Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Doa Agar Mudah Menghafal Lengkap dengan Latin dan Artinya

Doaharianislami.com - Assalamualaikum wr wb. Pada kesempatan kali ini kami akan berbagi bacaan doa supaya dimudahkan dalam menghafal dan mengingat. Menghafal merupakan kegiatan atau proses mengulang atau mengingat sesuatu, baik itu dengan membaca atau mendengar.

Setiap orang tentunya mempunyai kemampuan untuk menghafal yang berbeda-beda. Ada yang mudah sekali untuk menghafal dan ada pula yang sulit untuk menghafal bahkan ada yang sangat sulit untuk menghafal tapi jika orang tersebut hafal akan terus mengingatnya.

Nah bagi yang sedang menghafal namun sulit untuk mengingat padahal sudah bekerja keras agar bisa hafal, bisa membaca doa dibawah ini yang bisa dibaca ketika akan menghafal.

Bacaan Doa Mudah Menghafal (Memperkuat Ingatan)

Berikut ini adalah bacaan doa agar mudah menghafal dan mengingat lengkap beserta latin dan terjemahannya.

Doa Agar Mudah Menghafal

Doa Mudah Menghafal/Faham

اَللّٰهُمَّ ارْزُقْنَا يَارَبِّ فَهْمَ النَّبِيِّيْنَ وَحِفْظَ الْمُرْ سَلِيْنَ وَإِلْهَامَ ألْمَلاَ ىِٕكَةَ ألْمُقَرَّبِيْنَ فِى عَافِيَةٍ يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ

Allahummarzuqna ya robbi fahman-nabiyyina. Wahifzholmursalin, wa ilhamal-malaaikatil-muqorrobin fi'afiatin ya arhamarrohimin.

Artinya: "Ya Allah, karuniailah  kami faham para nabi dan hafalan para rasul serta mendapat ilham para malaikat yang hampir dengan-Mu, juga kurniakanlah kami kesehatan wahai Maha Penyayang."

Baca juga: Doa sebelum membaca Al-Qur'an dan setelah membaca Al-Qur'an

Selain doa diatas bisa juga membaca doa supaya mudah menghafal dan mengingat di bawah ini.

Doa Agar Dimudahkan Menghafal Dan Mengingat

Doa Agar Dimudahkan Menghafal Dan Mengingat

اَللّٰهُمَّ زِدْنَا وَلَا تَنْقُصْنَا وَأَكْرِمْنَا وَلَا تُهِنَّا وَأَعْطِنَا وَلَا تَحْرِمْنَا وَاَثِرْنَا وَلَا تُؤْثِرْ عَلَيْنَا وَارْضِنَا وَارْضَ عَنَّا

Allahumma zidnaa walaa tan-qushnaa wa akrimnaa walaa tuhinna wa a'thinaa walaa tahrimnaa wa atsirnaa walaa tu'tsir 'lainaa waardhinaa wardho 'annaa

Artinya: "Ya Allah, tambahkanlah buat kami jangan Engkau kurangkan, muliakanlah kami jangan dihina, berilah  buat kami jangan ditahan, pilihlah kami jangan Engkau biarkan dan ridhoilah kami dan ridhoilah pula semua usaha kami."

Baca juga : Doa sebelum belajar dan setelah belajar

Demikianlah doa supaya mudah menghafal dan mengingat beserta latin dan artinya. Doa diatas bisa dibaca ketika akan menghafal Al-Qur'an maupun pelajaran sekolah. dengan membaca doa agar mudah menghafal diatas ketika akan menghafal. Semoga apa yang dihafalkan bisa tersimpan dalam pikiran dan mudah untuk mengingatnya kembali.