Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Niat Shalat Sunah Awwabin dan Tata Cara Mengerjakannya

Doaharianislami.com - Setelah mengerjakan shalat sunah ba'dal maghrib disunnahkan pula mengerjakan shalat sunnah Awwabin. Shalat sunah Awwabin adalah shalat yang dikerjakan pada waktu setelah mengerjakan shalat maghrib sampai menjelang shalat isya (diantara maghrib dan Isya).

Dinamakan Shalat Awwabin karena karena pada waktu diantara maghrib dan Isya umumnya orang-orang cenderung lalai untuk beribadah kepada Allah Swt, karena disibukkan dengan aktifitas duniawi seperti makan malam, istirahat, tidur maupun aktifitas lainnya.

Oleh karena itu shalat sunah Awwabin juga sering disebut dengan shalat ghaflah (shalat lalai atau lupa). Shalat sunah Awwabin dikerjakan 20 rakaat dan paling sedikit 2 rakaat.

Niat Shalat Sunah Awwabin dan Tata Cara Mengerjakannya

Mengenai fadhilah atau keutamaan shalat Awwabin dalam sebuah hadist yang diriwayatkan oleh At-Tirmidzi dijelaskan bahwa orang yang menjalankan shalat sunnah Awwabin 6 rakaat akan mendapatkan pahala setara dengan ibadah selama 12 tahun. Berikut adalah bunyi hadist tersebut.

مَنْ صَلَّى سِتَّ رَكَعَاتٍ بَيْنَ الْمَغْرِبِ وَالْعِشَاءِ كَتَبَ اللهُ لَهُ عِبَادَةَ اثْنَتَيْ عَشَرَةَ سَنَةً

Artinya: "Barang siapa yang melaksanakan shalat Awwabin enam rakaat maka Allah catat baginya pahala ibadah dua belas tahun." (HR Tirmidzi).

Baca Juga : Niat shalat Dhuha lengkap dengan latin dan artinya

Niat Shalat Sunah Awwabin

Untuk Lafadz niat shalat sunah Awwabin hampir sama dengan shalat sunah lainnya yang membedekan hanya lafadz niatnya. Berikut ini adalah lafadz niat shalat sunah Awwabin beserta latin dan artinya.

Niat Shalat Sunah Awwabin 

اُصَلِّى سُنَّةً الأَوَّابِينَ رَكَعَتَيْنِ ِللهِ تَعَالَى

Ushalli sunnatal awwabiina rak'ataini lillahi ta'aalaa.

Artinya : "Aku niat shalat sunah awwabin dua rakaat karena Allah ta'ala".

Tata Cara Mengerjakan Shalat Sunah Awwabin

1. Shalat dua rakaat dengan membaca niat seperti diatas.

Niat Shalat Sunah Awwabin 

اُصَلِّى سُنَّةً الأَوَّابِينَ رَكَعَتَيْنِ ِللهِ تَعَالَى

Ushalli sunnatal awwabiina rak'ataini lillahi ta'aalaa.

Artinya : "Aku niat shalat sunah awwabin dua rakaat karena Allah ta'ala".

2. Sesudah membaca surah Al-Fatihah pada rakaat pertama dilanjutkan dengan membaca surah Al-Ikhlas sebanyak 6 kali, surah Al-Falaq sekali dan surah An-Nas sekali. Begitu juga pada rakaat kedua.

3. Setelah salam pada dua rakaat pertama, maka mengerjakan shalat lagi dua rakaat. Dan bacaan surah setelah membaca surah Al-fatihah pada rakaat pertama dan kedua bebas membaca surah mana saja yang dikehendaki. Untuk niatnya sama seperti shalat yang pertama.

4. Sesudah itu, berdiri lagi dengan lafal niatnya sama seperti yang tersebut diatas. Jumlah rakaatnya pun sama dua rakaat, dengan bacaan pada rakaat pertama sesudah membaca surah Al-Fatihah membaca surah Al-Kafirun dan pada rakaat yang kedua setelah membaca surah Al-Fatihah membaca surah Al-Ikhlas.

Baca juga: Niat shalat Rawatib Qabliyah dan Ba'diyah lengkap

Demikianlah penjelasan mengenai shalat sunah Awwabin beserta niat dan tata cara menjalankannya. semoga bisa bermanfaat dan jangan lupa baca juga artikel-artikel menarik lainnya dari doaharianislami.com, trimakasih.