Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Doa Penutup Majelis (Kafaratul Majelis) Lengkap Dengan Artinya

Doaharianislami.com - Yang dimaksud dengan Majelis atau acara adalah berkumpulnya sekelompok orang dalam suatu pembicaraan. Meskipun perkumpulan tersebut hanya dihadiri oleh dua atau tiga orang saja. Majelis bisa berupa majelis muamalah, majelis musyawarah, majelis ta'lim atau pun pengajian.

Setiap kali orang berkumpul, tentunya banyak hal yang bisa di bicarakan. Pembicaraan itu bisa berupa hal-hal yang bermanfaat hingga hal-hal yang tidak bermanfaat, dari hal-hal baik yang mendatangkan kemaslahatan sampai hal-hal buruk yang mengundang kemaksiatan dan dosa.

Baca juga: Kumpulan Doa Sehari-hari Lengkap dengan Latin dan Artinya

Apabila berkumpul dalam majelis dalam hal kebaikan seperti berdzikir maka Allah akan menyebut mereka di depan para Malaikat. Jadi berkumpul dalam majelis dalam hal kebaikan akan maka mendapatkan rahmat dan lindungan dari Allah.

Sabda Rasulullah Saw :

لَا يَقْعُدُ قَوْمٌ يَذْكُرُونَ اللَّهَ عَزَّ وَجَلَّ إِلَّا حَفَّتْهُمُ الْمَلَائِكَةُ وَغَشِيَتْهُمُ الرَّحْمَةُ وَنَزَلَتْ عَلَيْهِمُ السَّكِينَةُ وَذَكَرَهُمُ اللَّهُ فِيمَنْ عِنْدَهُ

Artinya: "Tidaklah sekelompok orang duduk berdzikir kepada Allah, kecuali para malaikat akan mengelilinginya, rahmat Allah akan meliputinya, ketenteraman akan turun kepadanya, dan Allah menyebut-nyebut mereka di hadapan (para malaikat) yang ada di sisi-Nya"

Dalam sebuah acara pada umumnya pasti ada yang namanya pembukaan dan penutup acara dan kalimat yang digunakan untuk membuka acara tentunya sangat beragam. Sebagai seorang muslim, ketika mengawali sebuah acara pasti tidak terlepas dari ucapan salam serta ucapan puja dan puji syukur kepada Allah Swt.

Ketika menutup sebuah acara pun tentunya kita tidak lupa untuk mengucapkan salam penutup. Sebelum mengucapkan salam penutup alangkah baiknya membaca doa penutup majelis (kafaratul majelis) terlebih dahulu.

Disebut doa kafaratul majelis karena doa ini bertujuan untuk menghapus atau menebus dosa dalam majelis, paling tidak atas segala kesalahan atau kelalaian selama majelis atau acara itu berlangsung. Dan kita berharap supaya pertemuan yang telah di adakan bisa bermanfaat dan mendapat ridha Allah Swt.

Nah berikut merupakan doa penutup majelis lengkap dengan tulisan latin dan terjemahannya.

Doa Penutup Majelis (Kafaratul Majelis) Lengkap Dengan Artinya

Doa Kafaratul Majelis

سُبْحَانَكَ اللّٰهُمَّ وَبِحَمْدِكَ أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلٰهَ إِلَّا أَنْتَ أَسْتَغْفِرُكَ وَأَتُوْبُ إِلَيْكَ

Subhaanakallaahumma wa bihamdika, asyhadu al-laa ilaaha illaa anta astaghfìruka wa atuubu ilaika

Artinya: "Maha Suci Engkau, ya Allah Tuhanku, dan aku memuji syukur kepada-Mu. Aku bersaksi bahwa tiada Tuhan selain Engkau. Ampunilah dosa-dosaku dan aku bertaubat kepada-Mu."

Baca juga: Bacaan Doa Untuk Kedua Orang Tua

Demikianlah mengenai doa kafaratul majelis atau doa penutup majelis lengkap beserta terjemahannya. Dan semoga apa yang sudah di sampaikan diatas bisa bermanfaat.