-tiap menganjurkan kebaikan sedekah, tiap-tiap mencegah yang mungkar sedekah dan cukup menggantikan semua itu dengan dua rakaat shalat dhuha. (HR Muslim)

2. Rasulullah Saw telah berwasiat untuk melakukan shalat dhuha.  Hal ini berdasarkan hadist Rasulullah Saw berikut ini.

Dari Abu Hurairah ra, ia berkata: Kekasihku  Rasulullah saw telah berpesan kepadaku supaya berpuasa tiga hari setiap bulan, dan dua rakaat shalat dhuha, dan shalat witir sebelum tidur. ( HR. Buhkari dan Muslim)

3. Shalat Dhuha dua rakaat pahalanya sama dengan sedekah yang dilakukan oleh 360 ruas tulang. Hal ini diterangkan dalam sebuah hadis Rasulullah saw berikut ini.

Dari Buraidah ra, bahwa Rasulullah saw bersabda: Dalam tubuh manusia ada tiga ratus enam puluh ruas tulang ia diharuskan bersedekah untuk setiap ruas itu. Para sahabat bertanya: Siapa yang kuat melaksanakan itu wahai Rasulullah ? Beliau bersabda: Dahak yang ada di masjid lalu di tutupnya dengan tanah atau menyingkirkan suatu gangguan dari tengah jalan itu berarti sedekah. Atau sekiranya tidak mampu cukuplah diganti dengan mengerjakan dua rakaat shalat dhuha. (HR Ahmad dan Abu Daud)

4. Shalat Dhuha empat rakaat yang dikerjakan pada pagi hari, akan dibalas oleh Allah Swt  dengan mencukupkan keperluan orang tersebut pada siang harinya. Hal tersebut berdasarkan hadis berikut ini.

Dari Nuas bin Saman ra, bahwa Nabi Saw bersabda: Allah Azza Wajalla berfirman: Wahai anak Adam, janganlah sekali-kali engkau malas mengerjakan empat rakaat pada permulaan siang (yakni shalat dhuha), nanti akan kucukupi kebutuhanmu pada sore harinya. ( HR. Hakim dan Tabrani dan semua parawinya dapat dipercaya)

Itulah mengenai keutamaan shalat dhuha. Semoga dengan mengetahui keutamaan-keutamaan yang terdapat pada shalat dhuha dapat menambah semangat dan meluangkan waktu kita untuk melakukan shalat dhuha.

0 Response to "Keutamaan Shalat Dhuha Lengkap Dengan Hadistnya"

Post a Comment