Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bacaan Doa Agar Hati Tenang Tidak Gelisah, Sedih dan Cemas

Doaharianislami.com - Manusia diciptakan oleh Allah SWT sebagai makhluk yang paling sempurna dimuka bumi ini dengan berbagai macam kelebihan dibandingkan dengan makhluk ciptaan-Nya yang lain. Karunia yang Allah berikan kepada manusia ialah akal pikiran dan hawa nafsu. Selain dikaruniai akal pikiran dan nafsu, manusia juga telah dikaruniai hati dan perasaan oleh Allah Swt.

Hati merupakan sesuatu yang berhubungan dengan perasaan batin dan tidak bisa dilihat dengan kasat mata. Suasana hati seorang manusia mudah berubah-ubah kadang merasa tenang, senang, gembira dan yang lainnya karena mendapatkan sesuatu hal yang baik atau positif.

Doa Agar Hati Merasa Tenang Dan Tidak Gelisah

Dan sebaliknya tidak selamanya yang kita rasakan selalu baik kadang hati juga merasa tidak tenang, resah, gelisah sedih dan lain-lain. Yang disebabkan karena mendapatkan sesuatu yang tidak baik, masalah, cobaan, musibah. Apalagi jika masalah yang dihadapi tidak kunjung berakhir, hati akan terus merasa tidak tenang.

Baca juga : Bacaan Doa Untuk Kedua Orang Tua (Ibu dan Bapak)

Salah satu cara yang kita lakukan saat hati merasa tidak tenang, resah dan gelisah ialah berdoa memohon kepada Allah Swt, agar diberikan ketenangan dalam diri serta di hilangkan semua kegelisahan dan keresahan yang ada.

Bacaan Doa Supaya Hati Tenang Lengkap dengan Artinya

Berikut ini adalah bacaan doa supaya hati merasa tenang, lengkap beserta latin dan artinya:

Doa Agar Hati Tenang Tidak Gelisah

أَللّٰهُمَّ إِنِّى أَعُوْذُ بِكَ مِنَ الْهَمِّ وَالحَزَنِ وَالْعَجْزِ وَالْكَسَلِ وَالْبُخْلِ وَالْجُبْنِ وَضَلَعِ الدَّيْنِ وَغَلَبَةِ الْرِّجَالِ

Allahumma Inni a'udzubika minal hammi wal huzni, wal ajzi, wal kasali, wal bukhli, wal jubni, wal dhola'id daini, wa gholabatir rijali

Artinya: "Ya Tuhanku, aku berlindung kepadaMu dari rasa sedih serta duka cita ataupun kecemasan, dari rasa lemah serta kelemahan, dari kebakhilan serta sifat pengecut, dan beban hutang serta tekanan orang-orang (jahat)."

Bacaan Doa Memohon Agar Hati Tenang

أَللّٰهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ نَفْسًا بِكَ مُطْمَئِنَّةً، تُؤْمِنُ بِلِقَائِكَ، وَتَرْضَى بِقَضَائِكَ، وَتَقْنَعُ بِعَطَائِكَ

Allahumma inni as aluka nafsaan bika muthma innah tu,minu biliqooika watardho biqodoika wataqna'u bi'athoika.

Artinya : "Ya Allah, aku memohon kepada-Mu jiwa yang merasa tenang kepadaMu, yang yakin akan bertemu denganMu, yang ridha dengan ketetapanMu, dan yang merasa cukup dengan pemberianMu."

Baca juga : Doa Agar Pikiran Terang Lengkap Beserta Artinya

Itulah mengenai bacaan doa supaya hati merasa tenang, dan dihindarkan dari rasa cemas dan gelisah beserta latin dan artinya. Selain membaca doa diatas alangkah baiknya dibarengi dengan mengerjakan amalan-amalan lainnya seperti berdzikir, membaca ayat suci Al-Qur'an, mengerjakan shalat sunnah. Agar kita selalu mengingat Allah Swt. Semoga bisa bermanfaat!