Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bacaan Niat Shalat Sunnah Fajar Lengkap Beserta Artinya

Niat Shalat Sunnah Fajar - Selain di wajibkan mengerjakan shalat 5 waktu kita juga di anjurkan untuk mengerjakan shalat sunnah. Tentunya kita sudah tahu ada banyak macam shalat sunnah tak terkecuali shalat sunnah fajar. Nah pada kesempatan kali ini kami akan berbagi lafadz niat shalat fajar beserta latin dan terjemahannya.

Bacaan Niat Shalat Sunnah Fajar Lengkap Beserta Artinya

Shalat fajar atau shalat sunah subuh adalah shalat sunnah dua rakaat yang dikerjakan di waktu fajar yaitu di waktu sebelum menunaikan ibadah shalat subuh. Selain disebut dengan shalat sunah fajar ada pula yang menyebutnya dengan shalat sunnah subuh karena dilakukan sebelum shalat subuh.

Baca juga: Niat Dan Doa Setelah Sholat Istikharah Lengkap Beserta Terjemahnya

Shalat sunah ini tentu saja mempunyai keutamaan yang luar biasa. Salah satu keutamaannya terdapat dalam hadist berikut ini:

رَكْعَتَا الْفَجْرِ خَيْرٌ مِنْ الدُّنْيَا وَمَا فِيهَا

Artinya : "Dua rakaat shalat sunnah subuh lebih baik daripada dunia dan seluruh isinya." (HR. Muslim)

Dari 'Aisyah ra beliau berkata :

لَمْ يَكُنْ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَلَى شَيْءٍ مِنْ النَّوَافِلِ أَشَدَّ مِنْهُ تَعَاهُدًا عَلَى رَكْعَتَيْ الْفَجْر

Artinya: "Nabi Saw tidaklah melakukan satu shalat sunnah pun yang lebih beliau jaga dalam melaksanakannya melebihi dua rakaat shalat sunnah subuh." (HR Bukhari 1093 dan Muslim 1191)

Niat Shalat Fajar

Berikut ini merupakan lafadz Niat shalat sunah fajar beserta terjemahannya:

اُصَلِّيْ سُنَّةَ الصُّبْحِ رَكْعَتَيْنِ لِلّٰه تَعَالَى

Ushalli sunnatas shubhi rak'ataini lillahi ta'ala.

Artinya: "Aku menyengaja shalat sunnah Subuh dua rakaat karena Allah SWT."

Baca juga: Bacaan Niat Shalat Dhuha Lengkap Dengan Tulisan Latin Dan Artinya

Demikianlah mengenai bacaan niat shalat sunnah fajar lengkap beserta terjemahannya, dan beberapa keutamaannya yang luar biasa. Semoga apa yang sudah di sampaikan diatas bisa bermanfaat.