Ucapan Selamat Ulang Tahun Islami (Barakallah Fii Umrik)

Doaharianislami.com - Ulang tahun merupakan hari kelahiran seseorang, hari di mulainya kehidupan di luar rahim dan hari ulang tahun ini terjadi satu kali dalam waktu satu tahun. Ulang tahun itu sangat penting bagi orang sedang merayakannya, seperti halnya hari pernikahan maupun hari kemerdekaan atau hari-hari yang lainnya yang merupakan peristiwa penting bagi orang tersebut.

Merayakan ulang tahun biasanya merayakan hari lahir diri sendiri atau ulang tahun orang lain misalnya orang tua, saudara atau teman. Atau bisa juga merayakan ulang tahun pernikahan, bisa merayakan pernikahannya, pernikahan saudara, pernikahan orang tua atau pernikahan teman.

Sebagai umat islam ketika memberikan ucapan selamat ulang tahun kepada, saudara, orang tua, teman, kerabat atau yang lainnya. Alangkah baiknya menggunakan ucapan yang Islami. Dalam agama islam sendiri sudah mengajarkan bagaimana mendoakan atau memberi ucapan yang baik kepada seseorang yang sedang berulang tahun.

Maksud dari kata-kata tersebut adalah untuk mendoakan orang yang bersangkutan agar selamat lahir batin, sejahtera, bahagia dan sebagai ucapan rasa syukur kepada Allah Swt. Berikut ini merupakan kata-kata ucapan dan doa-doa yang di panjatkan saat berulang tahun.


Kata Ucapan Selamat Ulang Tahun Islami


Ada banyak kata-kata ucapan selamat ulang tahun islami, yang bisa diberikan kepada seseorang yang berulang tahun dalam bahasa Arab. Akan tetapi ucapan masih asing di telinga kita karena kita belum mengetahui maknanya.

1. Ucapan Barakallah Fii Umrik


Ucapan selamat ulang tahun islami yang pertama yang sering diucapkan kepada seseorang yang sedang ulang tahun adalah "Barakallah Fii Umrik". Kalimat ini mungkin sering terdengar dari seseorang yang mengucapkan ulang tahun kepada kita.

Ucapan dalam Bahasa Arab
بَرَكَ اللهُ فِيْ عُمْرِكِ

Artinya: "Semoga Allah memberkahi umurmu"

Kalimat ini bisa diucapkan kepada siapa pun dengan maksud mendoakan semoga Allah melimpahkan dan memberkahi atas umurmu. Ucapan ini sebagai ungkapan rasa syukur atas bertambahnya usia yang merupakan berkah dari Allah SWT. Dengan usia yang bertambah, bisa berguna bagi dirinya sendiri maupun orang lain.

Nabi Muhammad Saw bersabda:
خَيْرُ الناسِ أَنْفَعُهُمْ لِلنَّاسِ

Artinya: "Sebaik-baiknya manusia adalah yang paling bermanfaat bagi orang Lain." (HR. Ahmad, Ath-Thabrani, Ad-Daruqutni. Hadits ini dihasankan oleh al-Albani di dalam Shahihul Jami No : 3289).

Kita dapat mengambil kesimpulan dari hadist diatas, bahwa memberikan ucapan selamat ulang tahun yang bermakna baik, juga merupakan amal perbuatan yang bermanfaat bagi orang lain.

Oleh karena itu mengucapkan selamat ulang tahun dengan mengucapkan "Barakallah Fii Umrik", ucapan selamat ulang tahun Islami juga baik. Dari pada hanya mengucapkan selamat ulang tahun saja tanpa mengandung arti apa-apa.

2. Menjawab Ucapan Barakallah Fii Umrik


Ketika kita menerima ucapan "Barakallah Fii Umrik" dari orang lain, Maka kita dianjurkan untuk menjawabnya. Apa ucapan jawabanya?

Kita dapat membalasnya dengan ucapan "Wa Fiika Barakallah" jika yang mengucapkan seorang laki-laki dan "Wa Fiiki Barakallah" jika yang mengucapkan seorang perempuan. Kedua kata tersebut mempunyai arti yang sama yaitu " Semoga Allah juga memberkahimu."

Penggunaan kata "ka" dan "ki" dalam kalimat "fiika" dan "fiiki", Penggunaan kata fiika sebagai ucapan kepada laki-laki dan fiiki diucapkan untuk perempuan.

Selain membalas dengan ucapan diatas kita juga bisa membalas dengan ucapan "Jazakallahu Khairan", artinya "Semoga Allah membalasmu dengan yang lebih baik" atau bisa juga menjawab dengan ucapan "Syukron" yang artinya terimakasih.

Dengan menjawab ucapan tersebut berarti kita juga mendoakan yang baik kepada yang memberi ucapan. Yang berarti sama-sama saling mendoakan dalam hal kebaikan, sama halnya seperti mengucapkan salam dan menjawabnya ketika bertemu sesama muslim lainnya.

Apa Hukumnya Mengucapkan Barakallah Fii Umrik ?

quote umur bermanfaat

Hari ulang tahun merupakan hari bertambahnya umur, dan hari itu merupakan hari yang spesial bagi orang tersebut. Sebagai seorang muslim yang baik peduli terhadap orang lain merupakan perbuatan yang dianjurkan dan tidak dilarang. Selain mengucapkan ulang tahun secara islami memberikan hadiah ialah perbuatan yang baik.Seperti dalam sebuah hadist berikut ini, yang artinya:

"Rasulullah biasa menerima hadiah dan biasa pula membalasnya" (HR. Bukhari, no. 2585)

Berdasarkan hadist diatas memberikan hadiah atau mengucapkan selamat ulang tahun merupakan sesuatu yang baik. Dan perbuatan ini sangat dianjurkan karena dapat mempererat tali persaudaraan antar sesama.

Bacaan Doa Agar Diberi Keberkahan Umur


Selain mengucapkan selamat ulang tahun dengan ucapan diatas, kita juga bisa mengucapkan doa-doa panjang umur. Doa ini untuk mendoakan keluarga, orang tua, saudara agar selalu diberkahi umurnya.
Doa ini juga bisa dibaca untuk diri sendiri agar diberikan umur panjang dan keberkahan di dalamnya.

Berikut adalah beberapa doa panjang umur:

1. Doa Mohon Panjang Umur

Doa ini merupakan doa yang supaya diberi umur panjang dan keberkahan oleh Allah Swt.

Doa Mohon Panjang Umur

Doa Mohon Panjang Umur

اَللّٰهُمَّ اِنَّانَسْـأَلُكَ طُوْلَ الْعُمُرِ بِـالطَّاعَةِوَاخْتِمْ لَنَابِـالْأَعْمَالِ الصَّلِحَةِ

Allaahumma Innaanas Aluku Thuulal 'umuri, biththaa 'ati, wakhtim lanaa bil a'maalish shaalihah.

Artinya: "Ya Allah, kami memohon kepada-Mu panjang umur, yang selalu digunakan untuk ketaatan dan akhirilah umur kami dengan melakukan perbuatan yang baik"

2. Doa Mohon Panjang Umur, Sehat Selalu dan di Tetapkan Iman


Saat kita berulang tahun berarti umur kita bertambah, oleh karena itu alangkah baiknya kita memanjatkan kan doa kepada Allah SWT agar diberikan panjang umur dan keberkahan didalamnya, serta diberi keberkahan dalam beribadan dan di lapangkan rizki dan dijauhkan dari kejahatan dan marabahaya.

Doa Mohon Panjang Umur, Sehat Selalu dan di Tetapkan Iman

Doa Mohon Panjang Umur, Sehat Selalu dan di Tetapkan Iman

اَللّٰهُمَّ طَوِّلْ عُمُورَنَا وَصَحِّحْ أَجْسَادَنَا وَنَوِّرْ قُلُوْبَنَا وَثَبِّتْ إِيْمَانَنَا وَأَحْسِنْ أَعْمَالَنَا وَوَسِّعْ أَرْزَقَنَا وَإِلَى الخَيْرِ قَرِّبْنَا وَعَنِ الشَّرِّ اَبْعِدْنَا وَاقْضِ حَوَائِجَنَا فِى الدِّيْنِ وَالدُّنْيَا وَالۤاخِرَةِ إِنَّكَ عَلَى كُلِّ شَىْءٍ قَدِيْرٌ

Allaahumma thowwil umuurona, wa shohhih ajsaadana, wa nawwir quluubana, wa sabbit iimaananaa wa ahsin a'maalanaa, wa wassi' arzaqonaa, wa ilal khoiri qorribnaa wa 'anisy-syarri ab'idnaa, waqdhikhawaa-ijana fiddiini waddunyaa wal aakhirati innaka 'alaa kulli syai-in qodiir.

Artinya: "Ya Allah, panjangkanlah umur kami, sehatkanlah jasad kami, terangilah hati kami, tetapkanlah iman kami, baikkanlah amalan kami, luaskanlah rezeki kami"

"Dekatkanlah kami pada kebaikan dan jauhkanlah kami dari kejahatan, kabulkanlah segala kebutuhan kami dalam pada agama, dunia, dan akhirat. Sesungguhnya Engkau Maha Kuasa atas segala sesuatu"


3. Doa Memohon Keselamatan

Kita sebagai manusia pasti menginginkan keselamatan, selamat dari bencana, mara bahaya, malapetaka. Selamat bisa diartikan terhindar atau terbebas dari bahaya ataupun terbebas dari hal buruk yang akan menimpa diri kita. Sebagai seorang muslim sudah sewajarnya kita mengharapkan keselamatan kepada Allah, dengan berdoa kepada-NYA.

Doa Memohon Keselamatan

Bacaan Doa Memohon Keselamatan

اَللّٰهُمَّ اِنَّا نَسْأَلُكَ سَلاَمَةً فِى الدِّيْنِ وَعَافِيَةً فِى الْجَسَدِ وَزِيَادَةً فِى الْعِلْمِ وَبَرَكَةً فِى الرِّزْقِ وَتَوْبَةً قَبْلَ الْمَوْتِ وَرَحْمَةً عِنْدَ الْمَوْتِ وَمَغْفِرَةً بَعْدَ الْمَوْتِ

Allaahumma inna nas-aluka salaamatan fid diini wa 'aafiyatan fil jasadi wa ziyaadatan fil 'ilmi wa barokatan fir rizqi wa taubatan qoblal mauti wa rohmatan 'indal mauti wa maghfirotan ba'dal mauti

Artinya: "Ya Allah kami memohon kepadaMu keselamatan dalam agama, dan kesejahteraan/kesegaran pada tubuh dan penambahan ilmu, dan keberkahan rizqi, serta taubat sebelum mati dan rahmat di waktu mati, dan keampunan sesudah mati"

Ucapan Ulang Tahun Islami Untuk Sahabat

"Barakallah Fii Umrik ya sahabatku. Semoga kamu selalu berada dalam keberkahan."

"Milad Mubarak. Barakallah Fii Umrik. Semoga sehat, sukses, dan berkah."

"Happy Milad. Selalu berpikirlah positif dan tambah ketaqwaanmu kepada-Nya."

"Barakallah Fii Umrik, sobatku. Tetaplah dan tambahlah kuat demi melanjutkan dakwah di Bumi Allah."

"Pengulangan tanggal kelahiran di setiap tahunnya adalah wujud rasa syukurmu kepada-Nya. Semoga semakin Istiqomah dalam melakukan setiap hal baik."

Ucapan Selamat Ulang Tahun Islami Untuk Suami

"Puji syukur Alhamdulillah aku panjatkan sebagai wujud kebahagiaanku karena pertambahan usiamu hari ini. Barakallah Fii Umrik suamiku sayang. Semoga semua jerih payahmu adalah berkah untuk keluarga."

"Ya Allah, terima kasih Engkau telah mengirimkan lelaki terbaik dalam hidupku. Semoga hidupmu selalu dalam keberkahan dan keridhoan Allah."

"Selamat ulang tahun orang yang paling peduli denganku. Semoga kamu tetap menjaga imanmu, taqwamu, dan agamamu."

"Bersamamu adalah anugerah terbesar bagiku, Suamiku. Barakallah Fii Umrik ya, Sayang. Semoga kamu terus menjadi suami kebanggaanku."

"Dalam tiap hembusan napasku, aku selalu melantunkan doa terbaikku untuk kesehatan dan pencapaian hidupmu. Barakallah Fii Umrik suamiku. Bukan hanya rupa yang membuatku jatuh cinta padamu setiap saat, melainkan karena akhlakmu."

Ucapan Selamat Ulang Tahun Islami Untuk Saudara

"Ketaqwaan tidak harus bertambah saat usia bertambah. Namun ketaqwaan harus selalu bertambah di setiap detiknya. Barakallah Fii Umrik adikku. Semoga kamu menjadi umat Allah yang semakin taqwa."

"Barakallah Fii Umrik, Kakak. Semoga kamu selalu dalam lindungan Allah. Kesehatan selalu menyertaimu disertai keberkahannya."

"Barakallah adikku sayang. Semoga di ulang tahunmu tahun ini adalah penanda bahwa kamu semakin dekat dengan jodohmu. Keberkahan akan selalu menyertaimu."

"Selamat ulang tahun, Kak. Barakallah fii Umrik. Semoga selalu tegar dan kuat menghadapi lika-liku kehidupan ini."

Selamat ulang tahun, Adik. Semoga panjang umur, diberi kesehatan dan rezeki yang lancar. Kakak akan selalu mendoakan yang terbaik untukmu, Dik."

Ucapan Selamat Ulang Tahun Islami Untuk Orang Tua (Ayah/Ibu)

"Barakallah Fii Umrik, Ibu tersayang. Semoga selalu sehat, panjang umur dan bahagia."

"Barakallah fii Umrik ya Ayah. Perjuangan tulusmu demi keluarga tidak akan bisa dibalas dengan apa pun. Semoga Ayah selalu sehat, sukses dan bahagia."

"Untuk ibuku tercinta dan satu-satunya, selamat hari ulang tahun. Semoga bu selalu disayang Allah, diberi keberkahan umur dan kebaikan. Sehat selalu ya, Ibu."

"Ibu..aku tidak mungkin sanggup membalas semua kebaikanmu. Engkau adalah malaikatku. Aku hanya bisa mendoakanmu, agar engkau selalu dalam kasih sayang dan lindungan Allah. Selamat ulang tahun ibundaku sayang."

"Hari ini ku ucapkan selamat ulang tahun untukmu, Ayah. Semoga ayah selalu dilimpahkan nikmat kesehatan da kebahagiaan oleh Allah. Aku bahagia menjadi anakmu."


Demikianlah pembahasan mengenai ucapan selamat ulang tahun islam dan doa memohon keselamatan. Semoga apa yang sudah disampaikan diatas bisa bermanfaat. 

0 Response to "Ucapan Selamat Ulang Tahun Islami (Barakallah Fii Umrik)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel