Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bacaan Doa Setelah Adzan Dan Iqomah Lengkap Beserta Latin Dan Terjemahnya

Doa Sesudah Adzan Dan Iqomah - Adzan merupakan panggilan untuk kita selaku umat muslim untuk menunaikan sholat, arti Adzan dalam bahasa indonesia yang berarti pemberitahuan atau bisa juga diartikan sebagai pemberitahuan telah masuk waktu sholat dengan menyebutkan lafadz-lafadz tertentu. Sedangkan Iqomah dalam bahasa indonesia sama dengan mengajak atau dapat diartikan sebagai pemberitahuan untuk mendirikan sholat dengan menyebut lafadz-lafadz tertentu.

Doa Setelah Adzan Dan Iqomah

Salah satu yang bisa kita amalkan ketika mendengar Adzan dan Iqomah ialah membaca doa setelah Adzan dan Iqomah.

Bacaan Doa Setelah Adzan Dan Iqomah Lengkap

Berikut ini adalah bacaan doa setelah Adzan beserta latin dan terjemahannya.

Doa Setelah Adzan

Doa Setelah Adzan

اَللّٰهُمَّ رَبَّ هٰذِهِ الدَّعْوَةِ التَّآمَّةِ، وَالصَّلاَةِ الْقَآئِمَةِ، آتِ مُحَمَّدَانِ الْوَسِيْلَةَ وَالْفَضِيْلَةَ وَالشَّرَفَ وَالدَّرَجَةَ الْعَالِيَةَ الرَّفِيْعَةَ وَابْعَثْهُ مَقَامًامَحْمُوْدَانِ الَّذِىْ وَعَدْتَهُ اِنَّكَ لاَتُخْلِفُ الْمِيْعَادَ يَآاَرْحَمَ الرَّحِمِيْنَ

Allaahumma robba haadzihid da'watit taammati wash sholaatil qooimati aati muhammadanil wasiilata wal fadhiilata wasy syarofa wad darajatal 'aaliyatar raofii'ata wab'atshu maqoomam mahmuudanil ladzii wa'adtahu, innaka laa tukhliful mii'aada yaa arhamar roohimiina.

Artinya: "Ya Allah, Tuhan yang mempunyai seruan yang sempurna, dan sholat yang tetap didirikan, karuniailah nabi Muhammad tempat yang luhur, kelebihan, kemuliaan, dan derajat yang tinggi. tempatkanlah dia pada kedudukan yang terpuji seperti yang telah Engkau janjikan. Sesungguhnya Engkau tiada menyalahi janji. wahai dzat yang Maha Penyayang"

Baca juga : Niat sholat fardhu 5 waktu sebagai makmum dan imam

Doa di atas bisa di amalkan ketika selesai mendengar adzan, salah satu keutamaan membaca doa setelah selesai adzan adalah mendapatkan syafa'at dari nabi Muhammad Saw.

Hal tersebut berdasarkan hadist yang artinya:

"Dari Jabbir ra sesungguhnya nabi Saw bersabda : siapa yang mengucapkan setelah panggilan adzan : Allahumma rabba hadzihidda watittammah washsholatil qaimah ati Muhammadanil wasilata walfadhilah wab'tshu maqamammahmudanilladzi wa'adtah (Ya Allah tumpuan doa yang sempurna dan sholat yang didirikan ini. berilah kiranya Nabi Muhammad wasilah dan kemuliaan, dan tempatkanlah ia pada kedudukan terhormat yang telah engkau janjikan), pasti ia akan memperoleh syafa'atku pada hari kiamat." (H.R Bukhari)

Waktu diantara adzan dan iqomah merupakan waktu yang baik untuk berdoa dimana doa itu akan dikabulkan, oleh sebab itu disunnahkan bagi kita untuk memperbanyak doa pada waktu tersebut,

Hal tersebut berdasarkan hadist yang artinya:

" Dari Anas ra sesungguhnya Nabi Saw bersabda: Tidaklah ditolak doa antara adzan dengan iqomah. (H.R Abu daud, Nasa'i dan Turmudzi dan ia mengatakan : hadis ini hasan lagi sahih). Turmudzi menambahkan lagi. mereka bertanya: apa yang akan kami baca Ya Rasulalloh. Rasulullah bersabda: Mohonlah kepada Allah ampunan dan keselamatan di dunia maupun di akhirat.

Barulah setelah iqomah di kumandangan, membaca doa sesudah iqomah. berikut ini adalah bacaan doa setelah iqomah beserta latin dan terjemahnya.

doa setelah iqomat text

Doa Setelah Iqomah

اَقَامَهَااللهُ وَاَدَامَهَا مَادَامَتِ السَّمَوَاتُ وَاْلاَرْضُ

Aqoomahallaahu wa adaamahaa maadamatis samaawaatu wal ardlu

Artinya: "Semoga Allah selalu menegakkan dan mengekalkan adanya shalat selama langit dan bumi masih ada."

Baca juga : Doa setelah sholat fardhu (wajib) lengkap dengan terjemahnya

Demikianlah mengenai bacaan doa sesudah adzan dan iqomah beserta latin dan artinya, yang bisa kita amalkan setelah mendengarkan adzan dan iqomah. Semoga bisa bermanfaat dan jangan lupa baca juga artikel-artikel menarik lainnya dari doaharianislami.com, terimakasih.