Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Iman Kepada Malaikat dan Manfaatnya

Pengertian Iman Kepada Malaikat - Kata malaikat adalah jamak dari kata "Malakun" yang artinya utusan. Sedangkan Menurut istilah malaikat adalah makhluk Allah yang bersifat gaib, diciptakan dari nur (cahaya), selalu taat, tunduk serta patuh kepada Allah swt dan tidak pernah ingkar kepada-Nya.

Malaikat tidak membutuhkan makan, minum, atau tidur. Malaikat juga tidak mempunyai keinginan apapun secara fisik, serta menghabiskan waktunya siang dan malam hanya untuk mengabdi kepada Allah SWT.

Pengertian Iman Kepada Malaikat dan Manfaatnya

Beriman kepada malaikat-malaikat Allah berarti mempercayai dengan sepenuh hati bahwa Allah SWT telah menciptakan makhluk dari nur atau cahaya yang bernama malaikat. Mengimani keberadaan malaikat merupakan hal yang sangat penting. Kepercayaan tersebut akan memurnikan amalan umat Islam dari segala bentuk kesyirikan.

 لَيْسَ الْبِرَّ أَنْ تُوَلُّوا وُجُوهَكُمْ قِبَلَ الْمَشْرِقِ وَالْمَغْرِبِ وَلَٰكِنَّ الْبِرَّ مَنْ آمَنَ بِاللّٰهِ وَالْيَوْمِ الْآخِرِ وَالْمَلَا ئِكَةِ وَالْكِتَابِ وَالنَّبِيِّينَ

Artinya: "Bukanlah menghadapkan wajahmu ke arah timur dan barat itu suatu kebajikan, akan tetapi sesungguhnya kebajikan itu ialah beriman kepada Allah, hari kemudian, malaikat-malaikat, kitab-kitab dan nabi-nabi." (QS Al-Baqarah: 177)

Rasulullah Saw bersabda:
اَلْاِيْمَانُ اَنْ تُؤْمِنَ بِاللهِ وَمَلَىِٔكَتِهِ وَكُتُبِهِ وَرُسُلِهِ وَالْيَوْمِ اْلاٰخِرِ بِالْقَدَرِخَيْرِهِ وَشَرِّهِ

Artinya: "Iman ialah engkau iman (percaya) kepada Allah, malaikat-malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya, hari akhir, dan percaya kepada takdir yang baik dan buruk." (HR Muslim)

Baca juga: Pengertian Iman Kepada Hari Akhir dan Hikmahnya

Nama-Nama Malaikat dan Tugasnya

Jumlah seluruh malaikat-malaikat Allah sangat tidak terbatas dan hanya Allah SWT sendiri yang mengetahuinya. Malaikat juga merupakan tentara tentara Allah yang sangat patuh terhadap segala apa yang diperintahkan kepadanya.

Firman Allah:
وَمَا يَعْلَمُ جُنُودَ رَبِّكَ إِلَّا هُوَ

Artinya: "Dan tidak ada yang mengetahui tentara tuhanmu melainkan Dia sendiri" (QS Al- Muddassir: 31)

Meskipun jumlah malaikat tidak terbatas, umat Islam diwajibkan untuk mengetahui dan mengimani 10 malaikat beserta tugas-tugasnya. Malaikat yang wajib diketahui beserta tugas tugasnya, yaitu:

1. Malaikat Jibril Bertugas menyampaikan wahyu kepada para nabi dan rasul (Q.S. Asy Syu'arā: 193-195)

2. Malaikat Mikail bertugas membagi rezeki kepada para hamba-Nya. (Q.S. Al Baqarah: 298)

3. Malaikat Izrail bertugas mencabut nyawa manusia dan makhluk hidup lainnya. (QS. An Nahl: 32)

4. Malaikat Israfil bertugas meniup sangkakala (terompet) di hari kiamat dan hari kebangkitan setelah mati. (Q.S. Yasin: 51)

5. Malaikat Munkar dan Nakir bertugas memberi pertanyaan kepada manusia yang sudah mati di alam kubur. (HR. Bukhari dan Muslim)

6. Malaikat Malik bertugas menjaga neraka dan memimpin malaikat penyiksa penghuni neraka. (Q.S. Az Zukhruf: 27)

7. Malaikat Ridwan bertugas menjaga surga yang penuh damai dan penuh kenikmatan. (QS. Az Zumar: 73)

8. Malaikat Raqib dan Atid bertugas mencatat amal perbuatan manusia di dunia. (Q.S Qaaf: 17-18)

Perilaku seorang mukmin yang benar-benar meyakini akan keberadaan malaikat-malaikat Allah, maka sikap dan tingkah laku dalam hidup sehari-hari harus mencerminkan sifat-sifat malaikat, yaitu:

1. Malaikat selalu taat dan patuh terhadap perintah Allah dan tidak pernah membangkang-Nya

Allah SWT berfirman:
لَا يَعْصُونَ اللَّهَ مَا أَمَرَهُمْ وَيَفْعَلُونَ مَا يُؤْمَرُونَ

Artinya: "Mereka tidak mendurhakai Allah terhadap apa yang diperintahkan-Nya, kepada mereka dan selalu mengerjakan apa yang diperintahkan" (QS At-Tahrim: 6)

2. Malaikat tidak sombong dan selalu bertasbih kepada Allah SWT.

Allah berfirman:
وَنَحْنُ نُسَبِّحُ بِحَمْدِكَ وَنُقَدِّسُ لَكَ

Artinya: "Padahal kami senantiasa bertasbih dengan memuji Engkau dan menyucikan Engkau." (QS Al-Baqarah: 30)

3. Malaikat selalu mendoakan orang-orang yang beriman agar diampuni oleh Allah SWT.

Baca juga: Pengertian Iman Kepada Allah Swt Dan Sifat-Sifatnya

Manfaat Beriman Kepada Malaikat

Beriman kepada malaikat memiliki beberapa manfaat, diantaranya yaitu:

1. Meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT, bahwa Allah tidak hanya menciptakan makhluk yang nyata (syahadah) tetapi juga menciptakan makhluk gaib (tidak nampak).

2. Memberi dorongan agar betul-betul menjadi orang takwa kepada Allah SWT, karena orang yang betul-betul takwa akan dicintai Allah SWT. Allah swt memerintahkan kepada Malaikat Jibril agar mencintainya pula dan Malaikat Jibril pun menyerukan kepada penghuni langit (para malaikat), kemudian ditetapkanlah rasa penerimaan dalam hati penduduk bumi.

3. Mendorong manusia agar menerima dengan ikhlas atas segala nikmat yang diterimanya dan untuk mensyukurinya.

4. Mendorong manusia semakin tabah, sabar, dan tawakal dalam menghadapi rintangan atau cobaan.

5. Menyadari bahwa setiap sikap dan perbuatannya selalu dilihat dan dicatat oleh Malaikat Raqib dan Atid.

6. Memberi dorongan kepada setiap muslim untuk banyak mengingat mati dan hidup sesudah mati di alam kubur dan alam akhirat, sehingga akan mempersiapkan bekal untuk hidup sesudah mati.

Baca juga: Kumpulan Doa Sehari-hari Lengkap Dalam Bahasa Arab Latin dan Artinya

Demikianlah uraian tentang pengertian iman kepada malaikat, nama-nama malaikat dan tugasnya serta manfaat beriman kepada malaikat. Semoga apa yang sudah di uraikan diatas bisa bermanfaat.