Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bacaan Doa Masuk Rumah dan Keluar Rumah Lengkap Latin dan Terjemahannya

Doa masuk rumah dan keluar rumah - Pada kesempatan kali ini kami akan berbagi bacaan doa ketika akan masuk rumah dan keluar rumah, serta doa ketika masuk rumah kosong. Berikut selengkapnya

Dalam melakukan aktivitas atau kegiatan sehari-hari sebagai umat muslim kita dianjurkan untuk berdoa kepada Allah Swt, begitu juga ketika kita akan masuk kedalam rumah dan keluar dari rumah kita di anjurkan untuk berdoa.


Sudah kita ketahui rumah merupakan tempat tinggal, tempat ber istirahat, tempat berkumpul dengan keluarga dan masih banyak lagi aktivitas yang bisa kita lakukan di dalam rumah. Pasti sering mendengar kata "Rumahku Istanaku". Maka dari itu ketika hendak masuk ke dalam rumah maupun keluar, kita dianjurkan untuk berdoa supaya Allah Swt melindungi kita pada saat diluar rumah maupun didalam rumah dan selalu dalam jalan kebenaran.

Ketika masuk rumah kita disunnah kan untuk mengucapkan basmalah. Manfaatnya adalah supaya setan merasa tidak betah/nyaman berada di rumah kita. Jika setan ikut tinggal di rumah akan terasa dengan banyaknya masalah rumah tangga. Karena setan senang melihat manusia ribut dan tidak tenang tinggal di rumahnya sendiri, disamping itu kita juga malas untuk melakukan ibadah. selain mengucapkan basmalah disunnahkan juga membaca doa masuk rumah.

Bacaan Doa Masuk Rumah dan Keluar Rumah

Berikut ini adalah lafadz doa masuk rumah dan keluar rumah dengan latin dan terjemahannya.

Text Doa Masuk Rumah

Doa Masuk Rumah

اَللّٰهُمَّ اِنِّىْ اَسْأَلُكَ خَيْرَالْمَوْلِجِ وَخَيْرَالْمَخْرَجِ بِسْمِ اللهِ وَلَجْنَا وَبِسْمِ اللهِ خَرَجْنَا وَعَلَى اللهِ رَبِّنَا تَوَكَّلْنَا

Allahumma innii as-aluka khoirol mauliji wa khoirol makhroji bismillaahi wa lajnaa wa bismillaahi khorojnaa wa'alallohi robbina tawakkalnaa

Artinya:"Ya Allah, sesungguhnya aku mohon kepada-Mu baiknya tempat masuk dan baiknya tempat keluar dengan menyebut nama Allah kami masuk, dan dengan menyebut nama Allah kami keluar dan kepada Allah Tuhan kami, kami bertawakkal"

Untuk doa masuk rumah yang kosong atau tidak berpenghuni berikut ini adalah doanya.

Doa Masuk Rumah Kosong

اَلسَّلاَمُ عَلَيْنَا وَعَلَى عِبَادِاللهِ الصَّالِحِيْنَ

Assalaamu 'alainaa wa 'alaa 'ibaadillaahish shoolihiin.

Artinya:"Semoga keselamatan atas kita, hamba-hamba Allah yang shalih."

Kemudian pada saat kita hendak keluar dari rumah kita juga di sunnahkan membaca doa. Supaya kita pada saat meninggalkan rumah tidak melakukan hal yang buruk, baik di sengaja maupun tidak disengaja, misalnya dalam perjalanan mengendarai motor dalam keadaan mengantuk menabrak orang. Dan supaya di jauhkan dari hal-hal maksiat, atau hal-hal lain yang merugikan diri kita dan orang lain. 

Berikut adalah doa keluar rumah beserta latin dan terjemahnya.

Text Doa Keluar Rumah

Doa Keluar Rumah

بِسْمِ اللهِ تَوَكَّلْتُ عَلَى اللهِ لاَحَوْلَ وَلاَقُوَّةَ اِلاَّ بِاللهِ

Bismillaahi tawakkaltu 'alallooh laa hawlaa walaa quwwata illaa bilaahi

Artinya: "Dengan menyebut nama Allah aku bertawakal kepada Allah, tiada daya kekuatan melainkan dengan Allah."

Masuk kedalam rumah maupun keluar rumah juga ada adabnya. Berikut adab-adab masuk rumah dan keluar rumah.

Adab masuk rumah:

1. Mengetuk pintu dengan tidak terlalu keras.
2. Mengucapkan salam.
3. Membaca doa masuk rumah.
4. Masuk dengan kaki kanan terlebih dahulu.

Adab keluar rumah:

1. Mengucapkan salam.
2. Membaca doa keluar rumah.
3. Keluar rumah dengan kaki kanan terlebih dahulu.

Baca Juga : Bacaan niat wudhu dan doa setelah wudhu beserta latin dan artinya

Itulah lafadz atau bacaan doa masuk rumah maupun keluar dari rumah. semoga bisa bermanfaat bagi kita semua dan doa diatas sebaiknya dihafalkan. Dan jangan lupa untuk baca doa sehari-hari lainnya. Semoga bisa bermanfaat!