Doa Akhir Tahun dan Doa Awal Tahun Hijriyah Lengkap Dengan Artinya

Doaharianislami.com- Sebagai umat Islam tentunya kita sudah mengetahui bahwa penanggalan tahun Hijriyah dan Masehi itu berbeda, tahun Hijriyah diawali pada tanggal 1 Muharram dan diakhiri pada tanggal 29 atau 30 Dzulhijjah. sedangkan tahun Masehi diawali pada tanggal 1 Januari dan diakhiri pada tanggal 31 Desember. Kalender Hijriyah juga digunakan oleh negara yang masyarakatnya mayoritas muslim seperti di indonesia.

Perhitungan kalender Hijriyah dan Masehi mempunyai sistem yang berbeda, Kalender Hijriyah menggunakan peredaran Bulan (Qomariyah) sebagai acuannya sedangkan kalender Masehi menggunakan peredaran Matahari. penetapan sebuah hari pada kalender Hijriyah yaitu dimulai saat terbenamnya matahari sedangkan Masehi diawali pada pertengahan malam hari yaitu pukul 00 : 00.

Penetapan kalender Hijriyah pertama kali dilakukan pada masa Khalifah Umar bin Khatab ra, yang menetapkan peristiwa Hijrahnya Rasulullah Saw dari Mekah ke Madinah. dalam musyawarah Khalifah Umar bin Khatab ra dan para sahabat, muncul beberapa usulan mengenai patokan awal tahun. Ada yang mengusulkan penanggalan dimulai dari tahun diutusnya Nabi Muhammad Saw. Sebagian lagi mengusulkan supaya penanggalan dibuat sesuai dengan kalender Romawi, yang awal  hitungan penanggalan dimulai dari masa raja Iskandar (Alexander). yang lain mengusulkan, dimulai dari tahun hijrahnya Nabi Muhammad Saw ke kota Madinah. Usulan ini disampaikan oleh sahabat Ali bin Abi Thalib ra. Hati Umar bin Khatab ra ternyata condong kepada usulan kedua ini.

Pada pergantian tahun Hijriyah umat Islam mengisi pergantian tahun dengan memanjatkan doa baik pada akhir tahun maupun pada awal tahun Hijriyah. karena akhir tahun merupakan momentum untuk introspeksi diri mengenai hal yang berkaitan dengan kebaikan maupun keburukan pada diri kita, tidak lepas dari kekurangan, oleh karena itu, alangkah baiknya penutup tahun diisi dengan doa sebagai bentuk kepasrahan kepada Allah Swt. begitu juga awal tahun yang merupakan harapan baru di sinilah doa berperan penting dalam mengarahkan harapan kita kepada Allah Swt. Ada baiknya kita mengajukan permohonan kepada-Nya. karena banyak harapan yang akan kita mohon kepada Allah  seperti memohon rahmat, lindungan, keselamatan, kelapangan rezeki, jodoh, karir, wafat dengan khusnul khatimah, dan lain sebagainya. berikut ini adalah lafadz doa Akhir tahun dan awal tahun lengkap beserta artinya.

Doa Akhir Tahun dan Doa Awal Tahun Hijriyah Lengkap Dengan Artinya

Doa Akhir Tahun

وَصَلَّى اللهُ عَلٰى سَيِّدِنَا وَمَوْلٰنَا مُحَمَّدٍ وَعَلٰى اٰلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ .اَللّٰهُمَّ مَا عَمِلْتُ فِى هٰذِهِ السَّنَةِ مِمَّا نَهَيْتَنِيْ عَنْهُ فَلَمْ اَتُبْ مِنْهُ  وَلَمْ تَرْضَهُ وَلَمْ تَنْسَهُ وَحَلِمْتَ عَلَيَّ بَعْدَ قُدْرَتِكَ عَلٰى عُقُوْبَتِيْ وَدَعَوْتَنِيْ اِلَى التَّوْبَةِ بَعْدَ جَرَاءَتِيْ عَلٰى مَعْصِيَتِكَ فَإِنِّيْ اَسْتَغْفِرُكَ فَغْفِرْلِيْ وَمَا عَمِلْتُ فِيْهَا مِمَّا تَرْضَاهُ وَوَعَدْتَنِيْ عَلَيْهِ بِا الثَّوَابَ فَأَسْأَلُكَ اَللّٰهُمَّ يَاكَرِيْمُ يَاذَ الْجَلاَلِ وَاْلاِكْرَامِ اَنْ تَتَقَبَّلَهُ مِنِّيْ وَلاَ تَقْطَعْ رَجَاىِٔيْ مِنْكَ يَاكَرِيْمُ .وَصَلَى اللهُ عَلٰى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلٰى اٰلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ

Artinya : " Dan semoga rahmat dan salam terlimpahkan kepada junjungan kami dan tuan kami yaitu Nabi Muhammad beserta keluarga dan para sahabatnya. Ya Allah, laranglah apapun dari-Mu yang telah kulakukan  pada tahun ini, sedang aku tidak bertaubat darinya, dan Engkau tidak meridhainya, tidak melupakannya dan Engkau bersikap penyantun kepadaku padahal engkau berkuasa untuk menghukumku, dan Engkau telah menyeruku untuk bertaubat sesudah aku berani berbuat durhaka kepada -Mu, maka sesungguhnya sekarang aku memohon ampun kepada Engkau, ampunilah aku. Dan hal-hal apapun yang Engkau ridhai yang telah kulakukan pada tahun ini, dan telah Engkau janjikan pahalanya kepadaku, maka aku memohon kepada Engkau, Ya Allah, wahai yang Mahamulia, wahai yang memiliki kebesaran dan kemuliaan, sudilah Engkau menerimanya, dan janganlah Engkau putuskan harapanku kepada-Mu wahai Yang Mahamulia. Dan semoga Allah melimpahkan rahmat dan salam-Nya kepada junjungan kami Nabi Muhammad Saw juga pada keluarga dan para sahabatnya."

Doa akhir tahun diatas dianjurkan untuk dibaca sebanyak 3 kali yaitu pada akhir waktu Ashar pada hada hari ke 29 atau 30 bulan Dzulhijjah. Barang siapa yang membaca doa ini pada waktu tersebut, maka berkatalah setan, " Celakalah bagiku, dan sia-sialah segala upayaku untuk menggoda anak adam selama satu tahun, hal ini terhapuskan olehnya hanya dalam sesaat. Karena doa ini, diampunilah dosanya selama satu tahun".

Sedangkan untuk doa awal tahun adalah sebagai berikut:

doa awal tahun

Doa Awal Tahun

وَصَلَّى اللهُ عَلٰى سَيِّدِنَا وَمَوْلٰنَا مُحَمَّدٍ وَعَلٰى اٰلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ .اَللّٰهُمَّ اَنْتَ اْلاَ بَدِيُّ الْقَدِيْمُ اْلاَوَّلُ وَعَلٰى فَضْلِكَ الْعَظِيْمِ وَكَرَمِ جُوْدِكَ الْمُعَوَّلُ وَهٰذَا عَامٌ جَدِيْدٌ قَدْ اَقْبَلَ اَسْأَلُكَ الْعِصْمَةَ فِيْهِ مِنَ الشَّيْطَانِ وَاَوْلِيَائِهِ وَجُنُوْدِهِ وَالْعَوْنَ عَلٰى هٰذِهِ النَّفْسِ اْلاَمَّارَةِ بِالسُّوْءِ وَاْلاِشْتِغَالِ بِمَا يُقَرِّبُنِى اِلَيْكَ زُلْفٰى يَاذَالْجَلاَلِ وَاْلاِكْرَامِ يَااَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ .وَصَلَى اللهُ عَلٰى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلٰى اٰلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ

Artinya: "Dan semoga rahmat dan salam terlimpahkan kepada junjungan kami dan tuan kami yaitu Nabi Muhammad beserta keluarga dan para sahabatnya. Ya Allah, Engkau yang Maha kekal. Maha terdahulu lagi Maha awal, dan berkat kemurahan-Mu yang besar serta karunia-Mu yang menjadi sumber (semuanya terjadi). Dan kini tahun baru telah tiba, pada tahun ini kami memohon kepada-Mu agar terpelihara dari godaan setan, para pendukungnya dan bala tentaranya, dan kami memohon agar terpelihara dari hawa nafsu kami yang selalu memerintahkan berbuat keburukan. Dan kami memohon semoga Engkau menjadikan diri kami disibukkan dengan hal-hal yang mendekatkan diri kami kepada Engkau dengan sedekat-dekatnya, wahai Tuhan yang memiliki kesabaran dan kemuliaan, wahai Tuhan yang maha Penyayang diantara para penyayang. Dan semoga Allah melimpahkan rahmat dan salam kepada junjungan kami, tuan kami Nabi Muhammad beserta keluarga dan para sahabatnya."

Doa Awal tahun diatas dianjurkan untuk dibaca sebanyak tiga kali setelah shalat maghrib pada malam tanggal satu bulan Muharram.barang siapa yang membacanya, maka setan berkata, "Anak adam ini telah beriman dan terbebas dari genggaman kekuasaanku, sedang umurnya hanya tinggal tahun ini. Allah telah menugaskan dua malaikat guna memelihara dirinya dari bisikan setan".

Demikianlah mengenai bacaan doa akhir tahun dan awal tahun beserta lengkap artinya, semoga doa diatas bisa bermanfaat bagi kita semua. Amiin!

0 Response to "Doa Akhir Tahun dan Doa Awal Tahun Hijriyah Lengkap Dengan Artinya"

Post a Comment