Bacaan Doa Masuk Rumah Dan Keluar Rumah Beserta Latin Dan Terjemahnya

Doa keluar rumah dan masuk rumah- Dalam melakukan aktifitas atau kegiatan sehari-hari sebagai umat muslim kita dianjurkan untuk berdoa kepada Allah Swt, begitu juga ketika kita akan masuk kedalam rumah dan keluar dari rumah kita di anjurkan untuk berdoa.

Gambar ilustrasi rumah

Sudah kita ketahui rumah merupakan tempat tinggal, tempat ber istirahat, tempat berkumpul dengan keluarga dan masih banyak lagi aktifitas yang bisa kita lakukan di dalam rumah. pasti sering mendengar kata "Rumahku Istanaku". maka dari itu ketika hendak masuk ke dalam rumah maupun keluar, kita dianjurkan untuk berdoa supaya Allah Swt melindungi kita pada saat diluar rumah maupun didalam rumah dan selalu dalam jalan kebenaran.

Ketika masuk rumah kita disunnah kan untuk mengucapkan basmalah. manfaatnya adalah supaya setan merasa tidak betah/nyaman berada di rumah kita. jika setan ikut tinggal di rumah  akan terasa dengan banyaknya masalah rumah tangga. karena setan senang melihat manusia ribut dan tidak tenang tinggal di rumahnya sendiri, disamping itu kita juga malas untuk melakukan ibadah. selain mengucapkan basmalah disunnahkan juga membaca doa masuk rumah.

Berikut ini adalah lafadz doa masuk rumah dan keluar rumah dengan latin dan terjemahnya.

Doa Masuk Rumah
اَللَّهُمَّ اِنّىْ اَسْأَلُكَ خَيْرَالْمَوْلِجِ وَخَيْرَالْمَخْرَجِ بِسْمِ اللهِ وَلَجْنَا وَبِسْمِ اللهِ خَرَجْنَا وَعَلَى اللهِ رَبّنَا تَوَكَّلْنَا
Allahumma innii as-aluka khoirol mauliji wa khoirol makhroji bismillaahi wa lajnaa wa bismillaahi khorojnaa wa'alallohi robbina tawakkalnaa

Artinya:
"Ya Allah, sesungguhnya aku mohon kepada-Mu baiknya tempat masuk dan baiknya tempat keluar dengan menyebut nama Allah kami masuk, dan dengan menyebut nama Allah kami keluar dan kepada Allah Tuhan kami, kami bertawakkal"

Kemudian pada saat kita hendak keluar dari rumah kita juga di sunnahkan membaca doa. supaya kita pada saat meninggalkan rumah tidak melakukan hal yang buruk, baik di sengaja maupun tidak disengaja, misalnya dalam perjalanan mengendarai motor dalam keadaan mengantuk menabrak orang. dan supaya di jauhkan dari hal-hal maksiat, atau hal-hal lain yang merugikan diri kita dan orang lain. berikut adalah doa keluar rumah.
Doa Keluar Rumah

بِسْمِ اللهِ تَوَكَّلْتُ عَلَى اللهِ لاَحَوْلَ وَلاَقُوَّةَ اِلاَّ بِاللهِ
Bismillaahi tawakkaltu 'alallooh laa hawlaa walaa quwwata illaa bilaahi

Artinya:
"Dengan menyebut nama Allah aku bertawakal kepada Allah, tiada daya kekuatan melainkan dengan Allah."

Masuk kedalam rumah maupun keluar rumah juga ada adabnya.

Adab masuk rumah:
1. Mengetuk pintu dengan tidak terlalu keras
2. Mengucapkan salam
3. Membaca doa masuk rumah
4. Masuk dengan kaki kanan terlebih dahulu

Adab keluar rumah:
1. Mengucapkan salam
2. Membaca doa keluar rumah
3. Keluar rumah dengan kaki kanan terlebih dahulu.

Baca Juga : bacaan niat wudhu dan doa setelah wudhu beserta latin dan artinya

Itulah lafadz atau bacaan doa masuk rumah maupun keluar dari rumah. semoga bisa bermanfaat bagi kita semua dan doa diatas sebaiknya dihafalkan.

0 Response to "Bacaan Doa Masuk Rumah Dan Keluar Rumah Beserta Latin Dan Terjemahnya"

Post a Comment