-->
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Doa Agar Tidak Sombong dan Selalu Rendah Hati Lengkap dengan Artinya

Doa Agar Tidak Sombong - Saat seseorang memiliki kelebihan dari orang lain sering kali sifat sombong melekat dalam diri. Padahal apa yang kita miliki hanyalah titipan Allah SWT. Sebagai suatu penyakit hati, sombong hanya bisa disembuhkan oleh kesadaran diri penderitanya. Maka dari itu kita harus menghindari sifat sombong dalam diri kita dan selalu menjadi pribadi yang rendah hati.

Selain itu memiliki sifat sombong juga berbahaya bagi diri sendiri. Mengenai bahaya sifat sombong pun tertulis dalam Al-Qur'an yang artinya, "Dan janganlah engkau berjalan di bumi dengan berlagak sombong, karena sesungguhnya engkau tidak akan dapat menembus bumi, dan engkau tidak akan dapat menyamai setinggi gunung-gunung. (QS. Al-Isra' Ayat 37)".

Doa Agar Tidak Sombong dan Selalu Rendah Hati Lengkap dengan Artinya

Dalam ayat diatas dijelaskan bahwa manusia tidak diperkenankan untuk berjalan di atas muka bumi dengan sifat sombong. Apabila manusia memiliki penyakit hati ini dan jika manusia tidak mengindahkannya, maka murka Allah SWT lah yang akan diterima sebagai ganjarannya.

Rasulullah Saw bersabda yang artinya: "Tidak akan masuk surga orang yang dalam hatinya ada sifat sombong, walaupun hanya seberat biji sawi. (HR Muslim). Dalam hadist ini juga dijelaskan bahwa Allah SWT tidak menyukai sifat sombong, hal ini berarti sifat sombong itu dilarang dan kita harus menghindarinya agar tidak mendapat murka Allah SWT.

Selain selalu menanamkan sifat rendah hati, salah satu cara agar terhindar dari sifat sombong adalah dengan berdoa, memohon kepada Allah agar terhindar dari sifat sombong tersebut.  

Bacaan Doa Agar Tidak Sombong dan Selalu Rendah Hati

Berikut ini adalah doa agar tidak sombong dan selalu rendah hati lengkap dengan latin dan artinya:

اِنِّىۡ عُذۡتُ بِرَبِّىۡ وَرَبِّكُمۡ مِّنۡ كُلِّ مُتَكَبِّرٍ لَّا يُؤۡمِنُ بِيَوۡمِ الۡحِسَابِ

Inni 'udztu birabbii wa-rabbakum min kulli mutakabbarin la yu'minu biyaumil hisaabi.

Artinya: "Sesungguhnya aku berlindung kepada Tuhanku dan Tuhanmu dari setiap orang yang menyombongkan diri tidak beriman kepada hari berhisab." (QS Ghafir : 27)

Doa agar tidak sombong dan selalu rendah hari

Selain membaca doa agar tidak sombong diatas, bisa juga membaca doa berikut ini.

اَللّٰهُمَّ أَحْيِنِي مِسْكِيْنًا، وَأَمِتْنِي مِسْكِينًا، وَاحْشُرْنِي فِيْ زُمْرَةِ الْمَسَاكِيْنِ يَوْمَ الْقِيَامَةِ

Allahuma ahyini miskinan, wa amitni miskinan, wahsyurni fi zumratil masakin

Artinya: Ya Allah, hidupkanlah aku dalam keadaan khusyu dan rendah hati, dan matikanlah aku dalam keadaan khusyu dan rendah hati, dan kumpulkanlah aku (pada hari kiamat) dalam rombongan orang-orang yang khusyu dan rendah hati.

Baca juga: Doa Agar Tubuh Sehat dan Kuat Lengkap

Bahaya Sifat Sombong

Setelah mengetahui bacaan doa supaya tidak sombong, alangkah baiknya kita juga tahu apa saja bahaya dari sifat sombong. Berikut ini beberapa bahaya sifat sombong yang tertuang dalam Al-Qur'an, diantaranya yaitu:

1. Dibenci Allah SWT dan Rasulullah SAW

Allah SWT berfirman : "Dan janganlah kamu memalingkan mukamu dari manusia (karena sombong) dan janganlah kamu berjalan di muka bumi dengan angkuh. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang sombong lagi membanggakan diri."(QS. Luqman Ayat 18)

2. Diabaikan Allah SWT

Rasulullah Saw bersabda yang artinya: "Ada tiga golongan yang tidak akan diajak bicara oleh Allah, tidak disucikan oleh-Nya, dan baginya adzab yang pedih: (yaitu) Orang yang sudah tua berzina, penguasa pendusta dan orang miskin yang sombong." (HR Muslim)

3. Menjadi makhluk yang hina

Allah SWT berfirman dalam Al-Qur'an yang artinya: "Orang-orang yang bersikap sombong di muka bumi tanpa alasan yang benar, mereka akan Aku palingkan dari kebenaran sehingga mereka tidak dapat memahami bukti-bukti kekuasaan-Ku. Sekalipun orang-orang yang sombong itu menyaksikan bukti-bukti kekuasaan-Ku, mereka tetap tidak mau beriman. Jika mereka melihat jalan sesat justru mereka mau mengikutinya. Begitulah karakter orang-orang yang sombong, mereka telah mendustakan agama Kami, dan mereka telah melalaikan bukti-bukti kekuasan Kami." (QS Al-A'raf, ayat 146).

4. Hatinya terkunci

Bagi pemilik sifat sombong hatinya akan ditutup rapat oleh Allah SWT, sehingga ia tidak akan lagi mampu menerima kebenaran. "Demikianlah Allah mengunci mati hati orang yang sombong dan sewenang-wenang."(Q.S Al-Mukmin ayat 35)

5. Menjadi pengikut iblis

Orang yang sombong akan menjadi pengikut iblis, Allah SWT berfirman yang artinya: "Dan (ingatlah) ketika Kami berfirman kepada para malaikat: 'Sujudlah kamu kepada Adam', maka sujudlah mereka kecuali Iblis; ia enggan dan takabur dan adalah ia termasuk golongan orang-orang yang kafir." (QS. Al-Baqarah, ayat 34).

6. Menjadi penghuni neraka

Orang yang memiliki sifat sombong akan dibenci Allah SWT, sehingga akan menjadi pengikut iblis yang selamanya di neraka, Rasululah SAW bersabda:"Para penghuni neraka adalah orang-orang yang keras kepala, kasar lagi sombong." (H.R Bukhari dan Muslim).


Demikianlah mengenai bacaan doa agar tidak sombong dan selalu rendah hari lengkap dengan latin dan artinya, dan juga beberapa bahaya sifat sombong. Alangkah baiknya kita sebagai manusia membuang jauh-jauh sifat sombong dan selalu menanamkan sifat rendah hati dalam diri kita. Semoga apa yang sudah disampaikan bisa bermanfaat.